Gemar Menanam, Bupati Batang Mendapat Penghargaan

2
836
Serentak Bupati, Wakil Bupati Batang beserta jajaran Muspika Kab, Batang menanam bibit penghijauan (Foto Doc)

Kabupaten Batang-Dalam rangka  Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tingkat Kabupaten Batang Tahun 2015 yang berlangsung Desa Wonobodro Kecamatan Blado Selasa 8/12/15.

Ribuan bibit tanaman keras di tanam Wakil Bupati Batang Soetadi, Komandan Kodim 0736 Batang Letkol. Inf. Andiek Prasteyo Awieboeo, Kapolres Batang AKBP Joko Setiyono, Ketua Pengadilan Negeri Sri Kuncoro, Kepala Kejaksaan Negeri Batang Sumartono bersama masyarakat serentak menanamnya.

Wakil Bupati Batang Soetadi dalam sambutanya mengatakan,kondisi hutan di Indonesia saat ini banyak yang mengalami kerusakan, akibat berbagai hal, baik faktor alam maupun faktor manusia yang sering memanfaatkannya tanpa diimbangi dengan perawatan dan pelestarian.

Degradasi hutan dan lahan, laju deforestasi akibat dari illegal logging, penjarahan hutan, alih fungsi lahan dan tindak kejahatan hutan lainnya menjadi berita dan pemandangan yang tak kunjung berakhir.

Padahal segala kejahatan hutan mengakibatkan pemanasan global, kerusakan ekosistem dan kualitas lingkungan hidup, serta menurunnya kesejahteraan masyarakat saat ini dan generasi di masa mendatang.

Untuk itulah melalui gerakan menanam pohon, mari kita hijaukan kembali bumi ini untuk kemakmuran generasi mendatang, karena hutan adalah paru-paru bumi yang sangat penting.

” Mari kita gelorakan semangat, kegiatan penanaman, dan memelihara pohon, agar menjadi bagian dari sikap dan budaya yang melekat dalam kehidupan sehari-hari.

Pemerintah Kabupaten Batang berkomitmen dengan menyediakan bibit untuk masyarakat melalui Pembangunan Kebun Bibit Permanen”. Kata Soetadi

Soetadi juga menyampaikan Kabupaten Batang memiliki hutan luas seluas 181.178,2 hektar hutan negara dan 5.338 hektar hutan rakyat yang harus dijaga kelestarian dan pemanfaatannya.

Luas lahan ini tentunya memerlukan perlindungan dari pihak terkait dan dukungan dari masyarakat agar lahan kita bisa terus selamat dan dimanfaatkan.

“saya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat, untuk menggiatkan kembali gerakan menanam pohon. Peran masyarakat sangat penting dalam menanam pohon. Tanpa adanya dukungan dari masyarakat mustahil program menanam yang dicanangkan bisa terwujud dengan sukses”.ktanya

Keterlibatan dan tanggung jawab semua pihak menjadi kunci keberhasilan untuk merealisasikan program penanaman pohon sehingga maksud dari program ini yaitu sebagai sarana edukasi, peningkatan kepedulian,

kemampuan dan kemandirian seluruh komponen bangsa akan pentingnya menanam dan memelihara pohon, serta mengajak seluruh komponen bangsa untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutanuntuk mitigasi perubahan iklim dan merehabilitasi hutan dan lahan.

Disampaikan juga, kepedulian lingkungan dan penghijauan atau penanaman yang kita laksanakan selama ini telah mendapat apresiasi, baik dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

maupun tingkat nasional, sehingga di tingkat provinsi, kita mendapat Penghargaan I Bupati Peduli Penanaman Tahun 2015, yang diserahkan oleh Gubernur Jateng pada acara Apel HMPI dan BMN di Kabupaten Banjarnegara

Pada tanggal 2 Desember 2015 lalu, dan di tingkat nasional, kita masuk dalam 5 (lima) besar, dan semoga ke depan kita bisa mendapat penghargaan yang lebih baik lagi.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkemabunan Kabupaten Batang Djoko Tetuko dalam laporanya menjelaskan kegiatan menanam bukan sudah menjadi hal yang biasa di laksanakan oleh jajaraan Pemerintah daerah,

kegiatan ini juga bukan hanya dalam rangka memperingati HPI dan BMN, sudah ribuan tanaman bibit keras kita sudah tanam dan serahkan kepada masyarakat terutama di daerah atas seperti Desa Bismo, Blado, Reban, Tersono Bawang untuk di tanam, kegiatan menanam ini juga biasa di laksanakan oleh jajaran Muspika kecamatan bersama dengan masyarakat

” penghijauan atau penanaman yang kita laksanakan selama ini telah mendapat apresiasi baik dari pemerintah provinsi yang menganugrahkan sebagai juara I Bupati Peduli Penanaman, dan di tingkat Nasional kita masuk lima besar”. Katanya (*)

2 KOMENTAR