Bunda PAUD Pekalongan, Sambut Kunjungan 108 Anak

Pembentukan Karakter Pada Usia Dini Dengan Mendekatkan Anak Dengan Alam Sebagai Bahan Pembelajaran

0
494
Bunda PAUD Pekalongan
Bunda PAUD Kabupaten Pekalongan yang juga istri Bupati Pekalongan Ibu Hj. Arini Antono pun menyambut gembira kegiatan tersebut

KAJEN – Sekitar kurang lebih 108 anak dengan wajah ceria dan tingkah kanak-kanaknya pagi tadi (3/11) mengunjungi rumah dinas Bupati Pekalongan di Kajen. Mereka adalah anak-anak dari PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Non Formal Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan yang terdiri dari 6 lembaga yaitu Kelompok Bermain (KB) Kenanga, KB Ceria, KB. Lulu’ Ulzaman, KB. Sulamut Taufiq, KB. Arumsari dan KB. Kartini.

Ketua HIMPAUDI (Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia) Kecamatan Karanganyar Sugiati menerangkan bahwa kegiatan yang baru pertama kali dilakukan tersebut bertujuan untuk pembelajaran bagi anak-anak didik agar lebih mengenal dan mencintai alam dan binatang.

“Disamping itu juga untuk mengenalkan anak-anak didik pada Rumah Dinas Bupati serta kantor-kantor milik Pemerintah Daerah sehingga anak-anak memiliki pemahaman akan kegiatan yang dilakukan para abdi negara,” jelasnya.

Dalam kegiatan yang dihadiri pula oleh Kasi PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan – Jawa Tengah, Pengurus HIMPAUDI Kab. Pekalongan, Pengurus HIMPAUDI dan Bunda-bunda PAUD Kecamatan Karanganyar serta para orang tua murid keenam PAUD tersebut.

Sugiati meminta dukungan pada Bunda PAUD Kabupaten Pekalongan Ibu Arini Antono agar selalu semangat dan termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi sehingga bisa mendidik anak-anak agar berguna bagi agama, nusa dan bangsa seperti yang dicita-citakan.

Bunda PAUD Kabupaten Pekalongan yang juga istri Bupati Pekalongan Ibu Hj. Arini Antono pun menyambut gembira kegiatan tersebut.

Menurut beliau, kegiatan semacam ini sangat baik, disamping untuk memperkenalkan anak-anak agar lebih dekat dengan alam sekitar sekaligus juga mengenalkan anak dengan Rumah Dinas Jabatan Bupati Pekalongan.

“Rumah Dinas ini terbuka untuk seluruh masyarakat khususnya yang mau belajar tentang alam,” ujar Arini.

Lebih lanjut Arini menyampaikan bahwa wahana yang ada di rumah dinas Bupati tersebut sengaja dibuat dan dibuka untuk tempat  belajar anak-anak didik agar lebih mencintai alam dan lingkungannya.

“Tidak hanya terbuka untuk anak-anak PAUD saja, tetapi juga terbuka untuk pelajar SMP dan SMA, karena disini banyak binatang-binatang dan juga pohon-pohon langka sehingga bisa untuk bahan pembelajaran dalam pelajaran Biologi,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Arini juga menyampaikan harapannya agar kegiatan seperti ini bisa terus dilanjutkan, dan pembelajaran alam sekitar secara nyata seperti ini bisa menjadi pelajaran yang berharga buat anak-anak kelak.

Tak lupa ibu dua anak ini menyampaikan rasa terimakasihnya pada bunda-bunda PAUD atas panggilan hatinya untuk ikut mendidik anak-anak Kab. Pekalongan ini dengan baik dan juga kerjasama yang sudah dilakukan sehingga PAUD Non Formal tersebut dapat berlanjut dengan baik, serta saling bersinergi untuk mewujudkan PAUD-PAUD yang baik di Kabupaten Pekalongan ini.

“PAUD ini harus dimajukan. Yang saya lihat, kenyataannya anak-anak yang sekolah di PAUD Non Formal dan yang tidak, berbeda sekali. Anak-anak PAUD lebih kreatif dan lebih mandiri,“ jelasnya.

loading...