Connect with us

Bisnis

Bagaimana Memanfaatkan Follower Instagram Untuk Bisnis?

Published

on

Bagaimana Memanfaatkan Follower Instagram Untuk Bisnis?

Saat ini media sosial dianggap sebagai tempat berbisnis yang efektif. Salah satu media sosial yang populer digunakan adalah Instagram. Padahal saat pertama kemunculannya dulu, Instagram bukan ditujukan sebagai business platform. Namun kini berbagai kalangan menggunakan Instagram untuk bisnis, mulai dari skala kecil hingga perusahaan.

Dalam Instagram dikenal dengan istilah “follower”. Jumlah follower menunjukkan seberapa banyak orang-orang yang mengikuti sebuah akun Instagram. Semakin banyak yang mengikuti, maka semakin banyak pula orang yang tahu update dari posting-an terbaru. Saat menjadikan Instagram untuk bisnis, tentu saja ini adalah hal yang harus dimanfaatkan.

Pentingnya Follower Instagram dalam Berbisnis

Memiliki banyak follower Instagram sangat menguntungkan, apalagi akun Instagram tersebut digunakan sebagai media bisnis. Hanya dengan sekali posting, barang atau jasa yang ditawarkan bisa diketahui oleh orang-orang di manapun dan kapanpun dalam satu waktu. Cepat, tidak perlu banyak tenaga, dan tidak membutuhkan biaya sehingga pemasaran bisa dilakukan secara efektif.

Ibarat calon pembeli, follower Instagram pun berperan demikian. Mereka adalah potential customer untuk bisnis yang sedang dijalankan. Tanpa adanya follower, maka tidak ada orang yang tahu barang atau jasa yang ditawarkan. Maka dari itu, jika menggunakan Instagram untuk bisnis harus memperhatikan jumlah dan karakteristik follower.

Follower pun membantu si pemilik bisnis dalam menyebarluaskan informasi produk atau jasanya. Tanpa harus menambah budget pemasaran, follower mungkin saja dengan suka rela menyampaikan dagangan atau jasa ke temannya yang belum menjadi follower seperti mereka. Bisa juga melalui marketing activity tertentu agar follower mau membagikan informasi suatu produk atau jasa.

Selain itu, memiliki banyak follower juga bisa memberikan inspirasi. Dengan melihat komentar-komentar yang diberikan serta respon lainnya, pemilik bisnis bisa tahu apa yang sebenarnya disukai dan sedang tren di pasaran. Ini bisa menjadi referensi untuk pengembangan bisnis mereka.

Baca juga: Cara Membuat Akun Bisnis Instagram

Cara Menambah Follower Instagram

Penggunaan Instagram untuk bisnis berbeda dengan pribadi. Tujuan akhirnya tentu saja untuk menghasilkan transaksi. Semakin banyak orang yang mengikuti harapannya penjualan pun meningkat. Oleh sebab itu, perlu tahu bagaimana caranya  menambah jumlah follower pada akun Instagram yang dikelola. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Jangan Private Akun

Kalau ingin menambah follower, jangan pernah mem-private akun Instagram. Dengan mengunci akun, artinya si pemilik akun tidak terbuka dan tidak ingin update-nya diketahui banyak orang. Ini adalah langkah yang keliru jika memiliki bisnis. Sebaliknya, Instagram untuk bisnis harus terbuka agar siapapun bisa mengetahui produk dan info-info terbaru.

Memberikan kemudahan akses informasi kepada semua orang membuka peluang pembelian lebih besar. Saat akun di-private, seseorang yang mau mem-follow harus menunggu beberapa waktu agar permintaannya dikonfirmasi. Jeda waktu tersebut memungkinkan si pemilik bisnis kehilangan calon pelanggannya.

2. Update Secara Konsisten dan Perhatikan Konten

Pengelolaan konten pada Instagram untuk bisnis harus serius. Sebab akun ini tidak digunakan untuk bersenang-senang, tetapi ada tujuan yang dicapai. Maka, konsistenlah dalam melakukan update konten, baik dari segi jam, jumlah, hingga tema yang diangkat.

