Connect with us

Bisnis

Cara Membeli Peralatan Safety Secara Online

Published

on

Cara Membeli Peralatan Safety

Peralatan safety merupakan sesuatu yang wajib digunakan oleh semua kontraktor. Semua orang yang masuk ke dalam lokasi konstruksi akan diwajibkan untuk menggunakan peralatan yang berkenan. Peralatan yang wajib anda miliki juga sangat banyak variasinya. Untuk memenuhi semua kebutuhan perlatan safety anda, maka anda pun harus mengerti cara membeli peralatan safetydalam skala banyak. Peralatan seperti ini bisa dicari secara online ataupun offline. Jika membeli secara offline, maka anda harus langsung datang ke tempat atau membeli secara langsung dengan vendor. Vendor akan menjadi pihak yang memberikan anda suplai barang secara terus menerus. Itulah mengapa memiliki kerja sama dengan vendor atau supplier sangat penting. Vendor vendor ini juga bisa dicari secara online seperti toko alat safety dan lain lain. Jangan lupa menghubungi dan bertanya tanya terlebih dahulu.

Di artikel hari ini, kita akan membahas tata cara dan ciri peralatan safety yang berkualitas. Tidak hanya itu, kita juga akan menyinggung sedikit mengenai tips tips membeli peralatan safety. Serta membeli perlengkapan yang penting untuk melengkapi kebutuhan pekerjaan. Setiap orang akan membutuhkan perangkat dan juga perlengkapan yang penting untuk menjamin keselamatan mereka. Tidak akan ada yang tau apa yang bisa terjadi saat di lapangan. Hal hal yang tak terduga pun harus bisa di antisipasi oleh para pekerja. Itulah mengapa anda harus mempersiapkan semua kontraktor dan juga pekerja dengan alat yang memadai.

Mencari Vendor atau Supplier Peralatan Safety

Langkah pertama dalam membeli atau juga mencari perlengkapan safety ini adalah dengan mencari seorang penjual. Vendor adalah kata lain dari penjual atau pihak yang akan memberikan anda semua produk. Mencari seorang vendor yang bisa anda percayai sangatlah penting. Vendor akan bertanggung jawab untuk memberikan anda produk dengan kualitas yang anda butuhkan. Tentunya request masing masing customer akan sangat berbeda dengan yang lainnya. Kebutuhan setiap proyek juga berbeda beda dengan proyek proyek lainnya. Contohnya adalah dengan proyek seperti di kapal atau juga proyek konstruksi di kota akan berbeda. Perlengkapan marine juga merupakan contoh dari peralatan yang sangat berbeda beda ini.

Untuk mencari vendor yang sesuai, ada beberapa faktor yang harus anda perhatikan. Tentunya yang pertama adalah sebuah toko yang bisa memberikan anda apa yang anda butuhkan. Contohnya anda membutuhkan produk seperti rompi safety atau safety vest. Pastikan produk yang ingin anda beli sudah sesuai dengan kebutuhan. Anda juga harus memperhatikan stock yang dimiliki oleh masing masing toko. Biasanya, akan ada stock yang terbatas untuk masing masing produk. Itulah mengapa melihat angka stock terlebih dahulu sangat penting. Jika tidak tertera, anda juga bisa menghubungi pihak vendor untuk menanyakan terkait stock yang mereka miliki. Ada beberapa saat pas toko yang anda inginkan tidak menjual sesuai stock yang dibutuhkan. Saat itu terjadi, anda bisa memilih untuk menunggu atau juga memilih vendor yang penjual produk keselamatan lainnya.

Mencoba Layanan Pre Order

Ada juga solusi lain saat anda ingin memesan dari vendor dengan stock yang tidak memadai. Anda bisa melakukan pre order atau memesan barang dari jarak jauh. Ini biasanya dilakukan oleh perusahaan yang membutuhkan suatu produk dalam jumlah besar. Namun, ini harus dilakukan dari jauh jauh hari dan sekitar 1 bulan sebelumnya. Ketika sudah menghubungi vendor, anda pun bisa mendiskusikan prosedur berikutnya. Pre order bisa anda lakukan secara bertahap dan para pembeli biasanya harus melakukan sejumlah pembayaran terlebih dahulu. Dengan melakukan pre order, anda bisa mendapatkan produk dengan jumlah yang anda butuh. Namun, akan ada waktu pengerjaan sehingga barang tidak bisa sampai dalam hitungan hari.

Memilih Vendor yang Handal dan Berkualitas

Produk yang terjual akan mencerminkan kualitas kerja dari para vendor dan penjual. Penjual harus memiliki kualitas pelayanan yang tinggi untuk bisa menyajikan produk bagus. Toko yang menjual produk seperti peralatan safety ini tidak akan sukses dalam satu malam saja. Mereka harus merintis bisnis mereka untuk menjadi yang terbaik. Untuk mencapai ini, semua vendor akan harus memiliki suplai barang yang banyak. Vendor seperti perusahaan juga menjadi solusi terbaik jika anda ingin membeli dalam jumlah banyak. Secara umum, vendor yang handal akan sudah terkenal. Sehingga reputasi dari vendor tersebut pun tidak perlu anda ragukan lagi. Karena anda sudah kenal dengan vendor tersebut dari para pengguna lain.

Kualitas yang akan anda harus perhatikan saat membeli produk juga sangat penting. Prioritaskan barang yang anda beli dan juga pelayanan yang anda terima sebagai pelanggan. Sebagai pelanggan, anda berhak untuk mendapatkan pelayanan terbaik. Contoh pelayanan yang bagus adalah seperti waktu respon dan juga keramahan. Cara para vendor melayani anda bisa perhatikan dengan tata cara membalas pesan anda. Saat membeli produk, anda bisa bertanya tanya dan melihat cara mereka melayani. Ini akan membuktikan bahwa vendor tersebut bisa menjual barang secara professional atau tidak. Ketika vendor sudah bisa terpercaya untuk menjual barang dengan pelayanan yang bagus, maka anda bisa membeli dari tempat tersebut.

Waktu respon juga perlu anda perhatikan oleh para pelanggan. Untuk para pembeli, anda tidak harus menghabiskan waktu menunggu. Karena waktu yang anda gunakan untuk menunggu sangat menghabiskan waktu. Biasanya, vendor yang bagus akan menawarkan cara berkomunikasi yang sangat cepat. Contohnya adalah melalui telefon atau juga melalui nomor Whatsapp. Semua pelayanan berikut ini akan memudahkan anda dalam membeli produk yang pelanggan butuh secara online. Ini akan mencerminkan kualitas barang yang mereka tawarkan. Karena dengan pelayanan pelanggan kualitas tinggi, maka mereka sudah memiliki pengalaman dalam bisnis tersebut.

Membeli produk sesuai dengan kebutuhan

Untuk pembeli pertama, anda harus tau alasan memilih toko alat safety dan barang yang anda butuhkan. Karena jika anda membeli dari sebuah vendor pertama kalinya, maka tidak akan ada jaminan yang pasti. Pembeli harus sangat memperhatikan dan sadar akan produk yang mereka beli. Untuk menghindari kerugian dan penyesalan, orang orang membeli produk dalam jumlah yang sedikit. Dengan itu, anda juga perlu mengetahui tips memilih peralatan safety sebelum membeli.

Membeli produk dalam jumlah sedikit mempunyai tujuan untuk mencoba produk terlebih dahulu. Misalnya, anda akan bisa menghindari kerugian dengan mencoba membeli satu barang terlebih dahulu. Sebelum memesan barang contohnya dengan jumlah 200 produk. Pelanggan bisa coba membeli barang dalam eceran atau 1 saja dulu. Kalau anda sudah puas dengan produk tersebut, maka anda bisa memesan dalam jumlah grosir. Jika tidak, maka cari saja vendor yang lain.

Vendor akan memberikan diskon atau juga promosi jika anda membeli barang dalam jumlah yang banyak. Jika jumlah sudah mencapai jutaan atau hingga ratusan juta, anda bisa bernegosiasi. Siapa tau, anda bisa menerima keringanan pada biaya ongkos kirim. Pastikan anda semua memenuhi kebutuhan para kontraktor dan juga semua perlengkapan yang dibutuhkan. Karena membeli produk dari satu vendor akan menghemat banyak waktu. Anda tidak perlu membeli barang berkali kali dari toko yang berbeda.

Melihat varian produk dari sebuah toko

Pelanggan akan sangat fleksibel ketika ingin membeli berbagai jenis peralatan keselamatan. Ada banyak sekali produk yang berbeda beda untuk ditelusuri. Produk yang anda inginkan mungkin tidak bisa ditemukan di sebuah vendor ini. Namun bisa ditemukan di vendor lain. Kami merekomendasikan teman teman semua untuk mencari vendor dengan varian produk yang banyak. Semakin banyak produk akan berarti anda tidak perlu mencari ke tempa tempat lain untuk membeli barang yang sama. Banyak vendor yang mengfokuskan produk mereka hanya ke satu varian saja. Sehingga saat pembeli ingin mencari barang yang lain, mereka tidak akan mendapatkan apa yang dicari.

Sebuah vendor peralatan keselamatan harus bisa menawarkan hingga puluhan produk yang berbeda beda. Karena ada banyak sekali jenis kebutuhan yang harus dilengkapi. Untuk menghemat biaya, anda bisa membeli dari satu toko yang lengkap dan komplit. Pilihan terbaik untuk melakukan ini adalah dengan membeli secara online. Toko online menjadi tempat yang sempurna untuk mencari semua kebutuhan seperti peralatan. Perhatikan tips dan cara perawatan perlengkapan safety anda.

Baca juga: Jenis safety shoes yang dijumpai di toko alat safety

Menyelesaikan Pembayaran

Setelah semua produk sudah anda cari dan di list, maka barang bisa tinggal di beli. Proses transaksi berikut ini bisa memakan waktu beberapa hari. Ini juga sangat tergantung dengan pihak penjual. Ada berbagai prosedur yang harus dilakukan secara resmi. Anda harus berhati hati sebelum melakukan transaksi. Pastikan invoice yang diberikan sudah sesuai dengan jumlah barang dan juga harga. Terkadang, akan ada kesalahan harga pada saat pemesanan. Ini bisa berakibat total harga menjadi jauh lebih mahal daripada harga yang seharusnya dibayar.

Pelayanan pembayaran jarak jauh bisa dilakukan dengan metode transfer. Konfirmasi dan pastikan harga sudah benar antara kedua pihak. Setelah itu, lunaskan saja transfer jika belum. Dengan ini, orderan anda akan di proses oleh pihak penjual. Pembeli pun tinggal perlu bersantai menunggu barang untuk datang.

Pengiriman Barang

Langkah yang tidak kalah penting adalah saat pengiriman barang. Langkah ini sangat penting karena ini merupakan tahap terakhir dari proses membeli anda. Saat pengiriman barang, ada 3 hal yang harus anda perhatikan. Pertama adalah ongkos pengiriman. Jika ongkos pengiriman terlalu mahal, maka pembeli pun akan merasa rugi. Seperti yang telah kami sebut sebelumnya, pembeli akan bisa bernegosiasi dengan vendor peralatan keselamatan. Mungkin anda bisa meminta keringanan harga untuk barang yang sangat berat.

Kemudian, anda juga harus memperhatikan waktu pengiriman. Ada proyek proyek atau pembeli yang membutuhkan barang secepat mungkin. Ini karena pesanan tersebut sangat mendadak dan harus langsung proses. Vendor tidak akan bisa menjanjikan anda barang untuk datang dengan waktu yang sangat cepat. Mereka akan bisa memberikan anda estimasi waktu yang sesuai. Untuk menghindari keterlambatan barang, maka pesan produk ini jauh sebelum proyek atau konstruksi berlangsung.

Dan yang terakhir adalah memperhatikan produk yang sampai ketika sudah sampai. Sebagai pelanggan, anda berhak untuk mendapatkan barang dalam kondisi baru dan juga sempurna. Jika ada terjadinya kecacatan pada saat barang dalam transport, maka anda bisa mengajukan komplain. Barang akan anda refund atau anda akan menerima uang kembali. Jadi pastikan barang yang datang utuh dan bisa anda gunakan untuk konstruksi. Berikut adalah tips penting cara membeli peralatan safety konstruksi dari vendor online.

Baca juga: Referensi toko alat safety terlengkap

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Bisnis

Ini Ternyata Tips Memilih Batik Modern yang Berkualitas Tinggi

Published

on

Ini Ternyata Tips Memilih Batik Modern yang Berkualitas Tinggi

Dari segi desain dan motif batik modern tidak kalah dengan batik tradisional. Bahkan dari segi harga dan kenyamanan saat digunakan batik jenis ini lebih berpihak kepada masyarakat.

Sekalipun demikian masih banyak batik ala modern yang tidak berkualitas tetapi dijual dengan harga sangat mahal. Bahkan tidak sedikit yang mutu batik memang buruk tetapi disembunyikan dan dinyatakan sebagai batik high class.

Oleh karena itu dibutuhkan tips tertentu ketika ingin membeli batik ala modern. Namun sebelum dijelaskan kiat yang dimaksud, di bawah ini akan dijabarkan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan batik ala modern. Berikut penjelasannya:

Pengertian Batik Modern

Batik Modern adalah pakaian jenis batik yang teknik pembuatannya tidak berdasar pada pakem tertentu. Tidak sama dengan batik tradisional yang di setiap daerah memiliki desain, motif, warna dan corak yang khas.

Teknik pembuatan batik ala modern lebih diarahkan pada desain agar mewakili trademark dari fashion terbaru. Pemasaran batik pun tidak dibuat secara khusus melainkan disebarkan di semua daerah termasuk dimasukkan ke pasar tradisional.

Oleh karena pemasaran yang intensif dibandingkan batik tradisional, batik ala modern lebih mudah dikenali. Bahkan peminatnya pun lintas kalangan tidak hanya orang dewasa dan remaja, anak-anak pun banyak yang menyukainya.

Tips Memilih Batik Modern

Setelah mengetahui pengertian batik ala modern maka berikut akan dijelaskan tips memilih batik kontemporer yang berkualitas tinggi. Paling tidak jika membeli batik menggunakan tips ini calon pembeli tidak tertipu dengan batik yang mudah rusak. Silakan disimak ini tips yang dimaksud:

1. Ketahui Jenis Kain Batik Terlebih Dahulu

Tips yang pertama adalah ketahui terlebih dahulu jenis kain dari batik yang akan dipilih. Jangan malu untuk bertanya tentang kualitas kain apakah luntur, mudah robek, mudah berkerut dan kualitas yang lain.

Lebih bagus lagi jika calon pembeli memiliki pemahaman terkait kain baju batik yang berkualitas. Sehingga tanpa bertanya kepada penjual secara langsung sudah bisa dideteksi apakah batik yang dijual bermutu dan nyaman dipakai atau tidak.

2. Pastikan Ukuran sesuai Dengan Postur Badan

Untuk membeli batik yang modern pastikan ukurannya tepat dan ukuran memang sesuai dengan postur badan calon pembeli. Pasalnya, sebagian besar baju batik modern dibuat dalam bentuk siap pakai yang tentunya si pembeli harus selektif dalam memilih ukuran batik.

Resiko kalau asal memilih ukuran batik ialah akan mendapatkan ukuran yang tidak pas baik karena terlalu longgar atau karena terlalu sempit. Apapun kesalahan ukuran batik yang didapatkan tentu baju yang dipakai justru membuat penampilan semakin buruk.

Karena alasan ini sebelum memulai membeli baju batik tipe modern paskan terlebih dahulu dengan ukuran tubuh. Setelah itu baru mencari penjual yang di dalam stok-nya terdapat baju batik dengan ukuran yang pas tersebut.

3. Memastikan Bahan Pakaian Nyaman Digunakan

Tips memilih batik modern yang selanjutnya adalah memastikan kalau bahan batik nyaman digunakan. Ini juga membutuhkan pemahaman calon pembeli terhadap segala informasi terkait bahan-bahan batik dari semua kualitas.

Tak hanya itu, calon pembeli juga harus mampu membedakan mana bahan batik yang nyaman digunakan dengan yang tidak. Kalau sekiranya nyaman maka silakan batik langsung dibeli sekalipun harganya relatif lebih tinggi.

Tips ini juga mencegah calon pembeli tertipu bahan batik tidak berkualitas tetapi penjual menjual dengan harga mahal. Sebab nantinya akan terjadi penawaran yang a lot atau pembeli bisa berpindah ke penjual lain jika harga batik memang tidak sesuai dengan kualitasnya.

4. Teliti dalam Mencermati Motif Batik

Baju batik kontemporer maupun tradisional mengusung motif beragam sekalipun tidak se-ekslusif motif dari batik kekinian. Tidak dimungkiri pula untuk batik ala modern, kerumitan motif menjadi alasan banderol harga yang ditawarkan penjual.

Semakin rumit motif batik kontemporer maka tentu harganya lebih mahal begitu juga sebaliknya. Maka dari itu, jika ada penjual batik mempertahankan harta mahal silakan periksa terlebih dahulu motif yang dibuat.

Jika terlihat khusus dan khas maka berarti batik tersebut memang bermutu. Harga mahal yang ditawarkan memang sebanding dengan pembuatan motif batik yang membutuhkan kreativitas tinggi.

5. Jangan Tertipu dengan Iming-Iming Harga Batik Murah

Tips memilih batik kekinian yang kelima ialah jangan sampai tertipu dengan iming-iming harga batik yang murah. Sebab, sekalipun hanya batik ala modern, harga juga menjadi cerminan dari sebuah kualitas.

Semakin mahal harga batik, maka kualitasnya juga semakin bagus. Begitu juga sebaliknya, jika batik dijual dengan harga sangat murah maka mutunya patut dipertanyakan.

Jangan sampai calon pembeli terjerat dengan batik yang katanya berkualitas tinggi tetapi dijual dengan harga murah. Apalagi jika disimak sekilas terlihat mutu batik yang tidak begitu bagus. Jika menemukan penjual seperti ini lebih baik pindah ke penjual batik yang lain saja.

6. Pilih Batik yang Kualitas Jahitannya Bagus

Batik modern umumnya digunakan untuk pakaian-pakaian resmi kekinian termasuk acara rapat dan pesta yang diikuti oleh para remaja, mahasiswa dan sebagian orang dewasa.

Tentu tidak lucu jika pas di tengah acara formal batik yang dipakai sobek karena jahitannya lepas atau batik terlihat tidak proporsional karena jahitan yang kurang rapi. Nah untuk mencegah hal tersebut, lebih baik pilih batik kontemporer yang dijahit dengan halus dan rapi.

Batik ala modern dijahit dengan sembarangan bisa saja terjadi. Apalagi salah satu kriteria batik ala kekinian adalah diproduksi dalam jumlah besar sehingga terkadang para penjahitnya teledor yang membuat hasil jahitan tidak berkualitas.

Batik S-128, Toko Batik Modern Online yang Top

Jika tips memilih baju batik modern di atas sudah dipahami, maka selanjutnya silakan memilih penjual batik kontemporer yang berkualitas. Salah satunya adalah Batik S-128 yang tidak hanya melayani calon pembeli batik secara online tetapi juga offline.

Di sini calon pembeli akan mendapatkan batik berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Selain itu, stok batik dibuat untuk semua ukuran dan jika stok kosong biasanya penjual memesan batik yang baru ke supplier saat itu juga agar calon pembeli tidak menunggu lama.

Salah satu kelebihan dari batik milik Batik S-128 adalah produknya lengkap baik batik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Semua batik menggunakan kain yang nyaman digunakan serta dijahit oleh profesional sehingga jahitan lebih halus dan rapi.

Batik S-128, Toko Batik Modern Online yang Amanah

Jika membeli pakaian batik modern di Batik S-12b atau melalui situs www.batik-s128.com pembeli tidak khawatir tertipu penjual batik abal-abal. Pasalnya toko online ini juga menjual batik offline tepatnya berada di JL KH Samanhudi 128 Solo yang masih satu kawasan dengan Kawasan/Kampoeng Batik Laweyan.

Jadi tunggu apa lagi silakan pesan batik modern di toko Batik S-128 saja. Pasti calon pembeli akan puas karena mendapatkan produk baju batik yang berkualitas tinggi.

Continue Reading

Bisnis

Macam-Macam Peralatan Kapal Keselamatan Diri

Published

on

peralatan kapal keselamatan

Kapal menjadi salah satu moda transportasi paling banyak digunakan. Dengan beban yang berat serta penumpang yang cukup banyak, kapal biasanya dilengkapi dengan peralatan kapal keselamatan untuk menunjang keselamatan diri. Tujuannya tidak lain agar mengantisipasi malapetaka atau bahaya.

Sesuai tujuannya alat kapal ini digunakan untuk menyelamatkan diri penumpang dan kru kapal. Jadi ketika ada suatu hal yang salah atau bencana di lautan, kru kapal bisa mengantisipasi sebaik dan secepat mungkin supaya bisa menyelamatkan penumpang dan dirinya sendiri.

Peralatan kapal keselamatan diri itu juga banyak dengan fungsi yang berbeda. Sebagai seorang kru kapal, tentu Anda harus mengenalinya dengan baik. Bagi yang penasaran dan ingin tahu, simak saja daftarnya berikut

Sekoci penyelamatan

Biasanya alat ini berbentuk kapal kecil yang bisa menampung beberapa orang. Fungsinya untuk menyelamatkan sebanyak mungkin orang yang ada di kapal. Selain itu juga untuk memimpin pesawat luput maut yang mungkin melakukan evakuasi setelah bencana.

Umumnya sekoci diletakkan di kanan dan kiri kapal. Namun beberapa kapal juga menyediakannya di bagian atas atau deck sekoci. Kapal yang memuat barang untumnya memiliki peralatan kapal ini sebanyak 2. Hanya saja sekoci untuk kapal lazimnya ada 12 buah.

Life Boats Davits

Peralatan ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan sekoci. Hanya saja ada beberapa perbedaan yang membuatnya lebih diuntungkan dibanding sekoci. Misalnya., perlengkapan kapal ini memiliki berat yang cukup ringan dibanding sekoci.

Karena beratnya tersebut, peralatan kapal keselamatan ini bisa dinaik turunkan dengan mudah. berbeda dengan sekoci yang umumnya memang tidak bisa dinaik turunkan. Meskipun bisa tetap saja membutuhkan waktu yang agak lama.

Pelampung penolong

Peralatan lain yang digunakan untuk keselamatan diri di atas kapal adalah pelampung penolong. Dari namanya saja mungkin Anda sudah tahu fungsi peralatan ini seperti apa. Ya, alat ini dipakai untuk mengapungkan orang yang berada di atas air.

Life buoys atau pelampung penolong ini berbentuk kendaraan beroda empat. Pelampung akan langsung dilemparkan ke laut jika ada orang yang terjatuh ke lautan. Umumnya, peralatan kapal keselamatan ini terbuat dari gabus sehingga mengambang di air.

Jaket penolong

Jaket penghangat menjadi salah satu peralatan di atas kapal yang penting untuk penyelamatan diri. Umumnya jaket ini berbentuk seperti baju. Fungsinya hampir sama dengan pelampung penolong. Hanya saja jaket penolong ini dilengkapi dengan peluit serta terhubung dengan tali.

Tujuannya jika ada orang yang tenggelam di lautan, tali bisa langsung ditarik oleh tim penyelamat. Peralatan kapal untuk keselamatan diri ini juga berwarna mencolok supaya mudah dikenali oleh tim.

Inflatable Liferaft

Peralatan lain yang ada di kapal untuk menyelamatkan diri adalah inflatable liferaft atau rakit penolong. Sesuai namanya, alat penolong ini berbentuk rakit khusus yang digunakan untuk menyelamatkan orang yang tenggelam atau terjatuh ke lautan.

Ada dua tipe inflatable yang bisa ditemui, yakni rakit kaku dan juga rakit maksimal. Fungsinya bisa menjadi pengganti jika sekoci tidak bisa digerakkan ke bawah. Rakit ini dilengkapi dengan penutup selaras sehingga sangat bagus untuk proses penyelamatan korban atau penumpang.

Tali

Peralatan kapal lain yang digunakan adalah tali khusus yang diberi nama line throwing apparatus. Tali ini fungsinya untuk penghubung antara kapal dan juga orang yang akan diselamatkan. Selain itu, tali ini juga bisa digunaka untuk kebutuhan lain di kapal.          

Tali di kapal ini pertama kali digunakan oleh Schermily yang pada saat itu ingin menolong penumpang yang tenggelam ke lautan. Kapal biasanya menyediakan tali dengan panjang sampai 230 meter.

Pyrotechnis

Peralatan kapal keselamatan penumpang lainnya adalah pyrotechrus atau isyarat visual. Peralatan ini juga tidak kalah penting dari yang telah disebutkan di awal. Jadi alat ini digunakan untuk pedoman atau tanda jika ada kapal penolong yang menghampiri.

Isyarat ini biasanya hanya bisa dilihat di siang hari dengan mata telanjang. Bentuknya seperti asap apung. Lantas bagaimana jika malam hari? umumnya ada alat yang bernama obor tangan atauy red hand flare yang diaplikasikan di kapal.

Pesawat luput

Peralatan lain yang digunakan di kapal adalah pesawat luput atau survival craft. Fungsi peralatan kapal ini adalah menjaga kondisi penumpang yang terjatuh ke air tetap sehat. Biasanya berupa alat penghangat badan di dalamnya.

Kapal selalu menydiakan pesawat luput ini untuk berjaga-jaga. Setiap kapal menyediakan jumlah yang berbeda-beda. Hanya saja umumnya antara 100 hingga 300 pesawat luput sesuai jumlah penumpang.

Itu ragam peralatan kapal keselamatan untuk penyelamatan atau keselamatan diri yang paling sering ditemui di kapal. Karena menyangkut nyawa seseorang, sudah pasti alat ini selalu disediakan di atas kapal.                                                                                                                       

Continue Reading

Bisnis

Mencari Penjual Peralatan Kapal Berkualitas

Published

on

peralatan kapal berkualitas

Sedang mencari peralatan kapal berkualitas dan murah dan berkualitas di Indonesia? Tentu saja Anda tidak bisa melupakan kualitas penjualnya juga. Jika penjualnya berkualitas, aman dan sudah memiliki sertifikat resmi, tentu saja kualitas produk yang dihadirkan juga bagus dan menjanjikan.Tentunya Anda juga harus mencari Distributor Alat Kapal yang terpercaya.

Belum lagi ada garansi resmi yang diberikan. Jika ada kerusakan alat kapal yang dibeli selama garansi ini, Anda bisa mengganti produk lama dengan produk yang baru. Hanya saja ada aturan tertentu untuk mengklaim garansi peralatan ini.

Sekarang ini ada banyak penjual peralatan kapal berkualitas yang ada di Indonesia. Di antaranya jual jangkar kapal, jual rantai kapal, jual alat navigasi kapal, jual alat komunikasi kapal dan masih banyak lainnya. Hal ini terkadang membuat pembeli sedikit bingung atau malah ragu.

Wajar jika salah menentukan pilihan penjual, ia sendiri yang akan rugi. Jika ada teman yang sudah pernah beli peralatan untuk kapal mungkin akan lebih mudah karena tinggal tanya dimana ia membeli peralatan tadi. Namun jika tidak ada teman yang sudah pernah membelinya?

Anda harus mencarinya sendiri dengan trik dan tips yang akan kami bahas kali ini. Jadi tidak usah ragu atau takut karena mendapat produk palsu atau tidak berkualitas. Asalkan tahu dan mengikuti tips trik ini, Anda bisa mendapat peralatan kapal yang berkualitas dan murah.

Cari beberapa toko di internet

Langkah awal yang harus dilakukan adalah mencari referensi beberapa nama toko penjual peralatan untuk kapal di internet., Anda bisa mencari dari yang paling dekat dari lokasi tempat tinggal saat itu agar proses transaksinya lebih mudah dilakukan.

Namun jika tidak ada, Anda juga bisa memilih toko yang jual peralatan kapal berkualitas danmurah dari beberapa daerah di sekitar. Biasanya jika lokasi toko tidak terlalu jauh dari daerah tempat tinggal, ada sistem gratis ongkir untuk pembelian alat dengan jumlah tertentu. Manfaatkan saja.

Bagi yang mempunyai teman yang telah sudah pernah membeli peralatan untuk kapal, usahakan ditanya juga dimana ia beli. Tujuannya untuk melakukan survei apakah toko tersebut sesuai dengan yang dicari atau tidak.

Pahami informasi mengenai toko tadi

Setelah menemukan beberapa toko yang telah dipilih tadi, berikutnya Anda harus mencari informasi sebanyak mungkin seputar toko yang dipilih tersebut. Dengan memperbanyak informasi ini tentu saja ada banyak keuntungan. Karena menyangkut keamanan produk.

Adapun beberapa informasi yang harus digali adalah sebagai berikut;

  • Alamat toko yang menjual produk peralatan kapal berkualitas. Pastikan alamatnya masih valid dan bisa dicari di map atau lokasinya. Dengan tahu alamat lengkapnya ini, Anda bisa tahu apakah toko ter sebut terpercaya atau tidak.
  • Setelah mengetahui alamat toko, berikutnya ada atau tidaknya sertifikasi dari toko tadi. Umumnya, toko yang menjual peralatan untuk kapal terpercaya selalu memiliki sertifikasi ini. Tujuannya agar keamanan produk terjamin atau sudah disetujui oleh badan tertentu.
  • Berikutnya, Anda juga harus tahu produk apa saja yang disediakan dari toko tersebut. Tentunya Anda harus memastikan jika peralatan untuk kapal yang dicari disediakan di toko tadi. Supaya Anda tidak bingung atau kesulitan untuk mencarinya.
  • Survei harga

Jangan lupa untuk survei harga sebelum beli perlengkapan kapal di toko yang akan dijadikan suppliyer. Ingat, pastikan jika harganya tidak terlalu mahal di pasaran. Anda bisa membandingkan dengan beberapa toko yang sudah didapat tadi.

Sebenarnya tidak masalah jika membeli di toko yang mencantumkan harga cukup mahal. Hanya saja pastikan jika kualitas peralatan yang disediakan benar-benar asli dan aman. supaya nanti uang yang dikeluarkan tidak sia-sia begitu saja.

Kualitas produk jangan sampai lupa dilihat

Cara ini cocok untuk Anda yang ingin membeli peralatan kapal murah dan langsung pergi ke lokasi. Dengan demikian pastinya bisa tahu kualitas produk yang ditawarkan tadi. Apakah bagus kualitasnya atau malah sebaliknya. Ingat, kualitas peralatan ini menentukan aspek di kapal.

Misal saja aspek keselamatan untuk ABK, penumpang, aspek navigasi, aspek operasional hingga aspek komunikasi. Wajar jika produk yang dibeli harus benar-benar bagus dan kualitasnya terjamin supaya tidak kecewa saat digunakan.

Sistem pembayaran

Sistem untuk pembayaran produk peralatan kapal berkualitas juga penting untuk diperhatikan. Umumnya setiap toko mempunyai metode pembayaran yang berbeda., jika lokasinya dekat mungkin COD atau bayar di tempat adalah pilihan yang tepat.

Namun yang tokonya jauh dari lokasi tempat tinggal, mungkin Anda bisa mencoba dengan menggunakan marketplace seperti Shopee, Lazada atau sebagainya agar lebih aman. ingat, pastikan membeli produk yang nyata tidak goib.

Penjual peralatan kapal di Indonesia itu sangat banyak. Sebelum membeli sudah sewajarnya jika Anda meneliti dan memperhatikan beberapa aspek terlebih dahulu. Semoga dengan info di atas, Anda bisa mendapat produk yang berkualitas.

Continue Reading

Bisnis

Peralatan Komunikasi Kapal Untuk Berlayar

Published

on

peralatan komunikasi kapal

Kondisi laut tidak selamanya bagus. Kadang kalanya badai menerjang kapal sehingga ada sedikit kecemasan tentunya. Belum lagi kapal juga ada resiko tertabrak karang atau bahkan dibajak penjahat. Untuk menjaga kondisi kapal tetap kondusif, peralatan komunikasi kapal selalu disediakan.

Dengan bantuan perlengkapan kapal ini, kapal bisa berjalan sesuai arah dengan aman dan nyaman. Alat kapal juga sangat banyak. Contohnya seperti alat komunikasi. Sesuai namanya, alat komunikasi ini digunakan untuk berbicara atau berkomunikasi.

Biasanya alat komunikasi ini digunakan untuk menjaga hubungan antar kapal atau juga dengan pusat. Jadi saat ada kondisi genting atau darurat, berbagai alat komunikasi kapal inilah yang nantinya akan digunakan.

Ada banyak peralatan komunikasi kapal yang digunakan. Meskipun alat ini digunakan untuk komunikasi, tapi tetap saja ada beberapa alat yang berbeda fungsi dan bentuk. Tidak heran Anda harus mengenalinya sebaik mungkin jika kelak mau menjadi pelayar. Berikut alatnya

Telegraf

Telegraf menjadi alat yang sudah populer sejak dulu, lebih tepatnya 1840-an. Cara kerja alat ini tidak sulit karena hanya mentranmisikan informasi dari penyalur memakai kode morse. Selanjutnya akan dialirkan lewat kawat menuju penerima.

Dari sini sudah pasti jika awak kapal harus paham kode morse supaya bisa menerjemahkan isi pesan. Dengan adanya peralatan kapal ini, pesan impuls listrik tetap bisa tersampikan meskipun jaraknya tidak berdekatan.

VHF Radio

Di kapal, peralatan komunikasi yang satu ini sangat penting untuk digunakan. Khususnya saat kapal berada di kondisi gawat atau darurat. VHF ini umumnya dipantau oleh coast guard hingga 24 jam non stop.

Semua kapal yang ingin terhubung dengan peralatan komunikasi kapal ini harus stand by di channel 13 dan 16. Dengan begitu setiap kapal bisa tahu jika ada pemberitahuan peringatan keselamatan maupun pemberitahuan darurat lainnya.

Hand held VHF Radio

Bagi yang pernah menjadi awal kapal atau pernah naik kapal, mungkin peralatan ini sudah sering ditemui. Alat yang juga akrab dengan nama HT ini memiliki fungsi yang sama dengan telpon nirkabel yang sering ditemui di rumah-rumah.

Peralatan kapal ini bentuknya cukup kecil sehingga bisa dipakai di mana saja dan mudah dibawa. meskipun begitu, alat kapal ini memiliki radius yang tidak terlalu luas karena hanya 5 mil saja. Tidak heran karena dayanya cukup rendah dengan antena yang tergolong pendek juga.

Telepon satelit

Telepon satelit memang cocok digunakan awal kapal yang setiap harinya berada di lokasi non sinyal GSM. Dilihat dari segi daya jangkau juga tergolong lebih unggul karena adanya base transceiver station di peralatan kapal untuk komunikasi ini.

Supaya selalu lancar untuk melakukan komunikasi, tentu saja antena telepon satelit harus terhubung dengan langit tanpa ada penghalang sedikitpun. inilah yang membuat telepon satelit memang menjadi alat komunikasi terbaik di lautan.

Marine VHF Radio

Marine VHF Radio juga menjadi alat komunikasi lain yang digunakan di atas kapal. Peralatan kapal ini sangat cocok digunakan di kondisi genting sekalipun. Tidak heran jika setiap kapal harus ada 2 marine VHF Radio di dalamnya.

Tujuannya tidak lain supaya tetap stand by di 2 channel penting, yakni 13 dan juga 16. Channel 16 digunakan untuk panggilan SOS/darurat. Sedangkan channel 13 dipakai untuk komunikasi antar kapal.

Family Radio Service Radio

Alat komunikasi untuk kapal ini adalah jenis peralatan kapal pribadi. Maksudnya, alat ini digunakan untuk semua awak. Keberadaanya sangat membantu jika kapal sudah menepi di darat untuk komunikasi. Sayangnya komunikasinya juga belum ada lisensi jadi masih sangat terbatas.

Alat ini juga bisa digunakan untuk berkomunikasi di atas dek kapal. Meskipun begitu masih sangat terjangkau. Pasalnya rentang sambungan hanya 1 sampai 2 kilometer saja. Namun alat ini menjadi alat terbaik jika mau berkomunikasi antar awak kapal yang ada di kapal yang sama.

Single Side Band

Peralatan komunikasi kapal untuk komunikasi terakhir yang paling sering dipakai adalah Single Side Band. Sistem operasi peralatan ini berada di frekuensi tinggi dan juga menengah. Peralatan komunikasi ini bisa dipakai untuk berkomunikasi antar kapal yang jaraknya lebih dari 25 km.

Meskipun begitu juga menyesuaikan ketinggian antena serta kondisi atmosfer pada saat itu. Beda dengan VHF, alat komunikasi ini membutuhkan ground yang besar supaya dapat memancarkan signal yang bagus. Saat ini pelaut lebih sering memakai VHF dan marine VHF dibanding ini.

Itu peralatan komunikasi kapal untuk komunikasi yang sering digunakan di atas kapal. Berada di atas kapal saat perjalanan tentu sangat penting menjalin komunikasi. Jika terjadi sesuatu di atas kapal akan lebih mudah untuk meminta bantuan. Tentu saja dengan peralatan komunikasi di atas.

Continue Reading

Bisnis

Peralatan Kapal Laut yang Wajib Dikenali

Published

on

peralatan kapal laut

Transportasi di Indonesia sangatlah beragam jenisnya. Secara umum, transportasi dibagi menjadi 3, yakni transportasi darat, laut dan udara. Kapal adalah mode transportasi laut yang cukup populer digunakan. Di artikel ini, kita akan membahas seputar kapal dan juga peralatan kapal laut.

Bagi yang ingin menyeberang laut, biasanya kapal menjadi pilihan transportasi yang banyak dipilih. Selain tergolong murah, sekarang ini juga banyak pelabuhan yang menghubungkan antar pulau sehingga lebih cepat dan mudah.

Pengertian Seputar Kapal Menurut Berbagai Sumber

Sebelum membahas mengenai pengertian peralatan kapal laut, tentu saja Anda harus tahu apa itu kapal terlebih dahulu supaya lebih paham nantinya. Pengertian kapal sudah dijelaskan di berbagai sumber. Adapun pengertiannya sebagai berikut

Menurut KUHD pasal 309 ayat 1

Kapal merupakan semua alat untuk berlayar, apapun nama dan sifatnya. Termasuk didalamnya kapal selam, kapal karam, mesin penggeruk lumpur, alat pengangkut terapung dan lainnya. Meskipun alat-alat ini tidak bisa bergerak sendiri, tapi tetap digolongkan ke alat berlayar.

Mengingat semua benda tersebut bisa mengapung dan bergerak di air. Didalamnya juga ada peralatan kapal untuk menunjang kinerja kapal tersebut.

Menurut Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008

Kapal menjadi kendaraan air dengan jenis dan bentuk tertentu yang digerakkan dengan bantuan angin, ditarik, ditunda serta menggunakan energi lainnya. termasuk didalamnya kendaraan yang menggunakan dukungan dinamis.

Kendaraan di bawah permukaan air serta alat apung dan bangunan terapung yang tidak dapat dipindahkan. Di dalamnya juga terdapat beberapa peralatan kapal yang digunakan untuk sistem kerja kapal tersebut.

Menurut Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004

Kapal merupakan perahu, alat apung atau kapal yang fungsinya untuk menangkap ikan, mengangkut ikan, serta mengelola ikan dan juga melakukan penelitian seputar perikanan.

Setiap kapal yang digunakan untuk berlayar atau untuk transportasi antar pulau harus memenuhi syarat kelaik lautan supaya keselamatan terjamin. Adapun kelaik kapal antara lain sebagai berikut:

  1. Adanya peralatan kapal laut keselamatan
  2. Pencegahan pencemaran air
  3. Pengawakan
  4. Pemuatan
  5. Kesejahteraan awak kapal
  6. Kesehatan penumpang
  7. Manajemen keselamatan perkapalan
  8. Dan masih ada beberapa lainnya

Mengenal Apa Itu Peralatan Kapal Dan Jenisnya

Yang dimaksud peralatan kapal di sini adalah semua benda yang bukan bagian kapal itu sendiri. Namun tetap dibutuhkan dan dipakai di kapal untuk selamanya. Kapal yang baik harus memiliki peralatan untuk menunjang keselamatan serta mengoperasionalkan kapal dengan baik.

Peralatan untuk kapal juga harus memenuhi standar yang sudah ditetapkan oleh IMO ataupun Biro Klasifikasi serta sudah diuji sebelum digunakan di atas kapal. Meskipun agak ribet, penggunaan peralatan ini digunakan untuk keselamatan para awak serta penumpang kapal.

Berdasarkan fungsinya, standar peralatan kapal dibagi menjadi dua jenis, yakni:

  1. Peralatan yang digunakan untuk menunjang keselamatan penumpang ketika terjadi kondisi darurat atau kebakaran
  2. Peralatan yang digunakan untuk melayani atau ketika jam operasional kapal supaya berjalan dengan aman dan lancar

Ada banyak contoh peralatan yang digunakan di kapal. Setiap perlengkapan ini masih dibagi menjadi beberapa jenis lagi. Misalnya peralatan untuk keselamatan penumpang dibagi menjadi beberapa. Misalnya seperti sekoji, penolong, dewi-dewi, pelampung dan beberapa lainnya.

Nah, untuk peralatan kapal operasional diurakan lagi menjadi beberapa bagian seperti;

  1. Untuk keperluan berlabuh di dermaga, kapal harus memiliki jangkar, perlengkapan kapal tambahan seperti rantai jangkar, mesin jangkar, bak jangkar atau beberapa aksesoris lainnya.
  2. Untuk operasional bongkat muatan ketika sudah di dermaga, kapal harus memiliki poeralatan yang bisa menunjang proses tersebut. Peralatan yang digunakan seperti alat angkat, sistem buka tutup palka dan contoh peralatan lainnya
  3. Sistem operasional navigasi maupun komunikasi merupakan peralatan kapal laut yang digunakan untuk mengatur arah serta komunikasi di atas kapal supaya perjalanan lebih aman dan nyaman di lautan
  4. Peralatan yang digunakan untuk melayani mesin supaya tetap sehat seperti bahan bakar, sistem pelumas, sistem air tawar, sistem perpipaan dan masih banyak peralatan tambahan lainnya.
  5. Jendela, pintu serta tangga juga menjadi peralatan lain yang bisa digunakan untuk keselamatan penumpang. Termasuk di dalamnya seperti pintu kedap air yang fungsinya untuk mencegah air supaya tidak masuk ke ruangan tertentu.
  6. Peralatan kapal yang digunakan untuk pelayanan ABK ataupun penumpang seperti sistem sanitrasi untuk kebutuhan air saat mandi, cuci serta keperluan lain yang ada di dapur
  7. Peralatan kemudi yang digunakan untuk menentukan serta mengatur arah haluan serta maneuver kapal. Selain itu juga untuk memberi keseimbangan kapal di putaran maupun arah gerak lurus dari kapal.

Peralatan kapal meskipun tergolong sederhana tetap saja dibutuhkan untuk menunjang kapal hingga berlayar sampai tujuan. Tidak heran tanpa adanya peralatan yang lengkap, kapal kurang aman dan nyaman untuk dikendarai.

Continue Reading

Bisnis

Peralatan Kapal Navigasi Beserta Fungsinya

Published

on

peralatan kapal navigasi

Sekarang ini perwira kapal sudah dilengkapi dengan berbagai peralatan navigasi sehingga pekerjaannya menjadi lebih mudah. Tinggal memahami peralatan kapal navigasi dan fungsinya saja. Setelah itu kapal sudah bisa berlayar dengan sistem navigasi yang lebih menjanjikan.

Hal ini tambah menarik karena kini para pelaut juga dilatih untuk mengetahui cara pengoperasian berbagai alat modern Alhasil pelayaran menjadi lebih aman dan lancar. Jadi dengan fasilitas navigasi diharapkan mampu memberi data akurat saat pelayaran dilakukan.

Karena navigasi menjadi bagian penting kapal, tidak heran jika ada banyak alat kapal navigasi yang ada. Jadi seorang pelaut sebaik mungkin harus memahami peralatan navigasi ini supaya bisa menggunakannya dengan baik. Apa saja alat navigasinya? Berikut daftarnya

Gyro Compass

Alat navigasi ini dipakai untuk menemukan arah atau haluan yang tepat. Berbeda dengan kompas magnetik, kompas gyro tidak akan  terhambat oleh adanya medan magnet luar. Jadi alat ini sangat akurat untuk menemukan posisi utama yang benar.

Sistem repearternya juga tidak kalah canggih karena ada semacam platform kemudi sehingga membuat kemudia bisa berjalan dengan baik. Kemudi ini juga sangat diperlukan ketika masa darurat supaya tetap aman.

Radar

Peralatan kapal navigasi berikutnya adalah radar. Dari namanya saja mungkin banyak yang sudah paham seperti apa fungsinya. Radar yang dipakai biasanya jenis S-band dan frekuensi Xband. Dengan bantuan radar ini biasanya sangat membantu untuk mendeteksi targhet dan menampilkan informasi yang detail.

Contohnya seperti jarak antar kapal, jarak kapal dengan benda mengambang atau sebagainya. Radar ini berbentuk seperti antena berputar yang bisa menemukan berbagai benda di sekitar kapal.

Kompas magnetik

Kompas magnetik di kapal nantinya akan bekerja sama dengan medan magnet bumi untuk menunjukkan arah yang akurat. Peralatan kapal navigasi ini biasanya dijadikan sebagai haluan voyage ketika berlayar. Umumnya alat ini akan dipasang di garis tengah kapal, tempatnya di atas deck anjungan.

Jadi kompas tipe transmisi magnetik ini dipasang dengan harapan agar output kapal bisa menampilkan data di panel anjungan kapal. Dengan begitu penyajian informasi menjadi lebih transparan dan mudah dibaca.

  • Auto Pilot

Umumnya, bagian anjungan kapal akan dipenuhi dengan berbagai peralatan dan alat untuk navigasi kapal. Auto pilot menjadi salah satu peralatan kapal laut di anjungan yang efektif karena membantu perwira deck untuk mengendalikan dan menjaga kemudi kapal dengan baik.

Dengan bantuan alat kapal ini nantinya kapal mampu menjaga kemudi supaya tetap auto pilot. Dengan begitu perwira dan jajarannya bisa fokus kepada aspek operasi yang lebih luas. Sesuai namanya, auto pilot memungkinkan kemudi bisa berjalan otomatis.

  • ARPA

Fungsi peralatan kapal ini hampir sama dengan alat radar yang sudah dibahas sebelumnya. Jadi alat bantu radar otomatis ini akan menampilkan posisi kapal serta kapal lain yang ada di sekitar. Perlengkapan kapal ini secara konstan memantau bagian kapal dan menangkap target di sekitarnya.

Targetnya berupa vektor yang nanti ditampilkan di layar tampilan dan terus memperbarui parameter dengan putaran antena didalamnya. Antena ini tidak akan berhenti hingga alat dinonaktifkan.

Automatic Tracking Aid

Hampir mirip dengan ARPA, automatic tracking aid ini menampilkan berbagai informasi penting tentang target yang dilacak oleh alat. Yang membedakan peralatan kapal navigasi ini adalah tampilannya yang berupa numberik ataupun grafik khusus.

Alat ini digunakan untuk melihat haluan apa saja yang bisa menganggu perjalanan kapal. Dengan begitu kapal tidak akan terbentur atau tertabrak oleh halangan tersebut.

Echo Sounder

Meskipun banyak peralatan kapal modern untuk menunjang navigasi kapal, tapi tetap ada beberapa alat lawas yang masih digunakan hingga sekarang. Contohnya seperti echo sounder yang memang telah digunakan sejak 100 tahun lalu.

Jadi alat navigasi ini dipakai untuk mengukur kedalaman laut memakai gelombang suara yang telah bekerja dengan sistem tranmisi gelombang suara serta audio pulsa yang akan memantul kembali.

ECDIS

Peralatan navigasi kapal berikutnya adalah Electronic Chart Display Information System atau ECDIS. Ini adalah pengembangan sistem peta navigasi yang sering dipakai di kapal angkatan laut dan juga kapal niaga.

Selain itu, ECDIS juga termasuk peralatan kapal tanker yang sangat dihandalkan peranannya. Dengan peralatan yang memakai sistem navigasi elektronik ini, perwira kapal bisa mudah menentukan lokasi serta mendapat petunjuk arah dengan lebih mudah.

Tidak heran jika alat ini sangat penting untuk digunakan. Peralatan kapal memang menjadi hal penting untuk ada di atas kapal. Dengan alat kapal yang memadai, pelayaran bisa aman dan nyaman.

Kini ada banyak alat kapal modern dengan teknologi canggih yang membuat kapal menjadi lebih menarik dan aman. Berbagai alat tadi dikelompokkan menjadi beberapa jenis, salah satunya peralatan navigasi yang kita bahas ini

Continue Reading

Bisnis

Kapal Perikanan dan Perlengkapan Penting Untuk Kapal

Published

on

kapal perikanan

Disaat membahas kapal laut, terdapat banyak bentuk serta macam kapal. Dari kapal pesiar sampai kapal barang, berbeda beda kapal ini memiliki fungsi fungsi yang berbeda pula. Salah satu kapal yang juga sering dapat ditemui di lautan dan sering beroperasi adalah kapal perikanan. Kapal perikanan merupakan kapal yang digunakan untuk melakukan penangkapan ikan. Selain menjadi kapal untuk menangkap ikan, kapal perikanan juga mendukung operasi penangkapan ikan. Selain kedua tujuan ini, ada tujuan lain dari kapal perikanan. Diantaranya adalah pembudidayaan ikan. Selain itu, pengangkutan, pengolahan dan penelitian ataupun eksplorasi perikanan juga menjadi tujuan yang dapat ditunjang dengan adanya kapal perikanan.

Kategori kapal perikanan

Ada banyak kategori dari kapal perikanan. Di Indonesia khususnya, kapal perikanan dapat dibagi menjadi lima kategori. Yang pertama ialah kapal penangkap ikan yang secara khusus digunakan untuk menangkap ikan. Hal itu juga mencakup menampung, menyimpan, mendinginkan serta mengawetkan ikan. Kedua adalah kapal perikanan yang digunakan khusus untuk mengangkut ikan. Kapal ini digunakan khusus untuk mengangkut ikan yang telah ditangkap.

Sama seperti kapal penangkap ikan, di kapal pengangkut ikan juga berusaha untuk menampung, menyimpan, mendinginkan dan mengawetkan ikan. Ketiga adalah kapal latih perikanan. Kapal ini digunakan secara khusus untuk praktek kelautan. Hal ini mencakup navigasi, penangkapan ikan dan penanganan hasil ikan tangkapan. Keemat adalah kapal penelitian. Kapal ini khusus digunakan untuk melakukan eksplorasi perikanan. Disini, dilakukan kegiatan penelitian terhadap raga mikan serta ketersediaan sumber daya ikan. Selain itu, penelitian terhadap oceanografi juga dilakukan melalui kapal ini. Yang terakhir adalah kapal pendukung operasi penangkapan ikan. Kapal ini digunakan untuk membantu menangkap ikan.

Karena ini, terdapat pula banyak jenis jenis kapal penangkap ikan. Berbeda beda jenis kapal penangkap ikan akan berbeda dalam situasi digunakannya. Jenis kapal penangkap ikan pertama adalah kapal pukat cincin. Kapal ini merupakan jenis kapal yang paling efektif untuk menangkap sekumpulan ikan yang berada dekat di permukaan air.

Sebagai sarana pengamatan ikan, terdapat tempat jala di tiang utama kapal tersebut. Pada kapal pukat cincin berukuran besar terdapat fasilitas bangunan pengamatan serta helipad. Pada umumnya, kapal pukat cincin menggunakan tenaga manusia sebagai penggerak. Ini biasanya di penuhi oleh awak kapal yang berjumlah 20-35 orang. Kapal pukat cincin memiliki kapasitas muatan 30-600 tonase kotor atau gross tonnage.

Kapal Trawler

Jenis kapal perikanan lainnya ialah kapal pukat hela. Kapal ini memiliki nama lain yaitu trawler. Kapal ini didesain sedemikian rupa untuk menarik pukat hela di belakang kapal. Pada umumnya, kapal jenis pukat hela ini memiliki geladak kerja di buritan. Geledak kerja ini digunakan untuk mengoperasikan kapal puket hela samping (side trawl). Kapal pukat hela belakang (stern trawl) beserta kapal pukat hela samping dapat digunakan untuk mengoperasikan trawl dasar, pertengahan dan permukaan. Ikan yang ditangkap ada yang langsung ditangai di atas deck dan untuk kapal pukat hela yang berukuran besar di lakukan di bawah deck. Kapal jenis ini mampu memuat hingga 200 Ton. Kapal ini dilengkapi pula dengan slip way dan roller di buritan.

Selain itu, terdapat juga kapal ikan jenis kapal jarring angkat. Kapal ini didesain dan dilengkapi peralatan yang bertujuan untuk menggunakan jaring berukuran besar. Peralatan ini ditata di geledak untuk menarik-turunkan jaring di lambung kanan dan lambung kiri kapal secara bergantian. Kapal ini juga dilengkapi dengan lampu-lampu penarik perhatian ikan. Lampu ini juga dikenal sebagai underwater fishing lamp.

Alat alat dalam kapal perikanan

Kapal kapal perikanan ini juga dilengkapi dengan perlengkapan kapal yang membantu dalam penangkapan ikan. Alat alat ini juga dikenal sebagai Alat Bantu Penangkapan Ikan atau ABPI. Ada banyak jenis dari alat bantu penangkapan ikan. Diantaranya adalah rumpon. Rumpon merupakan alat bantu untuk mengumpulkan ikan dengan menggunakan berbagai bentuk dan jenis pemikat atau atraktor. Pemikat atau atraktor ini kemudia digunakan pada benda padat.

Nantinya, ini akan memikat ikan agar berkumpul. Alat ini terdiri dari rumpon hanyut dan rumpon menetap. Rumpon hanyut merupakan rumpon yang ditempatkan tidak menetap. Rumpon ini juga tidak dilengkapi dengan jangkar dan hanyut mengikuti arah arus. Di sisi lain, rumpon menetap merupakan rumpon yang ditempatkan secara menetap dengan menggunakan jangkar atau pemberat. Rumpon ini terdiri pula dari rumpon permukaan dan rumpon dasar.

GPS

Selain rumpon, terdapat juga GPS atau Global Positioning System. Alat navigasi ini juga merupakan alat yang sangat membantu dalam penangkapan ikan. GPS atau Global Positioning System ini menggunakan 24 satelit. Satelit ini kemudian mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan. GPS ini nantinya membantu kapal perikanan untuk menentukan posisi, kecepatan, arah dan waktu.

Setelah GPS, terdapat alat lainnya yaitu sonar. Sonar merupakan singkatan dari Bahasa Inggris yakni sound navigation and ranging. Hal ini merupakan penjarak dan navigasi suara. Sonar menggunakan penjalaran suara dalam air untuk navigasi atau mendeteksi kapal yang berada di perairan. Sonar digunakan oleh kapal perikanan untuk menentukan lokasi obyek dibawah laut – termasuk kumpulan ikan. Hal ini nantinya akan mempermudah nelayan untuk menentukan keberadaan ikan serta menangkapnya.

