Di Temanggung Banyak Ditemukan Kendaraan Angkutan Tak Layak Jalan

0
159

TEMANGGUNG – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung dan Polres Temanggung Kamis (30/6). Menemukan 40 persen kendaraan angkutan lebaran yang diperiksa di terminal dan garasi tidak layak jalan.

Sebagian dari kendaraan langsung dikandangkan untuk diperbaiki dan pihak perusahaan mengganti dengan kendaraan lain yang layak sehingga tidak membahayakan penumpang dan pengguna jalan lainnya.

Kepala Bidang Lalulintas dan Angkutan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Temanggung Cahyono mengatakan komponen ketidaklayakan itu seperti roda gundul, gangguan rem, dan lampu-lampu kurang berfungsi.

” Surat-surat kendaraan ternyata juga ada yang telah mati, demikian halnya uji kir,” 

Dia mengatakan memeriksaan bertujuan untuk memastikan kendaraan layak jalan demi kenyamanan dan keselamatan penumpang dan pengguna jalan.

Persiapan kendaraan sangat penting, tetapi yang tidak kalah penting adalah kesiapan awaknya,” katanya.

Kasat Lantas Polres Temanggung AKP Chairul Anwar menegaskan semua Perusahaan Otobus harus mentaati aturan lalu lintas dan angkutan jalan demi keselamatan penumpang, awak bus maupun kendaraan.

“Perusahaan harus mendahulukan keselamatan penumpang dengan mempersiapkan kendaraan dan awak bus secara baik,” katanya. (Arintoko)

loading...