Connect with us

Bisnis

Jenis Safety Shoes Terbaik yang Sering Dijumpai di Toko Safety

Published

on

jenis safety shoes

Alat safety beragam jenisnya. Dibedakan berdasarkan kegunaannya. Sebagai contoh, jenis safety shoes yang berfungsi untuk melindungi kaki tentunya. Alat safety ditujukan untuk pekerjaan yang membutuhkan perlindungan fisik.

Karena, beberapa jenis pekerjaan membutuhkan keamanan khusus. Alat safety juga menjadi syarat-syarat keselamatan kerja yang wajib dipenuhi. Pada artikel ini, kita akan membahas lebih dalam jenis-jenis safety shoes terbaik.

Bagi Anda yang bekerja di bagian teknik biasanya sangat akrab dengan jenis-jenis safety shoes. Misalnya seorang juru masak, ahli listrik, pemadam kebakaran, dan sebagainya.

Fungsi Safety Shoes

Safety shoes berfungsi melindungi bagian kaki pekerja. Sebagian besar penggunanya ialah mereka yang bekerja di bidang yang cukup berat. Yang memiliki resiko kecelakaan kecil maupun besar.

Risiko terjadinya kecelakaan akibat lantai yang licin, tertimpa sebuah benda tumpul atau tajam, terkena bahan kimia yang berbahaya atau tersengat listrik bisa lebih diminimalisir.

Perusahaan yang bergerak di bidang teknik dan kontruksi akan mewajibkan karyawannya untuk menggunakan safety shoes. Sepatu yang dikenakan harus sesuai standar SNI.

Sepatu ini memiliki beberapa jenis sesuai fungsi atau kegunaannya. Sebagian besar fungsi utamanya ialah untuk melindungi bagian kaki penggunanya. Karena kaki bisa menjadi penyebab keseimbangan seseorang saat bekerja dan menjadi penyebab kecelakaan lain yang lebih berat.  Berikut ini beberapa jenis safety shoes tersebut.

Jenis Safety Shoes Sesuai Kegunaannya

1. Steel Insole Shoes

Jenis Safety Shoes Sesuai Kegunaannya

Jenis safety shoes pertama yang menggunakan besi baja sebagai pelindung khususnya pada bagian sol di kakinya. Perlindungan ini dipasang tepat pada bagian telapak kakinya. Sehingga lebih aman saat di sekitar lantai terdapat berbagai benda tajam atau berbahaya.

Biasanya steel insole shoes digunakan oleh orang yang bekerja di bidang konstruksi. Atau pekerjaan yang berhubungan dengan benda tajam disekitarnya. Pada bagian lidah dari sepatu ini juga dilengkapi dengan pelindung dari besi baja.

Sepatu ini menjadi sebuah keharusan bagi para pekerja di bidang konstruksi dan sejenisnya. Contoh merk sepatu safety terbaik salah satunya adalah brand dari Jogger.

2. Safety Toed Shoes

Pada sepatu ini pelindung dari besi baja dipasang pada bagian lidah atau bagian depan. Fungsi utama dari jenis sepatu ini ialah untuk melindungi bagian jari dan depan kaki. Dari hantaman benda keras atau saat tersandung.

Jenis ini biasanya menjadi favorit dan lebih sering diminati oleh pengguna alat safety proyek dan pekerjaan teknik. Jika Anda berkunjung ke toko peralatan safety Anda akan menemukan banyak persediaan dari jenis sepatu ini.

Selain lebih fleksibel harga dari jenis sepatu ini juga lebih murah dibanding jenis lainnya. Jumlah penjualan dari jenis ini pun sangat banyak. Modelnya pun lebih simple dan ringan dibanding jenis lainnya.

Baca juga: Jenis APD dan Fungsinya

3. Electric Hazard Shoes

Sepatu ini khusus melindungi penggunanya dari bahaya listrik disekitarnya. Sesuai dengan namanya. sepatu ini dikhususkan untuk para pekerja yang berhubungan dengan kelistrikan. Mereka yang bekerja memperbaiki listrik atau memasang instalasi listrik. Bahaya tersengat listrik memang bisa mengintai mereka.

Seluruh bagian dari sepatu ini terbuat dari bahan yang mengandung isolator listrik. Sehingga, saat Anda menginjak kabel bertegangan listrik atau saat bekerja dengan kelistrikan. Anda tetap aman dan terjaga dari tersengat listrik.

Bahan yang megandung isolator listrik ini dipasang di setiap bagian sepatu ini. Hal ini berguna untuk menghindarkan tegangan listrik sekecil apapun yang bisa berakibat fatal. Desainnya pun sangat gagah dan sesuai dengan pekerjaan kelistrikan ini.

4. Metatarsal Shoes 

Jenis sepatu ini khusus melindungi bagian atas dari kaki penggunanya. Sehingga, sepatu ini dibuat dari kulit yang kuat serta bahan pembuat lainnya. Menggunakan sepatu ini akan mengamankan penggunanya dari kemungkinan terjepit atau tertimpa benda tertentu langsung mengenai kaki bagian atas.

Jika terjadi pun kaki Anda akan cukup terlindungi. Kemungkinan risiko yang dirasakan tidak akan terlalu parah. Sepatu ini sering digunakan untuk jenis pekerjaan bidang konstruksi, lifting atau logging.

Itulah beberapa jenis dari safety shoes atau sepatu pelindung yang sangat berguna bagi Anda khususnya yang bergelut di bidang teknik. Sepatu ini sudah menjadi kewajiban bagi Anda agar pekerjaan yang Anda lakukan tetap memberi rasa aman dan untuk menjaga keselamatan Anda.

Sepatu ini merupakan salah satu jenis peralatan safety yang bisa Anda temukan di toko khusus. Pastikan Anda membelinya dari toko resmi dan berlogo SNI.

Dengan begitu, keselamatan Anda bisa lebih terjaga dan produknya bisa sesuai dengan standar yang seharusnya. Untuk mendapatkan kualitas yang aman dan terjaga pilihlah merk yang asli.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending