Connect with us

Random

Buyar dan Kiprahnya

Published

on

Buyar dan Kiprahnya

Proses panjang perjalanan politiknya telah menempa sebuah karakter yang tenang dalambersikap. Ia juga merupakan bagian dari sosok yang peduli dunia pendidikan. Bahkan untuk itu, ia merupakan salah satu dari pengurus teras peguruan tinggi STIA di Rejang Lebong dan sekitarnya.

Adalah H. Buyar, S.Ag, MM, politikus yang saat ini duduk sebagai wakil rakyat di DPRD Rejang Lebong, masa bahkti 2009 -2014. Ia juga dikenal sebagai tokoh yang berwibawa dan pada bagian lain tidak jarang meledak-ledak. Khususnya dalam berbagai sidang atau rapat yang berkenaan dengan tugas fungsinya sebagai anggota dewan.

Apalagi dalam penyampaian statement dan pandangan politiknya, ketegasannya sering kali muncul. Hal ini pula yang membuat ia sering kali dipercaya oleh rekan-rekan politiknya sebagai pembicara dan atau sosok penyampai berbagai kebijakan dari komisinya di berbagai sidang paripurna atau lainnya.

Namun dibalik itu, ketika cuaca politik memanas ia seringkali muncul sebagai air penyejuk yang membuat suasana menjadi adem.

Sebagai orang yang dibesarkan  didunia politik, Buyar, cukup diakui telah mengenyam banyak asam garam. Sejarah di Rejang Lebong juga mencatat, ia merupakan tokoh penting yang ikut mensukseskan H. Suherman, SE, MM, sebagai Bupati Rejang Lebong pada periode pertama.  Tahun 2009 lalu.

Namun juga sudah menjadi rahasia umum, dalam proses perjalanan masa kepemimpinan Suherman sebagai Bupati, ia juga terlihat acapkali mengeluarkan statemen-statemen atau kritikan yang bernuansa adanya pertentangan dalam pemikiran dan kebijakan.

Bahkan, pada periode berikutnya dalam Pemilihan Kepala Daerah yang mana kebetulan Suherman memilih jalur independen, Buyar menjadi lawan politik yang kuat dan berada pada barisan lain calon Kepala Daerah.

Dalam sebuah wawancara khusus yang dilakukan di ruang kerjanya sebagai Ketua Komisi I DPRD Rejang Lebong dan berlanjut di kediamannya di komplek BTN Air Bang Curup, H. Buyar S.Ag, mencurahkan beberapa pemikirannya. Khususnya, dalam kapasitas dia sebagai anggota DPRD Rejang Lebong – Provinsi Bengkulu tentang daerah, dimana menurut dia sangat diperlukan pemimpin inovator yang berani mengambil langkah-langkah strategis dalam upaya percepatan pembangunan kedepan.

dikatakanya, ketika terlihat adanya semacam pertentangan politik yang dilakukannya terhadap pihak eksekutif, tidak lain adalah bagian dari implementasi keinginannya terhadap kemajuan daerah serta mengakomodir berbagai kepentingan masyarakat yang saat ini membutuhkan program pembangunan yang tepat sasaran dan menyentuh pada perbaikan ekonomi secara cepat.

“Secara pribadi, saya sangat menyukai kepribadian Suherman Bupati Rejang Lebong saat ini. Karakter polos dan kesederhanaan beliau, merupakan karakter yang sangat baik sebagai teman atau kerabat,” ungkap Buyar mengenai sosok Suherman.

Ia pun mengaku berharap banyak terhadap kiprah Suherman selaku Bupati. Dan berbagai pendapat maupun pernyataan-pernyataan politik yang ia sampaikan, tidak lain bagian dari harapannya dapat dilakukan Suherman. Dan hal itu bukan merupakan perlawanan politik, melainkan buah dari keinginannya dalam melihat kesuksesan seorang pemimpin.

Dikatakan lelaki kelahiran Sungai Liat Bangka Belitung pada 27 Juli 1971 ini, ada beberapa hal yang harus disempurnakan oleh Suherman dalam aplikasi program pembangunan yang sesuai dengan visi misi pada pencalonan nya sebagai Bupati.

Karena, lanjut, ayah dari satu putra M. Faiz dan tiga putri kembar Nabila Putri, Nadia Putri, dan Nadila Putri ini, program pembangunan Rejang Lebong pada beberapa bagian, masih sangat minim menyentuh Visi Misi Bupati Suherman.

