Connect with us

Bisnis

Bisnis Skincare: Panduan Cara Memulai, Tips dan Strategi Promosi Produk

Published

on

Bisnis Skincare: Panduan Cara Memulai, Tips dan Strategi Promosi Produk

Telah menjadi rahasia umum bahwa bisnis skincare hari ini adalah salah satu bisnis yang menawarkan prospek yang sangat cerah. Tentunya, hal tersebut tidak lepas dari kebutuhan para kaum hawa yang selalu ingin berusaha tampil cantik  dan menawan.

Alhasil, dengan tingginya permintaan akan produk skincare dan perawatan tubuh lainnya membuat banyak orang yang berlomba-lomba memulai bisnis skincare dan kosmetiknya sendiri.

Bahkan sejumlah artis tanah air pun juga tidak melewatkan peluang ini. Beberapa brand skincare milik artis Indonesia saat ini bahkan semakin naik daun di pasaran kosmetik Indonesia.

Khusus untuk anda yang tertarik untuk memulai bisnis skincare brand sendiri, kami akan memberikan beberapa panduan cara memulai bisnis skincare yang dapat anda gunakan. Penasaran? Langsung saja, cek ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa Yang Perlu Anda Siapkan?

Hal yang perlu disiapkan untuk menjadi beautypreneur
Sumber gambar: pexels.com/Andrea-Piacquadio

Sebelum memulai sebuah bisnis kosmetik, termasuk skincare, terdapat beberapa hal-hal penting harus anda ketahui dan sekaligus persiapkan. Adapun beberapa hal penting yang tersebut adalah sebagai berikut:

Pengetahuan Tentang Produk

Pengetahuan umum tentang produk skincare adalah salah satu hal yang harus anda miliki sebelum memulai bisnis skincare. Dalam hal ini, anda harus memiliki pengetahuan dasar mengenai bahan baku, kemasan, perizinan hingga pemasaran.

Berbekal pengetahuan tersebut, maka anda akan dapat lebih mudah dalam memulai dan juga mengembangkan bisnis produk kosmetik anda nantinya. 

Trend Kecantikan yang Booming Saat Ini

Mengetahui trend skincare juga bagian penting yang harus anda ketahui ketika memutuskan untuk terjun ke bisnis kosmetik ini. Trend kecantikan dapat anda jadikan kiblat anda dalam pembuatan produk skincare anda nantinya.

Misalnya, pada tahun 2020-2021, para kaum hawa sebagian besar menginginkan kulit wajah yang terlihat glowing, Maka anda dapat mempertimbangkan untuk memilih bahan dan formula perawatan kulit wajah yang dapat memberikan hasil tersebut.

Untuk memulai bisnis produk skincare, tentunya anda akan membutuhkan modal untuk memulainya. Kami sendiri mengakui bahwa modal awal usaha skincare tidaklah kecil. Namun anda dapat menghemat dana anda tersebut dengan menggunakan jasa maklon kosmetik.

Jika kami harus menjelaskan dengan bahasa yang sangat sederhana, jasa maklon kosmetik ini ini sejenis pihak ketiga yang akan menangani produksi skincare anda nantinya. Sehingga anda tidak perlu menyiapkan semua kebutuhan produksi skincare anda dari awal. Pihak jasa maklon kosmetik yang anda pilih akan menyediakan fasilitas untuk produksi produk skincare yang anda inginkan.

Saat ini sendiri, terdapat sangat banyak pilihan jasa maklon kosmetik terpercaya seperti jasamaklon.co.id yang dapat anda jadikan partner. Untuk nominal jumlah biaya produksi kosmetik maklon, hal ini sangat variatif tergantung dengan jasa maklon kosmetik yang anda gunakan.

Namun umumnya biaya rata-ratanya adalah berkisar antara 50 juta hingga 100 juta rupiah.

