Kalapas Arga Makmur kelas II b,Wahyu.

Bengkulu Utara,GC-Persoalan kelebihan kapasitas Lembaga permasyarakatan (Lapas) kelas II b Arga Makmur (Arma) Kabupaten Bengkulu Utara menjadi masalah serius yang dihadapi saat ini.

Kepala Lapas kelas II b Arga Makmur,Wahyu,(1/2/2017) diruang kerjanya mengatakan, tahun 2017 ini berharap segera dibangun ruang tahanan baru. Sebab lapas Kelas II b sudah over kavasitas karena jumlah Narapidana  tak sesuai lagi dengan luas kamar dan jumlah lapas.

“Kami sudah mengusulkan agar ada pembangunan serta rehap total ruang tahanan baru,sebab ruang Lapas saat ini hanya mencukupi 200 orang  tahanan,” Kata kalapas.

Selain itu kalapas,juga mengatakan pembangunan rehab total saat ini lebih diutamakan  pada tempat keamanan dan pembinanaan. Yang mana untuk tempat pembinaan akan dibuat blok tahanan khusus  bagi anak dan wanita sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku.

“Untuk diketahui jumlah tahan saat ini sudah mencapai 400 orang,bahkan bukan hanya tahanan dari bengkulu utara saja di sini namun  tahan dari kabupaten bengkulu tengah juga ditampung dilapas arga makmur,” Jelas Kalapas.

Disisi lain,kalapas menilai para penjaga tahanan dan pembinaan di lapas kelas II b Arga Makmur saat ini  kurang. karena sebanyak 400 orang  tahanan hanya di jaga oleh 60 orang pegawai Lapas.(BEN)