Jasa SEO Untuk Bisnis UMKM Go Online

0
292
3 Jenis SEO Berdasarkan Kategori Tehnik Optimasinya - Garuda Website

Artikel ini adalah tentang tips dan gambaran umum dalam menggunakan layanan Jasa SEO untuk bisnis UMKM. Atau juga dikenal sebagi Jasa SEO UKM. Biasanya, harga yang ditawarkan relatif lebih murah.

Kini hal yang wajar jika banyak pelaku UMKM yang sudah menyentuh bisnis online. Pasalnya, profit yang didapat meningkat dan produk lebih dikenal masyarakat. Salah satu wadah yang digunakan adalah website bisnis.

Tidak jarang beberapa website yang mengembangkan UMKM menempati posisi pertama dalam hasil pencarian Google. Tentu saja website tersebut sukses menerapkan SEO untuk bisnis UMKM. Penerapan SEO sendiri bermanfaat meningkatkan visibilitas di hasil mesin pencarian.

Pertumbuhan UMKM di Indonesia
Pertumbuhan UMKM di Indonesia (radarlampung.co.id)

Fakta SEO Wajib Tahu

UMKM Go Online
UMKM Mulai Go Online (tribunnews.com)

Banyak yang setuju bahwa SEO merupakan channel akusisi mendatangkan pelanggan terbanyak. Persentase kenaikan pembeli dapat meningkat sekitar 10-15% apabila menggunakan teknik SEO dengan baik.

Dalam menerapkan teknik SEO ada baiknya didukung dengan penggunaan sosial media untuk bisnis. Contohnya Instagram dan Facebook agar meningkatkan brand awareness produk. Keunggulan utama SEO yakni mendatangkan conversion rate suatu website, melalui content marketing.

Sehingga banyak orang berlomba-lomba membuat konten yang SEO Friendly. Contohnya konten artikel, foto, video, dan podcast. SEO juga dapat meningkatkan trafik pencarian organik. Alhasil, halaman website bisa berada diposisi teratas hasil pencarian Bing dan Google.

Baca juga; tips memilih Jasa SEO terbaik dan berkualitas

Faktor Penerapan SEO Untuk Bisnis UMKM

Menerapkan SEO untuk bisnis UMKM yang go online pada dasarnya menggunakan teknik yang sama. Ternyata ada berbagai faktor yang perlu diperhatikan, antara lain.

Pemerintah Mengharap UMKM Go Online
Pemerintah Mengharap UMKM Go Online (umkmgoonline.com)

Waktu Bisnis

Saat memutuskan UMKM go online harus diukur dahulu berapa lama bisnis akan berjalan. Sebab akan disesuaikan dengan optimasi SEO untuk jangka waktu tertentu. Berpengaruh terhadap konten yang dibuat, menggunakan keyword musiman atau keyword abadi. Biasanya penerapan SEO efektif memakan waktu minimal 1 tahun.

Brand Building

Kedua, faktor membangun brand atau brand building yang dilihat dari direct traffic. Ketika masyarakat ingin berpergian, lebih percaya membeli tiket pesawat dari website terpercaya. Misalnya, traveloka(dot)com, otomatis ketika mencari keyword ‘tiket pesawat’ pada Google yang muncul adalah website tersebut.

Brand building juga bisa dikembangkan melalui content marketing, dengan membuat konten yang berkualitas. Kualitas konten menarik pembaca karena isinya. Konten artikel yang ideal isinya 500-1000 kata. Hal ini akan mempengaruhi kunjungan pembaca dan menaikkan ranking halaman website.

Research Keyword

Lakukan pula research keyword, pilihlah tepat yang paling banyak dicari pengguna internet. Misalnya saat menjual jersey bola, gunakan Google Keyword Planner untuk mencari keyword yang berhubungan dengan jersey bola. Beberapa tempat yang wajib mengandung keyword agar SEO Friendly atau menunjukkan lampu hijau, yakni :

  • Produk
  • Kategori produk
  • Kutipan artikel
  • Meta description
  • Judul artikel
  • Nama file gambar produk
  • URL atau slug
  • Anchor text internal link dan eksternal link

Strategi Keyword

Strategi keyword yang baik meliputi langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Melakukan research keyword, sebaiknya menggunakan buying intention keyword,
  2. Mencari informasi mengenai keyword yang digunakan kompetitor, dapat menggunakan tool Keyword Revealer atau Google Planner,
  3. Menulis topik yang sedang hangat diperbincangkan, jangan lupa menggunakan long tail keyword,
  4. Membedakan seasonal content atau konten musiman dan evergreen content atau konten abadi yang selalu dicari,
  5. Keyword disesuaikan dengan niche website.

Backlink

Faktor penting saat membuat artikel dengan SEO Friendly adalah backlink. Penggunaan backlink yang tepat akan meningkatkan visibilitas webite. Aturan main backlink yang tepat antara lain :

  1. Membuat konten original dan berkualitas
  2. Membangun internal link dahulu supaya bisa digunakan dalam konten artikel
  3. Membangun direct traffic

Ulasan diatas memberikan ide menerapkan SEO untuk bisnis UMKM yang akan go online. Maka dari itu tidak ada salahnya menggunakan Jasa SEO profesional, visibilitas dan pengunjung website jadi cepat meningkat.

Lihat layanan Jasa SEO terbaik untuk UMKM.