Jelang Idul Adha, DTPHP Pastikan Hewan Kurban Aman

0
80

Bengkulu Utara,(GC)-Menjelang Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah Tahun 2017,Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, memastikan pasokan hewan kurban aman dan relatif mencukupi.

“Setelah kita melakukan pengecekan dan pemantauan beberapa hari yang lalu, Kita jamin pasokan hewan kurban di Bengkulu Utara aman,”Ungkap Darlis Kadis TPHP, Kamis (31/8/2017) pada awak media diruang kerjannya.

Lebih jauh dia mengungkapkan total jumlah hewan kurban tahun ini sebanyak 918 ekor, yakni Sapi 524 ekor, kambing 387 ekor dan kerbau sebanyak 7 ekor yang akan disembelih pada puncak perayaan Idul Adha 1438 Hijrah.

Darlis juga menyampaikan selama sepekan melakukan proses pemantauan terhadap hewan kurban ratusan sapi, kambing dan kerbau, disetiap agen penjual, pihaknya belum menemukan adanya hewan yang terinfeksi penyakit berbahaya.

“Alhamdulillah. Kita belum temukan indikasi penyakit menular pada sapi, kambing dan kerbau. Sebab dari hasil monitoring kami, semuanya itu kita nyatakan sehat dan cocok dijadikan hewan kurban,” ujar Darlis.

Meskipun demikian, Darlis juga tetap mengingatkan kepada masyarakat, terutama kepada panitia kurban, agar lebih selektif dalam memilih sapi, kambing, dan kerbau yang akan dibeli untuk disembelih serta menerapkan prinsip P2HT Antara lain, pilih hewan kurban yang sehat dan tidak cacat, perlakukan hewan kurban dengan baik dan tidak menyakiti saat proses penyembelihan, hubungi petugas peternakan guna memastikan kesehatan hewan kurban, serta tangani daging hewan kurban dengan baik, demi menghindari kontaminasi bakteri dan zat kimia berbahaya.

“Perlu kita ingatkan, jangan gunakan pelastik berwarna sebagai wadah atau tempat mengemas daging hewan kurban, serta segera laporkan jika ditemukan cacing dan daging tidak layak konsumsi,” Demikian Seru Darlis.(Ben).

loading...