Daerah Festival Kali Loji 2015

Festival Kali Loji 2015

Komunitas Peduli Kali Loji dalam pesta Relawan dan Hari Jadinya,menggelar Festival Kali Loji 2015

Pekalongan Kota -Komunitas Peduli Kali Loji (KPKL) adalah merupakan komunitas independent yang berorientasi pada kegiatan sosial budaya pada kepedulian terhadap pencemaran lingkungan. Seperti yang terjadi di Sungai sungai Pekalongan. Kondisi sungai yang kini sudah sangat kritis dan kini menjadi tempat pembuangan sampah serta limbah industri.

Kali Loji i adalah salah satu dari keberadaan sungai di Kota Pekalongan yang membentang di jantung kota Pekalongan. Keberadaan kali loji sangat dikenal yang banyak menyimpan sejarah hingga kini menjadi ikon Kota Pekalongan.

Untuk itu Kali Loji menjadi pilihan nama atau identitas “Komunitas Peduli Kali Loji” yang lahir dan terbentuk sejak tahun lalu yaitu tepatnya tanggal 30 Nopember . Dengan keanggotaan seluruh masyarakat Kota Pekalongan dan simpatisan dengan pengabdianya sebagai “Relawan”

Sejalan dengan berbagai program kegiatan Komunitas Peduli Kali Loji ( KPKL ) yang sudah banyak dilaksanakan secara langsung bersama masyarakat, namun semua itu belumlah merupakan bentuk keberhasilan di dalam melaksanakan program kerja yang di kaji secara seknifikan dan keprofesionalan seluruh relawan KPKL beserta jajaran pendukung .

Untuk bisa mewujudkan program program tersebut, tentunya Relawan KPKL sendiri tidak akan mampu melaksanakan dengan baik sebagaimana harapan menjadikan Kota Pekalongan bersih dari sampah sampah dan limbah.

Hal ini sangat diperlukan adanya peran serta masyarakat untuk turut menjaga dengan kebersamaan ( bergotong royong ) dengan rasa kesadaran berperan serta menciptakan gerakan kebersihan. ‘ Dengan tidak membuang sampah atau limbah pada sembarangan tempat, terutama kedalam sungai’ papar Tuti Nuraeni

HARI JADI KPKL
Dalam waktu dekat ini Komunitas Peduli Kali Loji akan menggelar Festival Kali Loji 2015, kegiatan itu sekaligus merupakan peringatan hari jadi Komunitas Peduli Kali Loji (KPKL ) tertanggal 30 Nopember.

Acara Festival Kali Loji 2015 yang dikemas juga merupakan puncak repsi hari jadi KPL, dengan berbagai macam kegiatan pesta rakyat dan pencanangan gerakan bersih Kota Pekalongan. Yang akan di hadiri oleh kementrian lingkungan hidup, Wali Kota Pekalongan, Bupati Pekalongan, Bupati Batang, Bupati Pemalang dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta tamu undangan lainnya.

Seluruh rangkaian acara akan dilaksanakan pada tanggal 18-19-20 Desember 2015 mendatang yang di pusatkan di area lapangan Jetayu Kota Pekalongan.

Di rangkaian acara Festival Kali Loji 2015 juga akan diramaikan ragam budaya yaitu:

  1. FestivalDaur Ulang
  2. Festival Dayung
  3. Festival Bersih Sungai
  4. Pencanangan Hari Peduli Sungai
  5. Peresmian IPAL
  6. Hiburan dan Pesta Relawan
  7. Penampilan kolosal teaterikal yang diperankan kurang lebihnya 100 pemain dari anak anak SD,SMP,SMA,Perguruan Tinggi serta komunitas teater Kota Pekalongan, yang di pandegani oleh seniman Kota Pekalongan Hadi Lempe.
Hadi Lempehttp://www.garudacitizen.com/
Hadi Sulistiyono R adalah wartawan Garuda Citizen yang bertugas di wilayah Pekalongan dan sekitarnya. Juga aktif sebagai penggiat seni Teater dan Sastra Indonesia sekaligus mengajar seni Teater dan Sastra di SMA dan Perguruan tinggi di Pekalongan dan Pendiri Teater di Kota Pekalongan