“Hal ini jelas perlu diingatkan,” ujarnya.

Maka untuk itu, sebagai anggota DPRD pemikiran-pemikiran dan pendapat tersebut ia sampaikan bersama rekan-rekannya di dewan melalui sidang-sidang paripurna dan bentuk rekomendasi dalam LKPJ (Laporan Keterangan Pertanggungjawaban) Bupati setiap akhir tahun anggaran.

“Saya berharap hal ini akan membuat kebijakan pembangunan berjalan dinamis dan dapat mengakomodir kepentingan banyak pihak,” ungkap suami tercinta Rismulyana, S.Sos, MM, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang BUSP Dinas Seni Budaya dan Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong.

Sehingga, lanjutnya, roda pembangunan di Rejang Lebong  dapat berjalan secara sinergis dan mampu mengakomodir berbagai aspirasi masyarakat. Dari sini juga, diharapakan  akan tercipta sistem kepemerintahan daerah yang terbuka dan saling dukung sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.
“Bukan cenderung berjalan sendiri-sendiri,”  ujar Buyar.

Implementasi dari pemikirannya, serta dikombinasi dengan rekan-rekan dewan lainya yang tergabung dalam Tim Perumus, pada Sidang Paripurna atas Laporan  Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) akhir tahun 2011 lalu, terlihat mengemuka melalui catatan-catatan strategis  dalam bentuk rekomendasi yang harusnya menjadi perhatian bersama setiap element masyarakat Rejang Lebong, khususnya Bupati beserta jajarannya di eksekutif.

“Dinamika ini, khususnya menyangkut kemitraan antara lembaga legislatif dan eksekutif, haruslah kita pandang dan fahami sebagai bagian dari dinamika demokrasi,” papar Buyar.

Dan, jangan sampai menjadi pemicu timbulnya sebuah keretakan atau jarak yang kemudian cenderung  berdampak negatif terhadap kelangsungan perputaran  roda pemerintah. Melainkan harus dimaknai sebagai masukan positif dalam menyempurnakan langkah-langkah strategis dalam menentukan arah kebijakan pembangunan kedepan serta memperbaiki yang telah dilaksanakan, imbuh lelaki yang terkenal cukup dekat dengan kaum jurnalis ini.

Dari berberapa rekomendasi tersebut, yang dinilai urgent dana harus mendapat skala prioritas perhatian, diantaranya yakni, seperti di Bidang Pemerintah Umum. Dimana pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan dinilai belum dapat berjalan maksimal.

“Hal ini terbukti adanya beberapa pejabat daerah yang terjerat hukum. Artinya setiap pejabat daerah hendaknya dapat melaksanakan Pengawasan Melekat (WASKAT) terhadap bawahannya, sehingga meminimalisir kemungkinan terjadinya pelanggaran hukum,” tegas Buyar.

Disisi lain, menurut Buyar, program kerja di Satuan Kerja  Perangkat Daerah (SKPD) cenderung kurang sejalan dengan Visi dan Misi Bupati. Terutama di Pariwisata. Belum mendapat perhatian serius. Padahal, sektor ini   merupakan salah sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kondisi ini terbukti dari minimnya anggaran infrastruktur di instansi tersebut. Sehingga hasil dari potensi yang ada tidak maksimal.

“Untuk itu disarankan agar ada pemikiran kreatif dalam meningkatkan PAD dari sektor pariwisata. Yang imbasnya juga akan menaikkan kucuran dana perimbangan dari pusat. Seperti Dana Alokasi Umum,” papar Buyar.

Pembenahan juga direkomendasi pada struktur birokrasi dimana harapkan pejabat yang menduduki jabatan struktural hendaknya dinilai secara objektif dan dinilai dari berbagai faktor. Seperti pengalaman kerja, latar belakang pendidikan dan spesialisasi. Sehingga out put yang dihasilkan juga dapat maksimal. Bahkan dalam mutasi terkadang juga tidak relevan dengan skill dan kepangkatan.

Buyar juga menyebutkan, yang perlu mendapat perhatian serius lainnya adalah, Rumah Sakit Umum Daerah. Dari sisi pembangunan sudah berjalan baik namun tidak diiringi dengan peningkatakan kualitas pelayanan serta dinilai perlu menambah tenaga dokter spesialis.

