Diskop Bengkulu Utara Bangun PLUT-KUMKM Senilai Rp 2 M

0
216
Diskop Bengkulu Utara Bangun PLUT-KUMKM Senilai 2 M

Bengkulu Utara, GC – Tahun 2019 ini. Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara melalui Dinas Koperasi dan UKM mendapatkan Dana dari pusat untuk pembangunan pusat Layanan Usaha Terpadu – Koperasi Dan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (PLUT-KUMKM) senilai Rp 2 Miliar.

Plt.Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bengkulu Utara, Dra.Evi Fitriani,MM dengan media ini, Senin (22/07/2019) di ruang kerjanya mengatakan, dipastikan gedung PLUT yang akan dibangun 2 lantai dengan luas kurang lebih 17.639 M2 tersebut, lokasinya berada di Desa Bukit Makmur, Kecamatan Pinang Raya.

“Memang benar. Awalnya empat lokasi yang disurvei oleh tim dari pusat, yakni di kecamatan Air Napal, Kecamatan Arma Jaya, Kecamatan Padang Jaya dan Kecamatan Pinang Raya. Dari 4 lokasi tersebut, tim survei dari pusat memilih lokasi di kecamatan Pinang Raya, tepatnya di Desa Bukit Makmur,”jelas Evi.

Lantai pertama Gedung PLUT nantinya, sambungnya, akan disediakan ruangan untuk tiap-tiap kecamatan. Ruangan setiap kecamatan itu adalah sebuah ruangan guna memamerkan produk-produk unggulan yang ada di tiap kecamatan. Sedangkan ruang lainnya dan ruangan lantai 2 rencananya akan diisi oleh Jasa Konsultasi bisnis KUMKM dan untuk pelatihan.

“Di gedung itu nantinya masyarakat akan dilatih bagai mana meningkatkan kualitas produk, meningkatkan mutu, manajemen usaha,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, keberadaan gedung PLUT-KUMKM tersebut juga dapat memberikan kontribusi yang optimal guna memberdayakan koperasi dan UMKM bagi peningkatan ekonomi daerah serta kesejahteraan masyarakat.

“Kita berharap nantinya PLUT-KUMKM ini bisa memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang dihadapi KUMKM saat ini. Seperti rendahnya kualitas produksi, packing produk yang tidak menarik serta kemitraan usaha, pemanfaatan teknologi informasi dan pemasaran yang terbatas.”demikian terang Evi.(Ben)