Hindari membahas tema yang menyinggung SARA dan isu-isu sensitif lainnya. Buatlah konten-konten yang menarik, baik dari segi visual maupun kata-kata. Saat ini ada banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan gambar atau video supaya menarik. Jangan lupa, buat deskripsi (caption) dengan singkat, jelas, dan menarik seseorang untuk membeli atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

3. Jangan Lupakan Hashtag (#)

Saat membuat caption, jangan lupa gunakan hashtag (#). Hashtag ini berfungsi agar orang-orang mudah menemukan postingan yang ada di dalam akun Instagram. Sebab cara kerja hashtag adalah mengumpulkan foto-foto berdasarkan hashtag yang sama. Misalnya seseorang sedang mencari baju anak-anak, maka tinggal mengetik “baju anak” lalu muncullah foto-foto rekomendasi Instagram yang menggunakan hashtag baju anak (#bajuanak).

Kata-kata yang digunakan pada hashtag menggambarkan kata kunci yang berkaitan dengan bisnis. Bisa memasukkan lebih dari satu hashtag, namun perlu diingat jangan terlalu banyak hashtag juga karena bisa membuat caption menjadi tidak menarik. Pilihlah kata-kata yang sesuai dengan produk atau jasa serta karakteristik market yang dituju.

4. Follow, Love, dan Comment Akun-akun Serupa

Jangan memandang akun-akun bisnis serupa adalah saingan dan harus dihindari. Ini merupakan konsep yang salah, justru seharusnya saling follow. Tanpa disadari, follower akun serupa kemungkinan akan mem-follow akun Instagram lain dengan bisnis serupa. Calon pembeli akan mencari referensi barang sebanyak-banyaknya sebelum membeli.

Tak hanya itu, setelah mem-follow sebaiknya berikan respon di akun tersebut, seperti “love” atau “comment”. Buat follower akun tersebut tahu bahwa ada akun bisnis yang menawarkan produk atau jasa serupa dengan kualitas lebih.

5. Follow Seleb

Percaya atau tidak bahwa dengan memfollow akun-akun artis bisa menjadi cara untuk menambah follower. Ini sudah banyak dilakukan oleh pelaku bisnis yang memiliki Instagram. Pilih akun-akun orang terkenal yang jumlah followersnya banyak. Akan lebih bagus lagi kalau interest mereka berkaitan dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Dengan memfollow akun-akun seleb pun bisa mendapatkan referensi lebih, misalnya akun orang terkenal lainnya, apa yang sedang viral, dan sebagainya. Saat follower sudah mulai bertambah, maka bisa diseleksi kembali mana seleb yang tetap di-follow dan mana yang bisa di-unfollow.

Baca juga: Cara Beli Followers Instagram

Tips Memaksimalkan Follower Instagram Untuk Jualan

Setelah melakukan cara-cara di atas dan jumlah follower sudah meningkat, kini saatnya memaksimalkan follower Instagram untuk bisnis. Jangan kaget kalau banyak usaha kecil yang bisa sukses hanya lewat Instagram. Awalnya mungkin hanya produk rumahan tapi kini bisa mendunia dan omzetnya pun mengejutkan. Inilah tips selanjutnya yang bisa dicoba:

1. Pancing Untuk Share Posting-an

Inilah salah satu tujuan mengapa pengelola akun Instagram harus membuat konten yang menarik dan bermanfaat. Sifat seseorang dalam bermedia sosial adalah membagikan informasi yang dirasanya menarik dan berguna bagi orang lain. Dengan demikian, buatlah konten yang seperti itu untuk memancing seseorang menyebarluaskannya. Apabila ini terjadi bahkan menjadi viral, maka promosi bisnis tidak perlu usaha yang terlalu banyak dan tidak memakan biaya.

2. Ajak Follower Untuk Repost

Follower suka mer-repost sesuatu yang dianggapnya menarik, baik di Instagram Feed atau Instagram Story. Jangan segan untuk mengajak para follower agar me-repost karena inilah cara menyebarluaskan informasi mengenai bisnis yang sedang dijalankan. Orang-orang yang belum mem-follow nantinya bisa tahu dari posting-an follower yang me-repost tersebut.

3. Minta Follower Untuk Tag Orang Lain

Selain meminta follower untuk me-repost, bisa juga mengajak mereka agar men-tag teman-temannya. Secara tidak langsung, cara ini efektif sebagai strategi pemasaran produk atau jasa. Dengan men-tag orang lain pun si pemilik bisnis bisa membaca seperti apa karakteristik calon pelanggannya. Sebab seseorang pasti akan menyeleksi siapa saja yang akan di-tag olehnya.

4. Promo Khusus di Instagram

Saat ini ada banyak promo yang dilakukan melalui Instagram. Salah satu ide promosi yang bisa dicoba adalah mengwajibkan seseorang untuk memfollow akun Instagram jika ingin mengikuti program spesial, misalnya giveaway, buy 1 get 1, harga khusus, dan sebagainya. Cara ini cukup efektif karena seseorang merasakan langsung manfaatnya setelah menjadi follower.

5. Posting Testimoni Positif dan Tag Follower

Untuk meyakinkan calon pembeli lainnya, tak ada salahnya mem-posting review positif yang diberikan oleh seseorang. Bisa berupa capture dari chat atau foto dari pembeli yang disertakan ungkapan kepuasan mereka. Oleh sebab itu, jangan segan untuk meminta testimoni dari pembeli saat barang sudah datang atau selesai menggunakan jasa. Tag akun mereka supaya lebih meyakinkan saat meng-update posting-an.

Media sosial memberikan banyak manfaat apabila digunakan dengan bijak. Instagram untuk bisnis mungkin ke depannya akan lebih berkembang. Maka, jangan berhenti untuk memperhatikan tren dan terus berinovasi. Terlebih saat ini pasar berubah dengan sangat cepatnya.

Bisnis

Identifikasi Kebutuhan Pasar Lokal? Disertai Contohnya

Published

on

identifikasi kebutuhan pasar lokal

Pada kesempatan kali, kita akan membahas mengenai identifikasi kebutuhan pasar lokal, pembahasan prakarya dan kewirausahaan kelas 12 halaman 9.

Adanya artikel identifikasi kebutuhan pasar lokal, pembahasan prakarya dan kewirausahaan kelas 12 halaman 9, akan dibahas secara rinci dan jelas, dilengkapi dengan beberapa informasi yang mendasari.

Identifikasi kebutuhan pasar lokal?

Dilansir dari buku kemendikbud, berikut ini pembahasan lengkap mengenai identifikasi kebutuhan pasar lokal oleh desta wirnas, s.tp dan kawan-kawan.

1.  Kebutuhan: alat tulis menulis

  • Produk atau ide: penggaris, pulpen, buku
  • Pasar sasaran: toko alat tulis kantor, koperasi sekolah,

2. Kebutuhan: alat perlengkapan kucing

  • Produk atau ide: pakan kucing, tempat makan kucing, pasir kucing, shampo, dan mainan kucing
  • Pasar sasaran: toko hewan atau petshop

3.  Kebutuhan: alat bawa raket bulu tangkis

  • Produk atau ide: tas khusus bulu tangkis
  • Pasar sasaran: koperasi sekolah, toko perlengkapan sekolah dan olahraga,

3.  Kebutuhan: penyimpanan alas kaki

  • Produk atau ide: rak gantung
  • Pasar sasaran: toko plastic dan perlengkapan rumah tangga

 4. Kebutuhan: alat pembersih lantai

  • Produk atau ide: pel dengan tangkai yang bisa dilipat
  • Pasar sasaran: toko peralatan rumah tangga

5.  Kebutuhan: alat pembawa barang saat bepergian

  • Produk atau ide: koper, tas besar
  • Pasar sasaran: toko tas, toko peralatan sekolah

6. Kebutuhan: alat tempat makan

  • Produk atau ide: kotak plastik wadah makanan
  • Pasar sasaran: pasar, toko plastic dan peralatan rumah tangga

7. Kebutuhan: kebutuhan baju muslim di hari raya umat islam

  • Produk atau ide: baju kokoh, jubah, hingga busana muslim yang sedang trend
  • Pasar sasaran: toko pakaian

8.  Kebutuhan: alat untuk mengambil sesuatu yang tinggi

  • Produk atau ide: tangga portable
  • Pasar sasaran: toko bangunan

Demikian artikel identifikasi kebutuhan pasar lokal, pembahasan prakarya dan kewirausahaan kelas 12 halaman 9. Semoga jawaban dari identifikasi kebutuhan pasar lokal membantu proses pembelajaran.

Baca Juga: Salah Satu Contoh Dari Buku Nonfiksi Adalah

(Upy/G)

Continue Reading

Bisnis

Pengertian Dan Tujuan Teks Prosedu

Published

on

tujuan teks prosedur

Teks prosedur adalah salah satu jenis teks paling umum dan banyak digunakan dalam berbagai cara, apa tujuan teks prosedur? Sesuai dengan namanya, berisi tentang tata cara atau langkah-langkah yang disusun secara urutan menurun. 

Teks prosedur merupakan bentuk tertulis yang menjelaskan cara kerja sesuatu yang berisi instruksi. Dalam kehidupan sehari-hari, Anda dapat menemukan banyak contoh teks prosedur. 

Pengertian Dan Tujuan Teks Prosedur

tujuan teks prosedur
Sumber gambar: YouTube

Teks prosedur dapat ditemukan pada brosur petunjuk pemasangan atau penggunaan alat elektronik. Pada kemasan produk perawatan kulit sebagai petunjuk penggunaan atau dalam bentuk resep. 

Meskipun ditemukan dalam contoh yang berbeda, teks prosedur memiliki tujuan yang sama. Tujuan dari teks prosedur secara  sederhana untuk menggambarkan dan menjelaskan langkah-langkah yang terlibat dalam melakukan sesuatu.

Untuk mencapai tujuan ini, penulis harus memberikan perhatian khusus pada beberapa aspek dari teks prosedur selama persiapannya. Dari berbagai sumber, kami merangkum makna, tujuan, dan unsur-unsur penyusun teks prosedur dan menawarkan contoh teks prosedur yang dapat Anda pahami. 

Teks prosedur adalah jenis teks yang menjelaskan cara melakukan aktivitas tertentu secara berurutan menurut prosedur yang sesuai. Ada banyak bentuk teks prosedur, mulai dari cara membuat makanan hingga cara membuat atau memainkan game.

Instruksi untuk melakukan eksperimen penelitian hingga prosedur keselamatan jalan.  Setiap instruksi dalam teks prosedur ini ditulis sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah diikuti atau dipelajari oleh pembaca. Sudah paham kan jawaban dari “tujuan teks prosedur?”

Unsur-Unsur Penyusun

Setelah menentukan makna dan tujuan teks prosedur, penting untuk mengetahui bagian mana dari teks prosedur tersebut. Struktur atau kerangka teks dan bahasa yang digunakan adalah dua jenis utama dari aspek atau elemen penyusun dalam teks prosedur ini. Lihat di bawah untuk penjelasan lebih lengkap.

  1. Struktur teks

Teks prosedur terdiri dari tiga bagian, tujuan, bahan, dan langkah. Bagian pertama menjelaskan tujuan penulisan teks prosedur, dan bagian kedua berisi informasi tentang bahan dan alat yang diperlukan untuk mempraktikkan prosedur. 

Bagian terakhir, atau langkah-langkah berisi urutan instruksi yang harus diikuti, yang disusun sedemikian rupa sehingga mudah dipahami dan dipraktikkan oleh pembaca. 

  1. Fitur bahasa

Unsur selanjutnya dari teks prosedur adalah fitur dan bahasa. Karena ini tentang bagaimana melakukan sesuatu (To do something), fitur bahasa yang digunakan dalam teks ini adalah perintah atau instruksi. Kalimat instruksional dalam teks prosedur biasanya menggunakan kata-kata yang pendek dan lugas. 

Jadi, setiap instruksi dapat dipahami dan dilakukan dengan benar. Selain itu, kalimat penghubung dapat digunakan antara klausa instruksi dalam teks prosedur. Agar setiap kalimat mudah dipahami dan dihubungkan satu sama lain, komponen bahasa dalam teks prosedur mengandung kata keterangan untuk penjelasan yang lebih rinci. 

Misalnya, masukkan adonan ke dalam oven selama 20 menit, aduk bahan dengan hati-hati agar tidak pecah, dan sebagainya. Akhirnya, setelah memahami makna, tujuan, dan unsur-unsur teks prosedur, akan ditampilkan beberapa teks prosedur yang khas. Sudah paham kan jawaban dari “tujuan teks prosedur?” 

Contoh Teks Prosedur

Seperti disebutkan sebelumnya, teks prosedur ini dapat digunakan dalam berbagai cara dan tujuan. Mulai dari kebutuhan cara memasak, cara menggunakan alat, dan lain sebagainya, berikut beberapa teks prosedur dasar yang dapat Anda pahami. 

Cara mematikan laptop dengan benar

Laptop seharusnya dimatikan, tetapi ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti. Mematikan laptop dengan benar akan membuatnya bertahan lebih lama dan akan mencegah kerusakan lebih cepat. 

Sudah paham kan jawaban dari “tujuan teks prosedur?” Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mematikan komputer: 

  • Tutup semua aplikasi lain yang sedang digunakan. 
  • Di pojok kiri bawah, klik menu logo Windows. 
  • Pilih Matikan. 
  • Tunggu beberapa saat hingga laptop benar-benar mati. 
  • Pastikan kabel tidak terpasang ke soket.

Diatas adalah jawaban dari “tujuan teks prosedur” semoga bermanfaat.

Baca Juga: Bagaimana Karakteristik Benua Asia

(Upy/G)

Continue Reading

Bisnis

Mau Punya Bisnis Reseller Skincare? 7 Tips Supaya Cepat Laku

Published

on

Mau Punya Bisnis Reseller Skincare? 7 Tips Supaya Cepat Laku

Pada saat ini, skincare menjadi satu kebutuhan penting yang diperlukan, khususnya untuk para wanita. Bahkan sudah banyak brand dan jenis produk yang bisa membantu perbaiki masalah kulit. Nah, ini bisa menjadi peluang kamu untuk punya bisnis reseller skincare, lho!. 

Wanita mana yang tidak tertarik memiliki kulit bersinar dan sehat? Yup, maka dari itu di jaman sekarang mudah sekali ditemukan macam-macam produk perawatan. 

Hal ini bisa kamu jadikan peluang usaha asal kamu tahu caranya. Apalagi dengan bantuan marketplace dan sosial media yang bisa membantu memperluaskan jangkauan penjualan. 

Tips Buka Bisnis Reseller Skincare

Tips Buka Bisnis Reseller Skincare
Sumber gambar: pexels.com/Karolina-Grabowska

Simak beberapa langkah di bawah ini supaya bisnis kamu nantinya terstruktur dan menguntungkan. 

1. Buat Rencana Bisnis

Membuat rencana adalah hal yang palin penting dari setiap kegiatan. Rencana yang akan menjadi tolak ukur kamu dalam berbisnis seperti ingin melangkah kemana, ambil keputusan apa, siapa target pasarnya dan apa yang bisa menjadi peluang. 

Pada rencana bisnis pun harus sangat lengkap dan detail. Kamu tidak bisa memikirkannya sembarangan karena jika gagal, apa yang kamu jalani nantinya bisa berantakan semua. 

Jika sulit untuk dibayangkan, kamu bisa memulai dengan membuat sebuah roadmap yang terarah. 

Pada bisnis skincare reseller, kamu bisa memulainya membuat map dari awal yaitu seperti memilih fokus di brand lokal atau luar negeri, produk harga murah atau tinggi, dan produk apa yang sekiranya paling laris di pasaran. 

2. Menentukan Langkah

Dalam menentukan langkah sama saja seperti kamu menentukan bisnis strategi apa yang ingin kamu lakukan. Kamu bisa memulainya dari memikirkan apakah produk yang kamu jual dan pasarkan secara online maupun offline.

Tentunya kalau secara online kamu perlu memahami cara marketing online lagi yang bisa membantu penjualan nantinya. Contohnya seperti pasang iklan di marketplace, menggunakan Ads, dan hal lainnya. 

3. Pemilihan Produk 

Nah, yang ini sama seperti nomor satu. Kamu perlu memilih produk apa yang akan dijual untuk bisnis reseller kamu. Namun berhati-hatilah dalam memilih produk karena banyak sekali produk di luar sana yang tidak mengantongi surat kelayakan dan izin jual dari BPOM

Karena ini skincare, dan pemakaiannya langsung diaplikasikan ke kulit manusia, jadi harus pilih yang aman. 

Jika kamu asal dan memilih produk yang tidak ada izin nya, pembeli yang memakai produk tersebut kemungkinan besar akan merasakan ada yang tidak beres pada produk kamu. Nah, kamu juga perlu diperhatikan, jika produknya dari luar negeri pastikan itu tidak palsu. 

4. Mencari Supplier

Selanjutnya, yang terpenting adalah mencari supplier atau penyedia skincare yang terpercaya dan harga jualnya masuk ke kriteria kamu. Jangan malu untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada supplier supaya kamu bisa tahu bagaimana kualitasnya. 

Skincare adalah barang yang memiliki resiko tinggi karena langsung dipakai ke kulit, jadi pilihlah supplier yang menjual produk original supaya nantinya nama kamu sebagai reseller baik di mata pembeli. 

5. Menentukan Harga Jual

Nah, jika kamu sudah mendapatkan supplier yang terpercaya, selanjutnya kamu perlu menentukan harga jual yang sesuai dengan standar pasar. 

Dengan adanya internet, orang-orang bisa dengan mudah membeli keperluan yang mereka butuhkan termasuk skincare ini. Semakin mudah juga semakin menjadi tantangan untuk seorang reseller. 

Kamu perlu bersaing harga karena pastinya banyak penjual menjual produk yang sama namun dengan harga yang lebih murah. 

6. Memasang Iklan

Pada langkah ini, kamu bisa memasang iklan di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya. Buatlah iklan produk yang kamu jual semenarik mungkin agar pembeli bisa paham mana reseller yang lebih masuk ke kriteria mereka. 

Tidak cukup sampai disitu saja. Mengiklankan produk lewat sosial media juga sama penting, bahkan dengan media ini kamu bisa menjangkau pembeli yang lebih luas. 

7. Atur Keuangan dengan Bijak

Menjalankan bisnis sudah pasti tidak mencampurkan hal-hal pribadi di dalamnya, termasuk soal keuangan. Disarankan kamu memisahkan uang pribadi dengan uang bisnis skincare mu, contohnya seperti membuat rekening baru yang terpisah dengan dana pribadi. 

Hal ini tentunya sangat penting supaya kamu bisa lebih mengetahui uang keluar dan masuk sehingga perhitungan nantinya akan sesuai atau balance. Jadi seperti itulah 7 tipsnya dalam membuka bisnis reseller skincare yang bisa terwujud untuk kamu. Mudah bukan? Nah, sekarang saatnya kamu mulai melangkah!.

Continue Reading

Trending