Dibidang keuangan, PAD masih sangat rendah. Dari target yang ditetapkan hanya tercapai 63,33%. Alokasi anggaran APBD juga belum mengarah pada Visi Misi bupati. Dimana salah satu Misi pembangunan adalah mewujudkan percepatan pertumbuhan ekonomi berbasis kerakyatan, agribisnis dan pariwisata. Maka sudah seharusnya arah anggaran harus mendukung pembangunan yang berbasis ekonomi kerakyatan dengan mengoptimalkan resouse  base. Antara lain, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, kehutanan, dan pariwisata.

“Dan dalam LKPJ tahun anggaran 2011 tersebut masih banyak pokok masalah prioritas yang sama dengan tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan belum optimalnya capaian kerja dan efektifitas keuangan yang dianggarakan,” ungkap Buyar.

Sedangkan di bidang pertanian. Kabupaten Rejang Lebong terjadi kenaikan produksi padi tahun 2010 hingga mencapai 5,52%. Hal ini merupakan prestasi yang harus mendapat apresiasi lebih. Namun belakangan ada persoalan baru yang harus dicari titik persoalannya, yakni masalah sempat terjadinya kelangkaan pupuk bersubsidi di lapangan.

Sebagai anggota dewan, Buyar mengaku sangat berharap adanya program-program unggulan yang diciptakan pemerintah melalui pemikiran-pemikiran inovasi. Artinya, ada kebijakan-kebijakan serta trobosan besar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Mungkin bisa dalam bentuk skala prioritas pembangunan yang langsung menyentuh pada upaya peningkatakan pendapatan masyarakat. Sesuai dengan kondisi Sumber Daya Alam (SDA) Rejang Lebong. Seperti pertanian atau pariwisata,” ujar Buyar.

Pembangunan di bidang infrastruktur harus diakui penting. Namun yang sangat penting adalah  meningkatkan kesejahteraan rakyat. Upaya yang harus dilakukan adalah langkah-langkah nyata yang langsung menyentuh. Seperti pembinaan dan dukungan pada sektor-sektor usaha masyarakat. Baik berupa penyediaan bibit-bibit unggul, pengkondisian ketersediaan pupuk, atau bantuan permodalan melalui pemberdayaan koprasi.

“Namun sayangnya, program-program seperti ini cenderung tidak memiliki profit atau keuntungan besar seperti proyek-proyek infrastruktur,” demikian ungkap Buyar politis, mengakhiri wawancaranya kepada EXPO  9 Mei lalu. (red)

Garuda Citizen truly of Indonesia » politik, hukum, sosial, wisata, budaya, dan berbagai berita peristiwa menarik dan penting untuk dibaca.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Random

Cara Membuat Podcast di Spotify Gratis dan Mudah

Published

on

cara membuat podcast di Spotify

Podcast adalah salah satu bentuk audio informatif yang dapat dinikmati oleh semua orang. Sudah pernah mendengar radio? Maka anda akan sangat menikmati podcast. Perbedaannya adalah podcast Spotify ini dapat and bawa kemana saja.

Ada banyak orang yang tidak tau bahwa podcast sangat mudah untuk dibuat. Anda juga bisa mulai membangun karir anda melalui podcast tersebut. Banyak orang bisa menyalurkan ide dan aspirasi mereka di dalam Spotify. Sambil melakukan hal tersebut, anda juga bisa menerima royalty tambahan dari Spotify. Daripada menyimpan semua konten tersebut kepada diri sendiri, ayo kita bedah tuntas apa saja cara membuat podcast di Spotify.

Mempersiapkan Peralatan Untuk Membuat Podcast

Sebelum bisa terjun pada proses perekaman, anda harus mempersiapkan peralatan terlebih dahulu. Memang podcast bisa dibuat hanya dengan sebuah handphone. Akan tetapi anda harus memperhatikan kualitas. Kualitas suara yang bagus hanya bisa tercapai jika anda menggunakan peralatan berikut:

  • Mikrofon: Alat yang digunakan untuk merekam audio.
  • Audio Interface: Alat berikut ini penting tergantung dengan mikrofon yang anda gunakan. Alat ini berfungsi untuk mengubah file audio analog menjadi digital. Ini supaya audio bisa digunakan ke dalam software untuk mengedit suara.
  • Laptop atau PC: Setelah audio berhasil didapatkan, audio belum bisa digunakan secara langsung. Audio mentah harus diedit untuk memastikan bahwa semua suara sudah jelas.