Yang terakhir dan yang paling lazim ditemui pada kapal perikanan adalah jaring lingkar. Jaring lingkar juga dikenal dengan sebutan surrounding nets. Jaring lingkar merupakan alat penangkapan ikan yang mempunyai prinsip penangkapan dengan cara melingkari gerombolan ikan. Gerombolan ini nantinya di jaring kemudian akan terperangkap dalam jaring lingkar tersebut. Pada umumnya, alat ini berbentuk empat persegi panjang. Alat ini kemudia dilewatkan melalui cincin yang diikatkan pada bagian bawah jaring. Dengan menarik tali kerucut bagian bawah ini, jaring dapat dikuncupkan. Jaring lingkar tersebut kemudian akan berbentuk seperti sebuah “mangkuk”.

Continue Reading

Bisnis

Sistem Navigasi Kapal Laut Penting Untuk Dimiliki Kapal

Published

on

sistem navigasi

Sistem navigasi merupakan salah satu hal terpenting dalam transportasi baik itu udara, darat maupun laut. Sistem navigasi bertujuan untuk memberi arah dan mempermudah manusia untuk mencari arah ke suatu tujuan. Seperti pesawat sebagai contohnya, pilot dapat dengan mudah menerbangkan pesawat ke tujuannya berkat adanya sistem navigasi dalam bentuk radar. Termasuk juga pada kapal laut yang berlayar mengarungi lautan, navigasi sangatlah penting agar nahkoda dapat mengarahkan kapal tepat pada tujuannya. Sistem navigasi menjadi salah satu perlengkapan kapal yang menopang mulusnya perjalanan kapal laut.

Sejarah sistem navigasi

Peradaban barat yang pertama kali menggunakan konsep dari sistem navigasi adalah orang orang Fenisia. Sekitar 4,000 tahun yang lalu, nelayan dan pelaut dari Fenisia berhasil menerapkan sistem navigasi laut. Mereka menggunakan grafik grafik primitive serta observasi terhadap matahari dan bintang bintang untuk menentukan arah. Walaupun begitu, butuh waktu berabad abad agar sistem navigasi laut dapat maju. Pada abad ke 15, perlayaran yang dilakukan dalam laut lepas dibatasi.

Hal ini dikarenakan adanya beberapa arus angin serta gelombang yang belum dapat diprediksi karena minimnya teknologi pada zaman dahulu. Pada tahun 1735, John Hadley, pelaut asal Inggris, menemukan chronometer. Chronometer ia temukan dengan membuat satu dari empat jam dengan keakuratan tinggi yang menampilkan waktu home port. Selain itu, chronometer dapat menentukan garis latitude melalui perbedaan waktu.

Pada tahun 1941, kemajuan dalam sistem navigasi laut mulai menunjukkan kemajuan yang pesat. Ditahun yang sama, Siegefried Reisch, peneliti asal Jerman, mengenmbangkan prinsip Inertial Navigation. Inertial Navigation sendiri menghitung perubahan lokasi relative berdasarkan akselerasi. Pada tahun 1978, satelit GPS pertama dimulai. Mulanya, Departemen Pertahanan dari Amerika Serikat memulai proyek ”NAVSTAR” untuk keperluan militer. Proyek inilah yang kemudian menjadi cikal bakal dari GPS (Global Positioning System).

Pada tahun 1983, GPS mulai dipergunakan untuk sipil – termasuk digunakan pada perlayaran kapal laut. Pada tahun 1990, sistem navigasi mobile dimulai oleh Mitsubishi dan Pioneer secara terpisah. Mereka memperkenalkan navigasi GPS pertama yang digunakan pada mobil. Pada tahun 2001, proyek “GALILEO” dimulai oleh Uni Eropa. Ini merupakan proyek pembuatan navigasi satelit. Satelit ini kemudian akan membantu GPS. Dan sekarang, zaman semakin canggih, maka sistem navigasi semakin maju.

Keuntungan sistem navigasi

Sistem navigasi merupakan alat kapal yang sangat penting untuk perlayaran kapal laut. Hal ini mempermudah nahkoda untuk mengarahkan kapal ke tujuan. Selain itu, sistem navigasi mencegah terjadinya salah jalan atau tersasar ke tempat yang bahkan tidak diketahui oleh nahkoda. Sebab disaat berlayar, kapal akan berada di laut yang sangat luas dan lepas. Di saat itulah sistem navigasi akan sangat membantu perlayaran kapal laut agar tepat sampai tujuan. Sekarang, dengan kemajuan teknologi ,terdapat banyak alat navigasi yang canggih pada kapal laut. Terlebih lagi, pekerja serta nahkoda kapal laut mulai gencar dilatih untuk mengetahui fungsi dan cara mengoperasikan alat navigasi kapal. Hal ini tentunya akan menjadi perlayaran di laut lebih lancar dan aman.

Kompas gyro

Alat navigasi kapal pertama adalah Gyro Compass atau Kompas Gyro. Kompas gyro merupakan alat navigasi yang digunakan untuk menemukan arah atau haluan yang benar. Lain halnya dengan kompas magnetik, kompas gyro tidak menggunakan magnet dan tak juga terhambat oleh medan magnet luar. Ini digunakan untuk menemukan posisi utara yang benar, yang juga merupakan poros rotasi bumi. Ini berguna untuk menyediakan sumber arah yang stabil dan tidak berganti ganti. Sistem repeater dari kompas gyro ini harus memiliki platform kemudi jika sewaktu waktu situasi darurat terjadi.

Selain kompas gyro, terdapat alat lain yakni radar. Radar merupakan salah satu alat navigasi yang sudah diketahui secara umum. Radar juga sering dijumpai dalam transportasi lain seperti pesawat. Namun, cara kerja radar di kapal laut sedikit berbeda. Kapal laut bergantung pada S-band dan sistem radiasi frekuensi X-band untuk navigasi. Ini dikarenakan kemudahannya dalam mendeteksi target.

Selain itu, radar juga dapat menampilkan informasi di layar seperti jarak kapal dari darat, benda mengambang dan kapal lain. Ini dapat berguna bagi nahkoda untuk mengontrol kapal laut agar tidak terkena rintangan seperti batu ataupun gunung es. Selain itu, radar juga meningkatkan tingkat keamanan dengan mendeteksi kapal yang mungkin asing. Hal ini dapat digunakan untuk mempersiapkan diri dan menghindari bajak laut yang berkeliaran.

Kompas magnetik

Alat navigasi kapal laut lain adalah kompas magnetik. Alat ini menggunakan medan magnet bumi untuk menunjukkan arah. Kompas magnetik digunakan untuk mendapatkan haluan yang direncakan untuk suatu pelayaran. Kompas magnetik biasanya dipasang di garis tengah kapal, tepatnya diatas deck anjungan.

Auto pilot dan ARPA

Ada juga alat navigasi lain yaitu Auto Pilot. Auto pilot dianggap sebagai salah satu alat navigasi paling efektif karena membantu nahkoda dalam mengendalikan kapal. Terlebih, kapal juga dapat mengarahkan dirinya sendiri ke tujuan yang telah ditentukan. Auto pilot biasanya digunakan disaat kapal berkonsentrasi pada aspek operasi yang luas.

Alat navigasi terakhir yang tedapat pada kapal adalah ARPA (Automatic Radar Plotting Aid). Dalam Bahasa Indonesia alat ini juga dikenal sebagai Alat Bantu Radar Otomatis. Alat ini menampilkan posisi kapal dan kapal lain yang ada disekitarnya. ARPA menampilkan posisi kapal di sekitarnya dan memilih jalur paling aman sehingga menghindari tabrakan. Peralatan navigasi ini secara konstan memantau sekeliling kapal. Secara otomatis, ia juga memperoleh jumlah target (kapal, perahu, kapal yang tidak bergerak ataupun benda apung). Setelah itu, alat ini memplot kecepatan dan haluannya masing masing. Alat ini merupakan salah satu alat navigasi kapal laut tercanggih.

Perlu diketahui bahwa masih banyak alat alat navigasi kapal laut diluar sana. Yang dicantumkan dalam artikel adalah alat alat yang pada umumnya sering dipakai di kapal secara general.

Continue Reading
Advertisement

Trending