Connect with us

Random

Apa itu Konten Marketing Instagram dan Contohnya

Published

on

konten marketing Instagram

Penjual produk atau jasa menjadi tantangan baru di era digital ini. Pebisnis seperti diri Anda pun akan membutuhkan strategi pemasaran yang baru. Salah satu strategi tersebut adalah konten marketing instagram. Sebenarnya ada banyak jenis dan contoh konten marketing. Salah satu diantaranya adalah dengan menggunakan konten marketing media sosial.

Pasti anda memiliki akun Instagram bukan? Ternyata akun media sosial satu ini juga sangat penting dalam dunia konten marketing. Ada banyak sekali pemasaran yang bisa dilakukan melalui Instagram.

Menurut data dan riset media sosial, Instagram telah menguasai pasar marketing dibandingkan dengan media sosial lainnya. Banyak brand atau bisnis baru juga mulai berkembang sejak menjalani konten marketing Instagram. Kini semua brand hingga yang lokal pun mempunyai kesempatan untuk bersaing di pasar yang lebih besar.

Apa itu Konten Marketing Instagram?

Anda pasti sudah sering mendengar istilah konten marketing. Konten marketing merupakan salah satu strategi pemasaran. Tujuannya adalah untuk meningkatkan popularitas dari sebuah brand.

Instagram menjadi media terbaik untuk melakukan konten marketing. Supaya anda bisa mendorong bisnis lebih lagi diperlukan konten dalam bentuk foto atau video. Instagram terbagi menjadi dua jenis konten. Konten utamanya yaitu foto atau video. Kemudian diikuti dengan konten teks yang diletakkan pada bagian caption posting tersebut.

Kedua paduan konten tersebut adalah cara sebuah brand bisa bertumbuh. Follower dari brand tersebut juga akan merasakan koneksi dengan brand anda.

Konten marketing Instagram sangat bergantung pada konten yang diposting, rutinitas, dan kualitas. Anda harus melihat 3 hal ini sebelum melakukan posting ke internet. Kami akan menjelaskannya supaya anda juga dapat terbantu untuk kedepannya.

Tips Membuat Postingan Instagram Menarik Untuk Konten Marketing

Merencanakan Target Pasar Brand

Semua brand akan memiliki targetnya sendiri. Ini dapat anda lihat pada brand brand besar seperti Nike atau Adidas. Brand tersebut khusus menjual sportswear atau dikenal sebagai pakaian olahraga.

Dengan mengetahui produk atau jasa yang dijual, anda bisa mulai melihat pasar yang tepat untuk menargetkan hal tersebut. Kita ambil kembali contoh dari Nike dan Adidas. Perusahaan tersebut telah berhasil menentukan target pasar mereka yaitu atlet dan juga millenial yang suka berolahraga.

Sama halnya pada brand anda, anda juga bisa melakukan hal yang sama. Ketahui informasi ini terlebih dahulu supaya konten juga bisa disesuaikan dengan target pasar. Untuk target pasar yang lebih formal, maka anda wajib mempersiapkan konten yang menunjukkan kualitas atau elegan. Sedangkan pasar untuk generasi muda dapat menggunakan warna menarik dan animasi.

Merangkai Caption Untuk Menarik Pembaca

Hal yang akan dibaca oleh orang untuk pertama kalinya adalah caption dibawah foto. Jika caption tidak menarik sama sekali, pembaca tidak akan berfikir dua kali untuk melewatkan postingan anda.

Ada banyak hal yang bisa dimasukkan ke dalam caption. Pertama, anda harus bisa memperkenalkan brand melalui caption. Coba untuk membuat konten yang bisa menghibur dan membuat orang lain tersenyum atau bahagia. Berinteraksi dengan perasaan para pembaca sangat berguna dalam proses pembuatan konten. Ketika pembaca bisa ikut merasa terkait, maka anda akan terus menarik perhatian pembaca pembaca baru.

Menyesuaikan Budget Dengan Konten

Setiap konten membutuhkan budget yang berbeda. Budget yang banyak dapat digunakan pada konten seperti video. Sedangkan budget kecil dapat anda gunakan pada konten seperti foto atau juga design visual.

Jangan gunakan ide yang monoton, melainkan ide yang unik atau masih segar. Perlu diketahui juga bahwa setiap konten memiliki ukurannya sendiri. Seperti ukuran 1080 x 1080 untuk post instagram dan 1080 x 1920 untuk story instagram.

Jika anda mempunyai budget yang lebih, silahkan gunakan budget tersebut untuk investasi konten yang lebih mahal. Biasanya konten yang paling menarik perhatian dapat berdampak pada views, share, dan juga like. Ini juga langsung membuat followers anda semakin bertambah dalam waktu yang singkat.

Pemakaian Hashtag Pada Setiap Konten Instagram

Hashtag berperan penting untuk setiap postingan anda. Setiap postingan anda tidak akan ada banyak pengaruh jika tidak bisa menjangkau banyak orang. Satu satunya cara untuk menjangkau banyak orang adalah dengan menggunakan hashtag.

Fungsi dari hashtag pada konten Instagram adalah supaya orang lain mengetahui bahwa konten tersebut adalah milik anda. Konten anda akan muncul setiap kali ada yang menekan hashtag tersebut. Semakin banyak likes yang dimiliki postingan tersebut, maka semakin tinggi juga kedudukan anda pada konten instagram tersebut.

Menurut fakta yang didapatkan dari para selebgram, hashtag dapat meningkatkan angka interaksi hingga 12% lebih banyak. Gunakan hashtag yang tetap relevan atau berhubungan. Karena jika tidak, orang lain pun tidak akan tertarik dengan konten yang baru saja anda post.

Contoh Konten Marketing Instagram:

Stop Motion

Stop motion menjadi konten yang paling booming belakangan ini. Budget untuk membuatnya juga tidak semahal untuk konten seperti animasi. Stop motion sangat mirip dengan animasi, namun menggunakan gabungan foto.

Menurut statistik, konten stop motion sangat sering digunakan oleh selebgram dan artis Instagram terutama di Indonesia. Salah satu contoh dari artis tersebut adalah seperti Aulion. Artis ini dapat menggabungkan konten stop motion dan menggunakannya untuk memasarkan berbagai produk di Instagram.

Endorsement

Endorse menjadi sangat terkenal untuk meninggikan popularitas sebuah produk. Pasti anda sudah sering melihat artis artis yang mempromosikan suatu produk tertentu. Itulah yang disebut dengan endorsement. Semua bisnis bisa menggunakan endorsement sebagai cara untuk mendapatkan keuntungan.

Endorse ini adalah investasi jangka panjang. Pilihlah sebuah pembuat konten yang bisa menjamin bahwa produk anda semakin laris. Karena jika tidak, maka investasi tersebut akan terlalu mahal. Modal pun tidak akan kembali ke dalam brand tersebut.

Budget yang harus dipersiapkan untuk endorsement lumayan besar. Harga juga sangat bergantung pada kualitas atau jumlah follower. Beberapa diantaranya akan memasang harga sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta. Biaya ini hanya untuk sekali post, dan orang yang melihat brand anda bisa mencapai puluhan ribu orang.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending