Gedung Universitas Gajah Mada Terbakar

0
503

YOGYAKATA – Kebakaran melanda kampus Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan yang berada di kompleks Universitas Gadjah Mada.

Kebakaran terjadi Minggu (24/04 ) lalu itu,  sekitar pukul 18.15 WIB. Beberapa ruangan kampus hangus terbakar sebelum akhirnya pemadam kebakaran berhasil menjinakkan api yang melalap habis ruangan kampus.

Seorang petugas keamanan kampus, Haryanto (39) mengatakan, kobaran api bermula dari salah satu ruangan gudang aset. Menurutnya akibat dari hubungan pendek arus listrik yang diduga menjadi pemicu adanya titik api.

Dari kejadian kebakaran tersebut dua gudang di lantai tiga atau tepatnya di belakang Ruang Sidang Merah, gedung Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik UGM, semuanya hangus terbakar.

Pihak kepolisian dalam peristiwa itu masih melakukan proses  penyelidikan , dengan meminta keterangan dari Salah satu karyawan yang sedang bertugas saat terjadinya kebakaran.

Menurut haryanto, saat itu, sekitar pukul 18.15 wib dirinya mendengar ledakan kecil dan bau benda terbakar (gosong). Kemudian Haryanto naik ke atas dan terlihat api sudah membesar.

Dirinya pun meminta bantuan karyawan dan mahasiswa yang saat itu sedang melakukan kegitan dikampus untuk memadamkan api menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Sementara saat akan menggunakan hydrat yang ada digedung, sempat mengalami kendala karena tidak berfungsi.

Selang beberapa saat dua mobil pemadam kebakaran dan satu mobil tangki air dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman pun tiba di lokasi  langsung melakukan penyemprotan. “Sekitar satu jam, api berhasil dipadamkan,” kata Haryanto.     (Atintoko )