Connect with us

Daerah

Kadis Pertambangan dan Energi BU Akan Tegur Kontraktor PLTS di Enggano

Published

on

Kadis Pertambangan dan Energi BU Akan Tegur Kontraktor PLTS di Enggano

Bengkulu Utara | GC – Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Bengkulu Utara secara tegas mengatakan akan menegur kontraktor dari CV. Lisma. Hal ini terkait atas keluhan warga di Pulau Enggano, khususnya Desa Kahyupu. Dimana kecewa dengan hasil kerja kontraktor yang terkesan asal jadi.

Baca berita sebelumnya: Masyarakat Pulau Enggano Kecewa PLTS Lampunya Tidak Menyala

PETA Pulau Enggano  Bengkulu UtaraWarga pada dasarnya wajar mengeluh dan kecewa. Pasalnya, listrik di pulau terluar Indonesia ini merupakan sesuatu yang sangat diimpikan. Pas, waktu proyek PLTS malah hasilnya tidak memuaskan.

Berbulan-bulan tiang listrik telah terpancang di rumah-rumah warga. Sejak proyek PTLS dilaksanakan pada tahun 2015. Namun saat malam hari, lampu-lampu seolah seperti hiasan tak berguna. Tergantung-gantung aneh dan tidak menyala.

“Untuk memenuhi kebutuhan penerangan saja susah. Apalagi yang lain,” umpat warga kesal.

Suadi, SH, MM, selaku Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Bengkulu Utara, pun mengaku sangat prihatin dengan kondisi tersebut. Dia menegaskan, akan segera memberi teguran kepada pihak kontraktor. Intinya, agar lampu-lampu di pulau Enggano dengan tenaga PLTS dari proyek pemerintah tersebut, dapat menyala. Sesuai dengan yang direncanakan.

 Suadi, mengaku mengerti benar dengan kondisi masyarakat di pulau terpencil Enggano. Ia sendiri pernah tinggal disana ketika dirinya menjadi camat pada tahun 1997.

“Saya pernah ikut merintis dan merasakan betapa sulitnya kehidupan disana,” ungkap Suadi.

273993_pantai-enggano-bengkulu

Waktu itu, lanjut Suadi, untuk menuju ke pulau Enggano masih mengunakan kapal printis. Bahkan ia pernah bersama warga hingga 4 malam terombang-ambi di laut karena cuaca badai.

“Makanya saya senang saat ini melihat pulau enggano mulai maju bahkan sudah di kenali masyarakat luar Propinsi Bengkulu,” ujar Suadi

Dalam kesempatan tersebut, Suadi, mengaku senang dengan informasi yang disampaikan pihak media. Katanya, hal ini sangat membantu. Selain sebagai masukan bagi pemerintah daerah untuk pembenahan, pemberitaan juga membuat Enggano menjadi sorotan masyarakat luar Propinsi Bengkulu.

Sehingga dengan demikian, pulau Enggano dapat lebih maju lagi. Baik SDM masyarakatnya hingga pembangunan infrastruktur lainya. Seperti pembangunan akses kelancaran tranportasi dari Bengkulu menuju pulau Enggano, dan sebaliknya.

Penulis adalah Wartawan Garuda Citizen untuk wilayah provinsi Bengkulu dan sekitarnya. Lahir di Peraduan Binjai 29/12/1985 tinggal di Jl. Saberang Baru Kelurahan Purwodadi Arga Makmur Bengkulu Utara

Trending