Bupati Bengkulu Utara Lounching Aplikasi Kasda Online

0
633

Bengkulu Utara,(GC) – Dalam upaya meningkatkan pelayanan sekaligus mendukung program Pemerintah Daerah (Pemda) mencapai pengelolaan keuangan yang baik, transparan dan akuntabel. Bupati Bengkulu Utara, Ir Mian secara resmi melaunching penerapan aplikasi Kas Daerah (Kasda) berbasis online sekaligus Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) di Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).Bupati Bengkulu Utara, Ir Mian, Jumat (18/5/2018) ketika dikonfirmasikan oleh awak media mengatakan, diberlakukannya program ini, merupakan tindak lanjut atas perjanjian kerjasama antara Pemerintah Daerah Bengkulu Utara dengan Bank Bengkulu dan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Bengkulu.

“Hal ini merupakan upaya positif yang cerdas untuk peningkatan pengelolaan keuangan yang bersih, akuntabel dan tansparan,” terang Bupati.

Selain itu Bupati juga menyampaikan, diterapkannya Kasda online ini, dapat memberi dampak positif terhadap pelayanan publik, mengurangi resiko pengembalian berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D), memudahkan pemerintah dalam memantau transaksi keuangan daerah, mempercepat proses pembayaran atas realisasi SP2D kepada pihak ketiga dan memudahkan pemerintah melakukan rekonsiliasi keuangan.

“Sistem layanan Kasda Online ini dapat memberikan dampak positif terhadap pelayanan publik dan dapat dirasakan Pemerintah Daerah,” kata Mian.

Sementara Direktur Operasional Bank Bengkulu, Agus Salim juga menyapaikan, program ini bertujuan untuk membantu pihak pemerintah daerah dalam mempercepatkan penyusunan keuangan yang transparan dan akuntabel serta meningkatkan opini BPK RI atas laporan keuangan pemerintah daerah setempat. Selain itu kehadiran Simda Online juga akan banyak memberikan manfaat untuk efektifitas dan efesiensi pengelolaan serta pertanggungjawaban keuangan.

“Kami dari pihak Bank Bengkulu mengucapkan terimaksih atas dukungan pemerintah daerah. kemudin kami juga selalu berupaya akan memberikan pelayanan terbaik, baik itu dari pemda maupun dengan masyarakat Bengkulu Utara,” jelasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, BPK dan BPKP Republik Indonesia perwakilan Bengkulu, direktur Bank Bengkulu beserta rombongan, para asisten, Kepala BPKAD serta seluruh Kepala OPD yang lainnya. (Ben/Adv)