Cara Memulai Bisnis Skincare Brand Sendiri

Memulai Bisnis Skincare online
Sumber: pexels.com/fauxels

Untuk memulai memulai bisnis produk skincare, sekiranya terdapat beberapa tahapan penting yang harus anda lakukan, yakni meliputi:

Menggunakan Jasa Maklon Kosmetik

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa menggunakan jasa maklon kosmetik adalah pilihan paling ekonomis untuk anda yang ingin memulai bisnis produk skincare ini. Anda dapat memilih jasa maklon kosmetik terpercaya untuk bekerja sama dalam produksi produk skincare anda nantinya.

Konsultasi Konsep Produk

Setelah anda memilih jasa maklon kosmetik yang akan anda ajak bekerja sama, langkah selanjutnya yang perlu anda perlukan adalah berkonsultasi perihal produk skincare yang akan anda inginkan. Umumnya, jika anda belum memiliki konsep produk yang anda inginkan, pihak jasa maklon kosmetik akan membantu anda dalam pemilihan formula, bahan baku, tekstur bahkan target pasar kosmetik anda.

Pembuatan Sample Produk

Setelah anda menyetujui bahan baku dan formula produk skincare, selanjutnya pihak jasa maklon kosmetik akan membuatkan sample produk sesuai dengan yang kesepakatan sebelumnya. Dalam tahapan ini, produk akan melalui uji stabilita dan juga kompabilitas.

Melalui sample produk yang dibuat ini, maka anda akan dapat melihat prototype dari produk skincare anda yang nantinya akan diproduksi secara massal. Anda dapat menilai dan berdiskusi tentang apakah sample produk tersebut telah memenuhi standar atau kesepakatan di awal.

Mengurus Perizinan Produk 

Produk skincare anda tidak akan dapat diproduksi secara massal tanpa adanya perizinan resmi. Pada bagian ini, anda harus mengurus perizinan penting seperti registrasi BPOM, sertifikasi halal dari MUI dan juga sertifikasi HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) seperti Hak Paten.

Produksi Massal Produk

Setelah menyelesaikan semua tahapan di atas dan menyelesaikan masalah terkait perizinan, maka produk skincare anda akan dapat diproduksi secara massal untuk nantinya dipasarkan. Produk skincare yang telah diproduksi akan dikirim ke warehouse atau tempat yang menjadi basis bisnis anda.

Cara memulai bisnis skincare
Sumber gambar: garudacitizen.com

Tips Memulai Bisnis Produk Skincare

Tips memulai bisnis skincare
Sumber: pexels.com/fauxels

Masih membahas mengenai cara memulai bisnis kosmetik skincare. Selain beberapa panduan cara memulainya, kami juga akan memberikan beberapa tips yang akan mempermudah anda menjalankan bisnis kecantikan ini. Berikut adalah beberapa tips tersebut:

Memilih Jasa Maklon Profesional

Salah satu tips penting yang sebaiknya anda perhatikan ketika memulai bisnis produk Skincare adalah terkait dengan pemilihan jasa maklon yang anda pertimbangkan. 

Sebelum memutuskan untuk memutuskan dan bekerjasama dengan suatu jasa maklon kosmetik, sebaiknya anda melakukan penyelidikan reputasi jasa maklon yang anda pertimbangkan.

Anda dapat memulainya dengan mencari tahu review mengenai jasa maklon yang anda akan pilih, entah itu dari beberapa blog atau komentar di Google Business dari jasa maklon kosmetik tersebut.

Telusuri juga sejumlah produk kosmetik yang pernah diproduksi oleh jasa maklon kosmetik tersebut.

Jika sekiranya anda mendapatkan banyak review jelek atau menilai riwayat produk kosmetik mereka kurang menarik, anda sebaiknya mempertimbangkan untuk mencari rekomendasi jasa maklon kosmetik lainnya.

Tentukan Konsep Bisnis Anda

Selain pemilihan jasa maklon kosmetik yang akan anda jadikan partner, anda juga harus mengetahui konsep bisnis yang ingin anda terapkan. Konsep bisnis disini adalah bagaimana cara anda nantinya mengelola bisnis produk skincare anda.