Cara Membuat Podcast di Spotify Kemudian di Upload:

1. Membuat Judul atau Tema Podcast

Tema dari sebuah podcast wajib ditentukan sebelum anda merekam podcast. Pastikan juga bahwa topik ini akan sesuai dengan tema anda kedepannya. Cara membuat podcast harus tetap relevan dengan niche yang anda ingin tetapkan.

Lakukan sedikit riset juga terhadap tema yang ingin diangkat. Tema yang up to date atau sesuai dengan tren akan membuat podcast anda semakin terkenal lagi. Orang akan melihat podcast dan memikir dua kali untuk mendengarnya atau tidak. Kalau bisa, anda bisa menarget sekian orang untuk menjadi pendengar pertama. Kemudian membesarkan jumlah pendengar podcast secara bertahap nantinya.

2. Menyusun Skrip Podcast

Skrip adalah sebuah panduan utama yang terstruktur. Sambil merekam podcast, anda dapat menggunakan skrip ini sebagai panduan. Merancang kata kata sambil membacanya akan sangat sulit untuk dilakukan. Itulah mengapa kami menganjurkan anda untuk mempersiapkan naskah terlebih dahulu.

Skrip bisa saja dibuat selengkap mungkin. Sehingga anda hanya perlu membaca kembali atau menghafal skrip. Namun akan tetap lebih natural jika anda bisa menyusun kembali naskah menggunakan kata kata sendiri. Hal ini disebut sebagai improvisasi. Dalami naskah sebelum kita bisa lanjut ke langkah berikutnya.

3. Merekam Podcast

Sekarang sudah tiba hari H nya dan anda sudah siap untuk merekam. Hidupkan laptop dan juga mikrofon untuk memulai proses merekam ini. Cek mikrofon terlebih dahulu sebelum langsung merekam podcast.

Silahkan mulai proses perekaman apabila perangkat sudah siap untuk digunakan. Salah satu tips yang bisa dimanfaatkan sambil merekam adalah anda bisa mengambil jeda diantara rekaman. Kemudian semua file audio digabungkan menjadi satu diakhir sesi perekaman. Dengarkan kembali supaya anda bisa lanjut ke proses editing. Anda bisa mengulang kembali perekaman podcast kalau memang belum puas dengan hasilnya.

4. Menggabungkan dan Edit File Audio

Apa saja bisa terjadi dalam proses perekaman. Salah satu diantaranya adalah kesalahan yang dapat terjadi. Mungkin anda salah mengucapkan sesuatu. Tetapi mengulang perekaman dari awal akan sangat memakan waktu. Situasi seperti ini dapat terselamatkan dengan yang adanya software untuk mengedit audio.

Gabungkan semua file dan potong bagian yang tidak penting. Sebuah podcast harus dibuat sependek mungkin. Tidak akan ada orang yang mau menghabiskan banyak waktu mendengarkan podcast.

Struktur yang dibutuhkan dalam suatu podcast ada 3. Struktur tersebut adalah pembukaan, isi, dan penutup. Pastikan podcast anda memiliki ketiga hal tersebut.

5. Memilih Website Untuk Mengupload Podcast

Podcast tidak bisa langsung di posting ke dalam Spotify. Spotify hanya bekerja sebagai pihak ke-3 untuk mempromosikan podcast anda. Anda harus bisa mencari situs utama untuk memposting podcast tersebut. Cari saja beberapa website untuk mengupload podcast secara umum.

Link atau RSS feed akan dihasilkan pada saat podcast berhasil di post.

6. Upload ke Spotify

Nah, kini kita telah sampai ke langkah terakhir. Anda pasti sudah tidak sabar lagi untuk mengupload konten ke spotify bukan? Upload konten ke spotify dimulai dengan pendaftaran. Buatlah akun terlebih dahulu. Kemudian ikuti langkah lengkap cara membuat podcast di Spotify ini:

  1. Kunjungi halaman khusus Podcaster di Spotify
  2. Login menggunakan akun yang barusan dibuat atau akun lama
  3. Tekan tombol “Get Started” pada bagian “Submit your Podcast”
  4. Copy paste link RSS feed tadi pada kolom yang telah disediakan
  5. Isi cover dari podcast tersebut.
  6. Isi juga bagian tema supaya podcast anda memiliki sebuah tema.
  7. Pada bagian Add Podcast, anda bisa menambahkan detail detail lainnya. Isi saja kategori dari podcast, bahasa podcast, dan juga asal negara.
  8. Lihat kembali apakah ada typo atau tidak. Jika sudah siap, tekan saja submit dan Podcast anda akan segera di upload ke Spotify. Cara membuat podcast di Spotify tidak sesusah yang anda kira kan?

Kesimpulan Cara Membuat Podcast di Spotify

Cara membuat podcast di Spotify sangat cepat dan mudah untuk diikuti. Asal anda memiliki ide atau topik yang tepat saja, anda bisa melakukan segalanya. Upload podcast secara rutin untuk mendapatkan feedback yang lebih bagus.

Dengan ini, pemilik podcast pun bisa mendapatkan banyak popularitas dan penggemar. Selamat mencoba dan semoga anda bisa berhasil menjadi artis terbaru di Spotify!

Baca Juga: Pentingnya Mengenal Konten Marketing di Era Digital

Continue Reading

Random

Apa itu Konten Marketing Instagram dan Contohnya

Published

on

konten marketing Instagram

Penjual produk atau jasa menjadi tantangan baru di era digital ini. Pebisnis seperti diri Anda pun akan membutuhkan strategi pemasaran yang baru. Salah satu strategi tersebut adalah konten marketing instagram. Sebenarnya ada banyak jenis dan contoh konten marketing. Salah satu diantaranya adalah dengan menggunakan konten marketing media sosial.

Pasti anda memiliki akun Instagram bukan? Ternyata akun media sosial satu ini juga sangat penting dalam dunia konten marketing. Ada banyak sekali pemasaran yang bisa dilakukan melalui Instagram.

Menurut data dan riset media sosial, Instagram telah menguasai pasar marketing dibandingkan dengan media sosial lainnya. Banyak brand atau bisnis baru juga mulai berkembang sejak menjalani konten marketing Instagram. Kini semua brand hingga yang lokal pun mempunyai kesempatan untuk bersaing di pasar yang lebih besar.

Apa itu Konten Marketing Instagram?

Anda pasti sudah sering mendengar istilah konten marketing. Konten marketing merupakan salah satu strategi pemasaran. Tujuannya adalah untuk meningkatkan popularitas dari sebuah brand.

Instagram menjadi media terbaik untuk melakukan konten marketing. Supaya anda bisa mendorong bisnis lebih lagi diperlukan konten dalam bentuk foto atau video. Instagram terbagi menjadi dua jenis konten. Konten utamanya yaitu foto atau video. Kemudian diikuti dengan konten teks yang diletakkan pada bagian caption posting tersebut.

Kedua paduan konten tersebut adalah cara sebuah brand bisa bertumbuh. Follower dari brand tersebut juga akan merasakan koneksi dengan brand anda.

Konten marketing Instagram sangat bergantung pada konten yang diposting, rutinitas, dan kualitas. Anda harus melihat 3 hal ini sebelum melakukan posting ke internet. Kami akan menjelaskannya supaya anda juga dapat terbantu untuk kedepannya.

Tips Membuat Postingan Instagram Menarik Untuk Konten Marketing

Merencanakan Target Pasar Brand

Semua brand akan memiliki targetnya sendiri. Ini dapat anda lihat pada brand brand besar seperti Nike atau Adidas. Brand tersebut khusus menjual sportswear atau dikenal sebagai pakaian olahraga.

Dengan mengetahui produk atau jasa yang dijual, anda bisa mulai melihat pasar yang tepat untuk menargetkan hal tersebut. Kita ambil kembali contoh dari Nike dan Adidas. Perusahaan tersebut telah berhasil menentukan target pasar mereka yaitu atlet dan juga millenial yang suka berolahraga.

Sama halnya pada brand anda, anda juga bisa melakukan hal yang sama. Ketahui informasi ini terlebih dahulu supaya konten juga bisa disesuaikan dengan target pasar. Untuk target pasar yang lebih formal, maka anda wajib mempersiapkan konten yang menunjukkan kualitas atau elegan. Sedangkan pasar untuk generasi muda dapat menggunakan warna menarik dan animasi.

Merangkai Caption Untuk Menarik Pembaca

Hal yang akan dibaca oleh orang untuk pertama kalinya adalah caption dibawah foto. Jika caption tidak menarik sama sekali, pembaca tidak akan berfikir dua kali untuk melewatkan postingan anda.

Ada banyak hal yang bisa dimasukkan ke dalam caption. Pertama, anda harus bisa memperkenalkan brand melalui caption. Coba untuk membuat konten yang bisa menghibur dan membuat orang lain tersenyum atau bahagia. Berinteraksi dengan perasaan para pembaca sangat berguna dalam proses pembuatan konten. Ketika pembaca bisa ikut merasa terkait, maka anda akan terus menarik perhatian pembaca pembaca baru.

Menyesuaikan Budget Dengan Konten

Setiap konten membutuhkan budget yang berbeda. Budget yang banyak dapat digunakan pada konten seperti video. Sedangkan budget kecil dapat anda gunakan pada konten seperti foto atau juga design visual.

Jangan gunakan ide yang monoton, melainkan ide yang unik atau masih segar. Perlu diketahui juga bahwa setiap konten memiliki ukurannya sendiri. Seperti ukuran 1080 x 1080 untuk post instagram dan 1080 x 1920 untuk story instagram.

Jika anda mempunyai budget yang lebih, silahkan gunakan budget tersebut untuk investasi konten yang lebih mahal. Biasanya konten yang paling menarik perhatian dapat berdampak pada views, share, dan juga like. Ini juga langsung membuat followers anda semakin bertambah dalam waktu yang singkat.

Pemakaian Hashtag Pada Setiap Konten Instagram

Hashtag berperan penting untuk setiap postingan anda. Setiap postingan anda tidak akan ada banyak pengaruh jika tidak bisa menjangkau banyak orang. Satu satunya cara untuk menjangkau banyak orang adalah dengan menggunakan hashtag.

Fungsi dari hashtag pada konten Instagram adalah supaya orang lain mengetahui bahwa konten tersebut adalah milik anda. Konten anda akan muncul setiap kali ada yang menekan hashtag tersebut. Semakin banyak likes yang dimiliki postingan tersebut, maka semakin tinggi juga kedudukan anda pada konten instagram tersebut.

Menurut fakta yang didapatkan dari para selebgram, hashtag dapat meningkatkan angka interaksi hingga 12% lebih banyak. Gunakan hashtag yang tetap relevan atau berhubungan. Karena jika tidak, orang lain pun tidak akan tertarik dengan konten yang baru saja anda post.

Contoh Konten Marketing Instagram:

Stop Motion

Stop motion menjadi konten yang paling booming belakangan ini. Budget untuk membuatnya juga tidak semahal untuk konten seperti animasi. Stop motion sangat mirip dengan animasi, namun menggunakan gabungan foto.

Menurut statistik, konten stop motion sangat sering digunakan oleh selebgram dan artis Instagram terutama di Indonesia. Salah satu contoh dari artis tersebut adalah seperti Aulion. Artis ini dapat menggabungkan konten stop motion dan menggunakannya untuk memasarkan berbagai produk di Instagram.

Endorsement

Endorse menjadi sangat terkenal untuk meninggikan popularitas sebuah produk. Pasti anda sudah sering melihat artis artis yang mempromosikan suatu produk tertentu. Itulah yang disebut dengan endorsement. Semua bisnis bisa menggunakan endorsement sebagai cara untuk mendapatkan keuntungan.

Endorse ini adalah investasi jangka panjang. Pilihlah sebuah pembuat konten yang bisa menjamin bahwa produk anda semakin laris. Karena jika tidak, maka investasi tersebut akan terlalu mahal. Modal pun tidak akan kembali ke dalam brand tersebut.

Budget yang harus dipersiapkan untuk endorsement lumayan besar. Harga juga sangat bergantung pada kualitas atau jumlah follower. Beberapa diantaranya akan memasang harga sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta. Biaya ini hanya untuk sekali post, dan orang yang melihat brand anda bisa mencapai puluhan ribu orang.

Continue Reading

Random

Klasifikasi Geotekstil dan Fungsinya Dalam Proyek Teknik Sipil

Published

on

Dalam dunia pekerjaan teknik sipil, geotekstil adalah salah satu bahan yang sangat sering digunakan di lapangan. Namun apa sebenarnya material ini?. Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan lebih dalam mengenai definisi dan klasifikasi geotekstil ini.

Sebenarnya, terdapat cukup banyak definisi dari geotekstil. Namun jika harus didefinisikan secara sederhana, maka Geotextile ini dapat dijelaskan sebagai lembar sintetis yang terbuat dari polimer Polyester atau Polypropylene. Geotekstil adalah juga salah satu salah satu jenis dari Geosintetik.

Fungsi Geotekstil Dalam Dunia Teknik Sipil

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa bahan Geotekstil ini digunakan dalam banyak proyek teknik sipil, sebut saja seperti perkerasan jalan, waduk, kanal,  bendungan dan lainnya. 

Dalam aplikasinya, penggunaan Geotekstil ini biasanya ditujukan untuk mendapatkan tegangan permukaan guna memperkuat tanah. Selain itu, Geotekstil juga biasa digunakan untuk melindungi material konstruksi. 

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar aplikasi Geotekstil yang sering ditemukan dalam proyek-proyek teknik sipil di Indonesia.

  • Proyek perkerasan Jalan
  • Pembuatan tanggul di daerah tanah lunak.
  • Perkuatan tanah lereng 
  • Reklamasi dan breakwater
  • Infrastruktur irigasi
  • Bendungan Bumi / tanah (earth fill & rock fill)
  • Konstruksi rel kereta api 
  • Konstruksi lapangan terbang 
  • Pembuatan Geobags dan geotubes
  • Pagar silt

Sifat Dari Bahan Geotekstil

Geotekstil memiliki sejumlah sifat dan juga sekaligus keunggulan yang membuatnya sangat berguna dalam proyek. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kuat tarik yang tinggi
  • Sifat permeable (tembus air)
  • Tahan lama (durability tinggi)
  • Ketahanan terhadap sinar UV
  • Ketahanan terhadap bahan kimia
  • Ketahanan terhadap mikroorganisme dan jamur.

Klasifikasi Geotekstil Berdasarkan Pembuatannya

Lanjut membahas mengenai klasifikasi Geotekstil, ternyata bahan yang biasa digunakan dalam kegiatan proyek ini terbagi atas 4 jenis yang berbeda, yakni:

Geotextile Woven

Geotekstil Woven adalah jenis Geotekstil yang teranyam. Jenis geotekstil yang satu ini sendiri memiliki bentuk yang mirip dengan karung beras, namun berwarna hitam. Menurut ulasan dari halaman tukang bata, Geotekstil Woven ini masih terbagi lagi atas 2 jenis berbeda yakni:

Geotextile Woven Tenunan Sederhana 

Jenis Geotekstil Woven ini memiliki anyaman dari benang lungsin dan pakan yang ditenun naik turun sambil saling menyilang. Banyak disebutkan bahwa jenis Geotekstill woven ini memiliki kekuatan yang lebih besar dan banyak dipergunakan.

Geotextile Woven Tenun Kepar

Jenis Geotekstil woven Kepar ini memiliki anyaman dari benang pakan akan ditenun menyilang di bawah dan juga di atas benang lungsin.

Dalam sejumlah proyek teknik sipil, penggunaan Geotekstil Woven ini banyak digunakan untuk perkuatan tanah dasar. Geotekstil ini memainkan peran untuk mengurangi terjadinya penurunan setempat (differensial settlement) yang sering terjadi pada proyek perkerasan jalan akibat tanah dasar yang lunak.

Baca juga: Jenis Body Motor Dan Pengaplikasian Alat Press Body Motor

Geotextile Non Woven

Lanjut ke tipe Geotekstil Non Woven. Jika Geotekstil woven adalah bahan geotekstil yang memiliki bentuk teranyam, maka jenis Geotekstil Woven ini adalah kebalikannya. Jenis Geotekstil ini dibuat tanpa ditenun, melainkan diikat dengan menggunakan bahan perekat. Untuk bentuk, Geotekstil Non Woven ini memiliki bentuk yang serupa dengan karpet kain.

Kembali mengutip tulisan dari halaman tukang bata, diketahui terdapat beberapa jenis Geotekstil Non Woven ini yang diklasifikasikan berdasarkan cara produksinya. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Needle Punch Process – Geotekstil Non Woven yang dihasilkan melalui proses penjaruman. Pada proses pembuatannya, serat web yang menjadi bahan akan ditembus dan diatur kembali arah seratnya menggunakan mesin yang dilengkapi dengan jarum-jarum khusus.
  • Mel Bonded/ Heat bonded – Geotekstil Non Woven yang dihasilkan melalui proses Melt Bonded (proses ikatan leleh). Tipe Geotekstil Non Woven yang satu ini terdiri dari filamen atau serat panjang dan terikat. Proses pengikatan pada produksi jenis Geotekstil in dilakukan melalui operasi kalendering temperature tinggi.
  • Span Boned Process – Geotekstil Non Woven yang diproduksi melalui proses ikat pintal.
  • Resin/Chemical Bonding Process – Geotekstil Non Woven yang diproduksi melalui proses pengikatan dengan benar perekat).

Sedikit bicara mengenai fungsi Geotekstil Non Woven ini. Dalam dunia proyek teknik sipil, jenis Geotekstil ini sering digunakan sebagai filter dan stabilisator. 

Sebagai filter, Fungsi dari geotextile Non Woven dapat mencegah partikel-partikel tanah terbawa oleh aliran air. Hal tersebut dikarenakan, Geotekstil Non Woven ini memiliki sifat permeabel yang membuatnya dapat meloloskan air. Umumnya aplikasi Geotekstil sebagai filter ini banyak ditemukan di proyek-proyek drainase.

Sedangkan sebagai stabilisator, jenis Geotekstil ini dapat meningkatkan kuat tarik tanah (reinforcement). Umumnya aplikasi dari geotekstil sebagai stabilisator ini dapat ditemukan pada proyek timbunan tanah ataupun perkuatan lereng.

Geotekstil Knitted

Masih membahas tentang klasifikasi Geotekstil, Jenis Geotekstil ketiga berdasarkan pembuatannya adalah Geotekstil Knitted. Seperti namanya, jenis Geotekstil yang satu ini memiliki ciri khas dimana terdapat benang yang menyusunnya seperti rajutan. 

Satu atau lebih benang yang membentuk Geotekstil ini membentuk serangkaian lubang yang berpegangan dan membentuk suatu struktur bidang (mirip rajutan).

Terkait dengan fungsi dari Geotekstil Knitted (rajutan) ini, sebenarnya tidak terdapat banyak ulasan yang menjelaskannya di Internet. Namun beberapa jurnal menyebutkan bahwa jenis geotekstil yang satu ini umumnya digunakan sebagai dinding penahan tanah.

Geotekstil Komposit

Terkait dengan jenis Geotekstil yang terakhir ini. Sebenarnya kami tidak menemukan banyak informasi untuk disajikan untuk anda. Namun beberapa sumber menyebutkan bahwa, Geotekstil komposit ini adalah jenis Geotekstil Non Woven yang dikombinasikan dengan serat perkuatan.

Beberapa sumber yang kami temukan juga menyebutkan bahwa jenis Geotekstil ini memiliki fungsi sebagai separator, stabilisator, filter, pelindung (moisture barrier) 

Geotekstil Woven dan Non Woven, Mana Yang Lebih Baik?

Jika harus membicarakan mana yang lebih baik antara, Geotekstik Woven dan Non Woven. Maka jawabannya akan sangat berkaitan dengan aplikasinya dalam proyek. Kedua Geotekstil ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing yang akan berguna sesuai dengan pengaplikasiannya di dalam proyek.

Sebagai contoh, Geotekstil Woven memiliki tensile strength atau kuat tarik yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Geotekstil Non Woven. Sifatnya tersebut yang membuatnya sangat baik untuk memperkuat tanah dasar, terutama tanah dasar lunak.

Sedangkan untuk Geotekstil Non Woven. Meskipun tidak memiliki kuat tarik setinggi Geotekstil Woven, jenis Geotekstil ini memiliki sifat permeabel (tembus air). Sifat permeable inilah yang membuat jenis Geotekstil yang satu ini sangat berguna sebagai filter pada proyek pembangunan saluran drainase.

Selain itu, Geotekstil Non Woven juga dapat digunakan untuk memperkuat tanah dasar. Namun aplikasinya tidak disarankan untuk jenis tanah dasar lunak.

Dari contoh tersebut dapat dilihat bahwa setiap jenis Geotekstil tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika dinilai dari tensile strength (kuat tarik), maka Geotekstil Woven mungkin lebih baik dari jenis Non Woven.

Namun jika dilihat dari sifat permeable nya, maka Geotekstil Non Woven tentu jauh lebih baik dari Geotekstil Woven. 

Itulah sedikit ulasan dari kami mengenai definisi dan klasifikasi geotekstil. Semoga ulasan ini bermanfaat dan dapat membantu anda yang membutuhkan. Terima kasih.

Continue Reading

Trending