Cara Belajar Internet Marketing

0
484

Kini internet berkembang semakin pesat, terutama dalam dunia bisnis membantu mendatangkan berbagai keuntungan dan pelanggan. Teknologi yang canggih mempermudah penjualan, komunikasi antar penjual dan pembeli, iklan, pembayaran, hingga marketing. Salah satu penentu suksesnya bisnis adalah marketing yang digunakan. Berikut ini cara belajar internet marketing agar bisnis sukses, ternyata langkahnya mudah!

Bagi sebagian besar masyarakat telah beralih ke belanja online karena dianggap lebih menguntungkan. Selain itu, tidak perlu repot pergi ke toko. Pemilik bisnis harus bersaing dengan kompetitor lain agar toko online lebih dikenal dan memiliki brand awareness sendiri. Ayo simak ulasan berikut ini!

Ikuti Cara Belajar Internet Marketing

Mempelajari Internet Marketing Sangat Luas
Mempelajari Internet Marketing Sangat Luas (cpssoft.com)

Internet marketing dapat dikatakan sebagai metode pemasaran paling inovatif dan efektif. Bisnis yang sudah go online wajib mengaplikasikan cara belajar internet marketing. Tidak memakan waktu yang lama untuk menjadi marketer kekinian yang handal. Jadi, coba lakukan langkah-langkah seperti yang dijelaskan berikut.

1. Lakukan Riset Produk

Kunci utama saat memasuki dunia internet marketing adalah riset produk. Pahami apa yang diinginkan pasar, bukan apa yang diinginkan bisnis mu. Misalnya, menjual produk yang lagi tren dan dibutuhkan orang banyak. Kemungkinan besar produk kamu akan memperoleh banyak permintaan, bahkan bisa membludak.

Cara melakukan riset produk dimulai dari langkah termudah yakni melihat dari marketplace di Indonesia. Cari apa saja produk best seller yang paling banyak diminati masyarakat dan angka penjualan tinggi. Disamping itu, lakukan riset produk dengan memanfaatkan Google Trends. Step by step menggunakan Google Trends sebagai berikut:

  • Pertama buka Google Trends, dan pastikan telah login menggunakan akun gmail.
  • Ketik pada kotak pencarian, masukkan kata kunci produk, misalnya “sepatu futsal” dan tekan enter.
  • Selesai, Google  Trends akan menunjukkan grafik pencarian tentang “sepatu futsal”.
  • Amati grafik tersebut, apabila stabil artinya banyak orang mencari sepatu futsal melalui mesin pencarian Google.

2. Riset Persaingan

Setelah menentukan produk apa yang ingin dijual, wajib melakukan riset persaingan pasar. Supaya kamu bisa tahu siapa saja kompetitor yang akan dihadapi. Hal ini juga dapat membantu kamu ketika terlibat dalam persaingan bisnis. Riset persaingan juga digunakan untuk menentukan harga.

Rekomendasi terbaik dengan menerapkan sistem Leader Pricing. Maksudnya menentukan harga yang lebih rendah daripada harga pasaran. Keuntungan yang diperoleh minim tetapi pelanggan yang datang membeli produk banyak.

3. Marketing

Step terakhir menerapkan digital marketing. Ada berbagai strategi marketing yang dapat digunakan untuk pemasaran produk.

Pemasaran Paling Kekinian
Pemasaran Paling Kekinian (hestanto.web.id)

Website Marketing

Tahukah kamu website dinobatkan sebagai media terampuh untuk melakukan strategi marketing online. Bisnis yang memiliki website lebih mudah memperkenalkan produknya kepada masyarakat.

Content Marketing

Kini ada istilahnya ‘content is the king’. Dalam marketing modern kamu dapat membuat konten yang bermanfaat bagi pembaca. Tetapi dalam konten tersebut dapat dituliskan ajakan untuk menggunakan produk kamu. Content marketing dapat berupa audio, video, artikel, dan presentasi.

SEO Marketing

SEO adalah teknik marketing agar website menempati posisi teratas pada hasil mesin pencarian Google. SEO marketing mendukung kinerja website marketing. Komponen utama dalam marketing ini adalah melakukan riset keyword, SEO on-page dan SEO off-page.

Facebook Marketing

Salah satu sosial media yang memiliki jumlah pengguna aktif terbanyak didunia adalah Facebook. Hal ini ternyata dapat dimanfaatkan sebagai wadah marketing produk. Caranya mudah dengan membuat Facebook Fans Page yang diisi dengan konten menarik tentang produk yang dijual. Dapat juga menggunakan Facebook Ads untuk mengiklankan produk. Facebook mempermudah pebisnis untuk menetukan target pasar.

Youtube Marketing

Youtube merupakan situs berbagi video yang lagi viral. Hal ini dapat dilihat dari jutaan orang yang menonton video setiap hari dan muncul profesi youtuber. Youtuber marketingdiawali dengan pembuatan review product. Selain meningkatkan jumlah viewers di channel youtube, video ini dapat dibagikan ke berbagai sosial media.

Menerapkan strategi internet marketing yang baik akan membuat bisnis berkembang lebih pesat. Jadi, jangan ragu untuk melakukan cara belajar internet marketing.

Baca juga: