Berkat Pranata Foundation, SD Dusun Air Kuro Jadi Permanen

0
257
Andaru Pranata Bersama Anak-Anak SD 215 Kelas Jauh Dusun Air Kuro
Kondisi SD Kelas Jauh Dusun Air Kuro Selama ini

Bengkulu Utara,(GC) – Mimpi Anak-Anak yang tinggal di Dusun Air Kuro Desa Suka Maju Kecamatan Marga Sakti Sebelat Kabupaten Bengkulu Utara ingin memiliki gedung sekolah yang permanen Akhirnya menjadi kenyataan. Berubahnya kondisi SD Negeri 215 kelas jauh saat ini, berkat dukungan dari Andaru Pranata melalui Pergerakan Pranata Foundation dan Swadaya warga desa setempat.

“Kami sangat berterima kasih kepada mas Andaru Pranata yang selalu memperhatikan nasib warga dusun air kuro. Berkat inisiatif  beliau dan dukungannya, sehingga mimpi anak-anak kami yang selama ini menginginkan gedung sekolahnya permanen, sudah menjadi kenyataan,” terang Warga Dusun Air Kuro dengan media ini, Rabu (11/4/2018) di kediamannya.

Warga Dusun Air Kuro Sedang Bergotong-Royong Membangun SD 125 Bengkulu Utara

Dari pantauan media ini, memang terlihat sosok Andaru Pranata Bersama rombongan mendatangi lokasi SD kelas Jauh Dusun Air Kuro tersebut, sembari berbincang-bincang dengan beberapa orang warga dusun setempat, Andaru Pranata juga terlihat memegang-megang dinding gedung SD yang baru saja direhap oleh warga setempat.

Andaru Pranata Bersama dengan warga di SD Kelas Jauh Air Kuro

Menurut keterangan salah seorang warga dusun Air Kuro dengan media ini, kedatangan pergerakan Pranata Foundation ini, selain melakukan kunjungan ke desa Air Kuro, juga membantu warga desa melakukan perehapan serta pembangunan gedung SD di Dusun Air Kuro yang selama ini kondisi gedungnya sudah sangat memprihatinkan, Menjadi sebuah gedung Permanen. Sesuai dengan harapan dan impian anak-anak yang tinggal di lokasi HPT Dusun Air Kuro.

Kondisi Gedung SD Air Kuro Yang Sedang Dikerjakan

Lanjut warga, kondisi SD 215 Kelas jauh Dususn Air Kuro selama ini, hanya berdindingkan Papan dan berlantaikan tanah, ditambah lagi ada beberapa atapnya yang sudah banyak rusak akibat tidak pernahnya dilakukan perehapan. Padahal, semangat anak-anak untuk belajar di sekolah ini begitu tinggi, demikian juga dengan para guru yang mengajar.

“Ini yang kelima kalinya Mas Andaru datang kesini, Kedatangan mereka merupakan hanya ingin membantu warga dusun Air Kuro melakukan perehapan gedung SD desa kami yang selama ini sudah sangat mengerikan ketika anak-anak kami sedang melakukan proses belajar dan mengajar,” Jelasnya.

Kondisi Gedung SD Dusun Air Kuro Saat ini

Warga juga mengaku, selama ini pihak guru SD bersama warga dusun Air Kuro pernah mengusulkan dengan pihak pemerintah setempat, soal perehapan gedung tersebut. Namun, dikarenakan lokasi dusun Air Kuro masih dalam kawasan HPT dan terbentur aturan yang ada, sehingga pemerintah setempat belum dapat menganggarkan porsi anggaran untuk perehapan serta pembangunan gedung SD Nomor 125 kelas jauh ini.

“Sebenarnya Dulu pernah diusulkan, tapi menurut keterangannya pihak pemerintah setempat, bukannya tidak mau merespon usulan itu, karena lokasi SD ini dalam kawasan HPT, sehingga pihak pemerintah saat ini terbentur dengan aturan yang ada,”ungkapnya.Sementara Andaru Pranata saat dikonfirmasikan oleh media ini di dusun Air kuro mengatakan, Kegiatan ini lakukannya hanyalah semata-mata ingin membantu masyarakat Bengkulu Utara  Khusus warga dusun Air kuro yang saat ini masih banyak anak-anaknya selaku generasi penerus bangsa yang belum mengeyam pendidikan secara layak.

Selain itu andaru juga mengatakan, kegiatanya yang dilakukannya di dusun air kuro ini, merupakan karya nyata bagi ibu pertiwi melalui dunia pendidikan dan keiklasan tanpa pamrih serta tanpa sedikitpun adanya hembusan-hebusan Politik.

“Kami pranata foundation tergerak untuk mencari solusi, dimulai saat kunjungan pertama saya pada maret 2017, kemudian pada bulan desember 2017 saya melakukan pertemuan dengan Mukhlis selaku kades Suka Maju bersama tokoh masyarakat dusun air kuro, guna untuk membahas tentang program realisasi pembangunan SD. Alhamdulillah berkat keiklasan dalam berkarya hari minggu 17 desember 2017 lalu, warga mulai bergotong royong swadaya pembangunan SD ini,” terang Andaru.

Andaru menambahkan, Sejak warga mulai bergotong royong membangun SD tersebut, dirinya bersama rombongan, terhitung sudah beberapa kali datang memantau perkembangan pembangunannya. Sehingga pada tanggal 11 April, tepat pada hari ulang tahun  masyarakat dusun Air Kuro, dirinya bersama warga setempat langsung meresmikan SD ini sekalugus mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan pada pembangunan SD tersebut, terutama kepada perusahaan PT. Alno Agro Utama dan donatur lainnya.

“Tentunya ini berkah buat kita semua. Kita berharap nantinya akan hadir generasi bangsa dari SD ini yang akan berprestasi, seperti kisah Laskar pelangi, berkaryalah dan berbaktilah terus pada ibu pertiwi,” Demikian Andaru. (Ben/Adv)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here