Kota Pekalongan,GC – Selepas  kegiatan dinas  jumat sehat, Walikota Pekalongan Shaelany Mahfudz, SE, Jumat (11/5) berkesempatan meresmikan pusat telecenter di RW VIII Kelurahan Kandang Panjang Pekalongan Utara.

Didampingi, Kepala dinas Kominfo, Dinas Sosial dan  Camat Pekalongan utara, juga Lurah Kandang Panjang beserta  tokoh masyarakat – LSM dan para mahasiswa UNTAG Semarang yang telah menyelesaikan masa KKN nya, turut menyaksikan peresmian.

Acara ini, merupakan rangkaian kegiatan kerjasama antara UNTAG Semarang dengan Pemkot Pekalongan, Melalui kegiatan KKN mahasiswa di wilayah Kandang panjang.

Dengan tajuk focus kegaitan adalah meningkatkan pemberdayaan pemanfaatan telekomonikasi produktif, disamping mengupayakan terbangunnya gedung telecenter sebagi pusat kegiatan internet  untuk warga  di wilayah Kandang panjang.

Dalam Sambutanya Walikota, menjelaskan tentang pentingnya Telecenter sebagai tempat mengakses sumber informasi – komunikasi guna mendapatkan layanan sosial – ekonomi dengan menggunakan sarana  berupa internet.

Telecenter dirancang sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa pelatihan  ketrampilan dan  pengetahuan bertelekomunikasi, Terang Shaelany Mahfudz.

Keberadaan bangunan telecenter menghabiskan anggaran sebesar Rp 75 Juta, diambil dari anggaran usulan dewan sebesar Rp. 40 juta ditambah bantuan dari UNTAG Semarang Sebesar 35 Juta. Hal ini merupakan wujud Kerja sama timbal balik yang memberikan kontribusi positif kepada msyarakat

Menurut Camat Pekalongan Utara , Yose Rosidi, Sip. MSi.  “ Dengan adanya Bangunan telecenter di RW 8 Kelurahan Kandang Panjang yang baru ini,harapannya dengan tersedianya gedung ini,semoga segera akan diisi fasilitas perangkat lunaknya. Dan dengan secepatnya kefungsian telecenter ini, masyarakat akan lebih mudah mengakses internet “ terang Camat Pekalongan  Utara

Dalam kesempatan itu, Rektor Universitas Tujuh Belas agustus 45 Semarang  ( UNTAG Semarang ), Dr. dr Sumarno. mengatakan dengan terbangunnya gedung telecenter ini,akan dapat  menyediakan lebih banyak akses teknologi informasi modern yang menggunakan solusi-solusi telematik kepada masyarakat.

Hal Ini memungkinkan diatasinya masalah-masalah lokasi dan prasarana, terutama yang berkaitan dengan akses komunikasi dan informasi, pendidikan dan pelatihan, juga daya saing dan peluang kerja daerah setempat, serta pengadaan layanan untuk pemerintah  dan masyarakat. Terangnya.

Dalam rangakain kegiatan lainnya  Walikota Pekalongan juga memberikan sumbangan bantuan 500 paket sembako kepada masyarakat Kandang Panjang yang terdampak banjir rob.  Terkait ini, bantuan  diterima secara simbolis oleh wakil RT RW dengan warganya yang dirundung kesulitan dan kekurangan.  (hl/phy)

BPKAD
Benner PUPR Bengkulu Utara copy
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here