Anda harus mempertimbangkan, apakah anda akan membuat toko fisik untuk penjualan produk skincare anda atau hanya sekedar dijalankan secara online.

Untuk bagian ini, kami sendiri lebih menyarankan anda untuk memulainya terlebih dahulu dari bisnis online terlebih dahulu (tanpa toko fisik). Hal ini akan dapat menghemat biaya yang nantinya dapat dialihkan untuk biaya pemasaran produk.

Strategi Promosi Produk Skincare

Strategi Pemasaran Produk Kecantikan
Sumber: Karolina-Grabowska

Pada bagian akhir dari artikel ini, kami juga akan menjelaskan tentang beberapa strategi promosi yang dapat anda untuk memasarkan produk skincare anda. Dalam hal ini, sebenarnya terdapat beberapa cara powerful yang dapat anda gunakan untuk melakukan promosi. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Membuat Website e-commerce

Membuat website e-commerce adalah salah satu langkah wajib yang harus anda lakukan jika ingin memperkenalkan brand dan produk skincare anda ke lebih banyak calon customer.

Melalui website e-commerce, para calon customer anda akan dapat lebih mudah untuk mengetahui informasi detail mengenai produk skincare anda. Website e-commerce juga dapat mempermudah kegiatan transaksi produk, sehingga akan meningkatkan angka sales dari penjualan produk anda.

e-commerce sendiri adalah portofolio bisnis yang menunjukkan seberapa terpercaya brand skincare anda. Customer kosmetik tentunya akan lebih mempercayai produk kosmetik yang memiliki situs website e-commerce nya sendiri.

Membangun Media Sosial untuk Bisnis Anda

Selain website, apa media promosi paling powerful?

Tentu saja jawaban untuk pertanyaan di atas adalah media sosial. Dengan banyaknya jumlah pengguna media sosial hari ini, media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram menjadi sangat efektif digunakan untuk menjangkau banyak calon customer.

Bahkan melalui media sosial, anda tidak hanya dapat menargetkan calon customer di dalam negeri, namun juga di luar negeri.

Oleh sebab itu, kami sangat menyarankan anda agar mulai membangun media sosial untuk bisnis anda. Bangunlah brand bisnis produk skincare anda di sejumlah platform.

Menggunakan Iklan Google dan Media Sosial

Jika anda memiliki budget lebih untuk bisnis produk skincare anda, menggunakan layanan iklan Google (Google Ads) dan media sosial (instagram atau facebook ads) juga menjadi hal strategi pemasaran produk kecantikan yang efektif untuk brand skincare anda.

Salah satu keunggulan kedua media iklan ini adalah anda dapat dengan mudah mengatur budget iklan dan juga target customer dari bisnis anda, Namun untuk menggunakan iklan ini, anda harus melakukan riset terlebih dahulu.

Cara paling mudah untuk dilakukan untuk poin ini adalah dengan menggunakan jasa iklan Google dan media sosial. Kedua jasa ini umumnya menawarkan layanan pengelolaan iklan yang disesuaikan dengan budget yang anda persiapkan.

Memanfaatkan Sejumlah Event Besar

Strategi pemasaran produk skincare terakhir adalah dengan memanfaat sejumlah event besar. Setiap tahunnya, terdapat banyak event yang diselenggarakan di seluruh kota di Indonesia, termasuk mungkin di kota basis bisnis anda.

Manfaatkanlah kehadiran event tersebut untuk memasarkan produk skincare anda. Anda dapat mendirikan stand bisnis anda di event tersebut dan menawarkan produk skincare anda kepada para pengunjung yang dapat ke event tersebut.

Sekian sedikit ulasan dari kami mengenai cara memulai bisnis skincare yang dapat anda jadikan panduan untuk memulai bisnis skincare dengan brand anda sendiri. Jika anda belum memiliki modal yang cukup untuk menjalankan bisnis skincare dengan brand anda sendiri, anda juga mempertimbangkan untuk memulainya dari bisnis reseller skincare.

Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan membantu anda. Terima kasih telah mampir dan membaca.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending