Germas Sebagai Program Unggulan Dinkes Bengkulu Utara

0
250

Bengkulu Utara,(GC)-Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu Melalui Dinas Kesehatan akan menjadikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sebagai program unggulan tahun anggaran 2017 ini.

Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Utara,melalui Kepala Bidang (Kabid) kesehatan Masyarakat, Nova Hendriani,S.KM,MM,rabu (3/5/2017) pada media ini diruang kerjanya mengatakan, Program Germas tujuannya untuk menjadikan masyarakat Daerah Bengkulu Utara dalam keadaan pola hidup sehat .

“Tujuan Germas ini untuk menjadikan masyarakat daerah kita hidup sehat,” Kata Nova.

Lanjut Nova, Germas adalah bagian dari penguatan pemerintah guna mencegah penurunan jumlah penduduk serta beban penyakit menular maupun tidak menular baik kematian maupun cacat. Sebab Tahun 2010 kebawah lalu menurut  Nova banyak masyarakat terkena penyakit menular,Seperti Diare dan TBC, namun diatas tahun 2010 masyarakat tampaknya banyak terkena penyakit yang tidak menular seperti struk,jantungan dan lain sebagainya.

“Untuk menghindarkan masyarakat saat ini mengalami penyakit yang bukan menular, seperti struk, jantungan,dan kangker, maka dalam waktu dekat ini kita akan segera menghibaukan program Germas pada masyarakat,” Jelas Nova.

Nova juga menambahkan, Dengan program ini pihak Dinas kesehatan akan Menghimbau kepada masyarakat bagai mana cara pola Hidup sehat, dengan cara menyampaikan pada masyarakat agar melakukan 3 poin penting yakni,(1).setiap hari minimal 30 menit melakukan Aktifitas fisik ,(2).Harus makan buah dan sayur setiap hari,(3)Cek kesehatan secara berkala 1 bulan sekali.

“Insyaallah kita pencanangan program ini pada bulan Juli nanti, yang anggarannya dari provinsi, kalaupun nanti ada kalaborasi di program ini, maka nanti nya akan kita libatkan pihak Dispora,dinas pertanian,Dinas  ketahanan pangan dan PKK,” Terang Nova.

Kabid kesehatan masyarakat ini berharap kepada semua pihak dapat mendukung dan mensukseskan  program ini, agar semua masyarakat daerah Bengkulu Utara kedepan dalam pola hidup yang sehat.

“Harapan kita semua mendukung program ini,” Demikian Harap Nova.(BEN)