Bappeda Bengkulu Utara Gelar Persiapan Verifikasi Pengusulan DAK 2020

0
119
Bappeda Bengkulu Utara Gelar Persiapan Verifikasi Pengusulan DAK 2020

Bengkulu Utara, GC – Dalam rangka pengusulan kegiatan pembangunan daerah. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bengkulu Utara menyelenggarakan giat koordinasi tim verifikasi pengusulan DAK Fisik tahun 2020, Selasa (11/6/2019).

Pantauan awak media, koordinasi dibuka dan dipimpin langsung oleh Bupati Bengkulu Utara, Ir.H.Mian di ruang pola Bappeda. Dalam sambutan Bupati menjelaskan, bahwa tata cara pengusulan Kegiatan DAK mengacu pada Permendagri Nomor 117 tahun 2017 tentang Tata Cara Pengusulan dan Verfikasi Usulan Program dan Kegiatan Pembangunan Daerah melalui Dana Alokasi Khusus Fisik.

Selain itu, Bupati juga menekankan kepada seluruh SKPD agar usulan mereka masih tetap mengutamakan pada infrastruktur pembangunan daerah.“Kita masih tetap memprioritaskan pada DAK fisik infrastruktur pembangunan,”ujar Mian.


Kepala Bappeda Bengkulu Utara Siti Qoriah Rosydiana

Sementara Kepala Bappeda Bengkulu Utara Siti Qoriah Rosydiana, dalam hal ini juga menyampaikan, Pengusulan kegiatan DAK Fisik ini disampaikan melalui aplikasi Krisna dan usulan dari perangkat daerah Sejak dimulai penginputan usulan DAK pada 02 Mei lalu hingga saat ini, sudah ada 781 usulan kegiatan dengan total nilai anggaran sebesar Rp.724 Miliar.

“Dari angka tersebut, tentu masih kurang dari jumlah dan nilai pada tahun 2019 lalu. Artinya untuk jumlah usulan menurun 22.42 %. Kemudian untuk nilai usulan juga menurun sebesar 12.13%,”Terang Siti.

Lanjut Kepala Bappeda Bengkulu Utara, untuk menambah nilai dan jumlah usulan yang masih dianggap kurang di tahun 2020 tersebut, sehingga para SKPD secepatnya untuk melakukan perbaikan sebelum tanggal waktu verifikasi tim berakhir.

“Verifikasi berakhir pada tanggal 15 Juni 2019, tepat pukul 23.59 Wib. Selanjutnya hasil Verifikasi dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani oleh Tim Verifikasi dan perangkat daerah,”tutup Siti.

Hadir dalam pelaksanaan koordinasi yakni, tim Verifikasi DAK Fisik yang terdiri dari unsur Bappeda, BPKAD, Inspektorat Daerah, Bagian Organisasi dan Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah serta beberapa OPD lainnya. (Ben)