WONOSOBO – Kontingen pramuka siaga Kabupaten Wonosobo kembali mempersembahkan hasil membanggakan.

Tampil sebagai wakil Karesidenan Kedu di Perkemahan Satu Hari (PERSARI) Jawa Tengah 2016, Minggu (17/4), regu putra dan putri berhasil menyabet predikat sebagai yang terbaik di dua perlombaan.

Regu putra yang diwakili SD Negeri 1 Kalierang Selomerto tampil sebagai juara tari kreasi daerah, setelah menyajikan tarian Sigrak Siaga.

Sementara regu putri Barung Biru dari SD Negeri 6 Wonosobo keluar sebagai terbaik pertama di lomba Cerdas Tangkas Pramuka (LCTP).

Ketua Kontingen siaga Wonosobo, Enang Basuki ketika ditemui Senin (18/4) menjelaskan keberhasilan yang diraih tersebut tak lepas dari do’a seluruh warga masyarakat Wonosobo, serta kerja keras setiap anggota regu, baik putra maupun putri.

“Hasil yang membanggakan, dan tentu layak kita syukuri bersama mengingat kompetisi di tingkat Kwarda Jateng sangat ketat,” kata Enang.

Di ajang PERSARI 2016, Kabupaten Wonosobo menurut Enang tampil sebagai wakil Binwil Kedu, setelah pada Pesta Siaga di tingkat Eks Karesidenan, medio Maret lalu mampu tampil sebagai yang terbaik.

“Regu putra berhasil menjadi Juara Tari kreasi daerah setelah di final menyisihkan Kwarcab Wonogiri dan Kwarcab Banjarnegara dengan tarian kreatif dan dinamis bertajuk Sigrak Siaga,” terang Enang.

Sementara, di LCTP Enang menyebut keberhasilan SD Negeri 6 Wonosobo dengan Barung Biru nya, diraih setelah di final mampu mengalahkan Kwarcab Banjarnegara dan Kwarcab Kabupaten Pekalongan.

“Kedua regu berhak atas trophy dan piagam penghargaan dari Ketua Kwarda Jawa Tengah, Prof S Budi Prayitno”, jelas Enang Basuki.

Keberhasilan Kontingen Siaga Wonosobo di PERSARI 2016 mendapat apresiasi tinggi dari Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo. Ditemui ruang kerjanya, Agus mengaku akan secepatnya menemui regu putra maupun putri yang telah berhasil mengharumkan nama Wonosobo tersebut.

“Kemarin sudah terima kabar gembira ini, dan tentu saya ucapkan selamat atas keberhasilan Siaga Wonosobo di PERSARI 2016,” ucap Wabup.

Pihak Pemkab, menurut Agus akan terus mendorong agar Pramuka Wonosobo mampu meraih prestasi, baik di level regional maupun sampai ke tingkat Nasional. “Tentu bagi yang berprestasi akan ada penghargaan khusus dari Pemkab,” tegas Wabup.(Arintoko)