Kendis Pemkab Lebong Disinyalir Banyak Disalah Gunakan

0
522
Banyak Mobnas di Kabupaten Lebong Disalah Gunakan

LEBONG, garudacitizen.com – Kendaraan dinas (Kendis) yang menjadi aset Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Lebong, Provinsi Bengkulu. Disinyalir banyak disalah gunakan.

Pasalnya, sejumlah Kendis yang saat ini masih berada di rumah mantan pejabat di Kabupaten Lebong, ternyata dibiarkan terbengkalai. Seperti salah satu Kendis anggota Dewan di lebong, Saat ditemukan terlihat hanya dijadikan tempat jemuran pakaian warga.

Dengan adanya Hal tersebut, dipastikan aset milik Pemerintah daerah Lebong tidak digunakan oleh pihak yang seharusnya mendapat fasilitas Kendis. Karena dari faktanya di lapangan, Kendis di Lebong digunakan untuk kepentingan pribadi seseorang yang bukan haknya lagi.

Berdasarkan data yang dihimpun, Amburadulnya aset Kendis milik Pemkab Lebong saat ini menjadi sorotan tokoh masyarakat dan para aktivis di Lebong.

Menurut keterangan Hisbuan, selaku masyarakat Kabupaten Lebong dengan media ini mengatakan, saat ini masih banyak mantan pejabat di Kabupaten Lebong yang belum mengembalikan Kendis ke Pemerintah Daerah.

Seperti Kendis jenis fortuner silver yang dipakai oleh mantan Sekda Kabupaten Lebong Mirwan Efendi. Kemudian, Kendis yang dipakai oleh suami kades Desa Baru Santan, bernama Herman Gondo.

Bahkan, Hisbuan juga mengatakan, bukan hanya 2 orang itu saja, tetapi masih ada beberapa orang lagi yang belum mengembalikan Kendis Milik Pemerintah tersebut.

Diantaranya, Aryanto Jalal, yang saat ini memakai kendaraan Dinas Hilux single gabin. Dimana dulunya  mobil tersebut digunakan untuk mobil operasional pramuka Kabupaten Lebong.

Selanjutnya, Arcobok, salah seorang kolega Bupati Lebong (timses) yang saat ini memperggunakan mobil Avanza plat merah dan Seorang Pensiunan PNS bernama Sriwijaya, yang menggunakan Kendis jenis Avanza coklat kemerahan, dengan Nomor Polisi BD 9100 H juga belum mengembalikan denga pihak pemerintah setempat.

Parahnya lagi, Mobil Plat merah yang digunakan oleh Sriwijaya, saat ini kabarnya telah dihitamkan, seperti Mobil Milik pribadinya saja.

“Apa Mereka tidak malu ya, seorang mantan pejabat menggunakan fasilitas yang bukan haknya lagi,” ungkap Hisbuan dengan wajah yang geram.

Kendis Merupakan Aset Milik Pemerintah Yang Wajib Dipelihara

Dengan adanya hal ini, salah seorang aktivis Lebong “Toni Botol”, tak mau tinggal diam dan ikut berkomentar. Sebagai Ketua LSM Gemuru, dengan media ini Toni Botol Mengatakan, seharusnya Kendis yang merupakan aset milik pemerintah tersebut, wajib di pelihara dan jangan dibiarkan terbengkalai. Sebab, aset itu dibeli dengan menggunakan uang rakyat.

“Sebaiknya pihak Pemda Lebong mulai melakukan penertiban Mobil Dinas, agar tidak amburadul. Seperti seorang mantan pejabat dan Pensiunan PNS yang saat ini masih menggunakan Kendaraan Dinas itu tidak wajar lagi lah,” ujar Toni, senin (24/12/2018) di kediamannya. (Eluban RI)