Apa itu Web Resource - sejarah dan perkembangannya

Web Resource secara harafiah artinya adalah sumber daya web. Di era sekarang, kita benar-benar terhubung dengan segala sesuatu yang berbasis web. Ini membuat, semakin banyak orang yang akrab dengan website.

Kita harus peduli tentang pengembangan internet itu sendiri.

Website adalah apa yang Anda kunjungi setiap hari di internet. Website itu seperti buku elektronik yang terdiri dari banyak buku yang bisa Anda buka dan baca.

Tidak terbatas pada buku-buku tertentu, di sana Anda juga dapat menemukan cerita, berbagai konten hiburan dan sebagainya.

Jika kita menganggap keberadaan sebuah kota, di kota itu ada banyak rumah. Sama dengan website. website ibarat kumpulan rumah di sebuah kota. Sedangkan kota itu sendiri adalah apa yang kita sebut internet.

Tentunya, ada banyak jenis rumah yang bisa kita temukan di sebuah kota. Mulai dari rumah model klasik, model biasa, model rumah adat, hingga model modern.

Sama seperti isi internet, banyak website yang tersebar di sana. Kita hanya perlu mencari tahu dari sekian banyak website yang ingin di kunjungi.

Dari Google, Facebook, Twitter, CNN, Kompas, dll. Ketika Anda membuka layanan ini di desktop atau perangkat seluler, yang Anda buka adalah website.

Meskipun Anda telah berinteraksi dengan website setiap hari, mungkin banyak dari Anda, tidak tahu apa arti website itu sendiri. Melalui artikel ini kita akan membahas tentang pengertian website, beserta sejarah, jenis, dan manfaatnya.

Sejarah Website

Sumber daya website atau Web Resource, adalah kumpulan halaman pada domain di internet. Yang dibuat dengan tujuan tertentu yang saling berhubungan dan dapat diakses secara luas melalui halaman web (home page) pada browser menggunakan URL website.

Website ini, pertama kali dibuat oleh Tim Berners-Lee pada akhir 1980-an dan baru resmi online pada 1991.

Tujuan awal Tim Berners-Lee untuk membuat website adalah untuk memudahkan para peneliti di tempat kerja mereka, ketika mereka akan bertukar atau membuat perubahan pada informasi.

Website dapat dimiliki oleh perorangan, organisasi atau perusahaan. Secara umum, sebuah website akan menampilkan informasi atau satu topik tertentu, walaupun saat ini banyak website yang menampilkan berbagai informasi tentang berbagai topik.

Website dapat diakses oleh perangkat atau gadget apa pun. Dengan ketentuan bahwa, gadget memenuhi standar teknologi yang diperlukan untuk menjalankan skrip website.

Skrip juga merupakan bagian dari sumber daya web. Karena tidak semua website menggunakan teknologi yang sama.

Ada website yang hanya berisi informasi sederhana yang sangat ringan untuk dibuka dan diakses.

Sebaliknya ada juga banyak webiste yang berisi gambar dan animasi yang menarik, tetapi sangat berat untuk dibuka, dimana membutuh waktu lama untuk memuat halaman demi halaman.

Elemen website

Ada 3 elemen yang sangat vital di website dan juga masih merupakan bagian dari Web Resource itu sendiri. Tanpa semua elemen ini, website Anda tidak akan pernah ditemukan dan diakses oleh pengguna di internet. Tiga elemen yang dimaksud adalah:

Domain

Jika website disamakan dengan produk, maka domainnya adalah merek. Penggunaan domain yang menarik akan membuat orang tertarik memasuki webite.

Pemilihan nama domain yang unik, juga memudahkan orang mengingatnya, untuk kunjungan kembali. Banyak pihak yang bersedia mengeluarkan dana dalam jumlah besar, untuk membeli domain yang unik.

Domain unik memberi akses mudah ke pengguna. Sumber daya web ini, juga sangat penting untuk admin.

Bayangkan jika konten website Anda sangat bagus, tetapi sangat sulit untuk menulis alamat website Anda. Maka orang akan pergi. Domain adalah bagian dari sumber daya web yang penting.

Kemudahan mengingat juga memberikan poin penting bagi pengguna. Dengan memberikan nama domain yang unik dan mudah membuatnya mudah bagi orang yang mengaksesnya untuk mengucapkan dan mengetiknya di keyboard mereka.

Adanya sedikit kesalahan dalam pengejaan atau kesalahan dalam menulis, hanya satu huruf di domain dapat membuat website yang di tuju bukanlah website yang dimaksud.

Sebagai contoh dengan nama www.car.com, pasti akan memiliki alamat yang berbeda jika kita mengetikkan www.car.co bukan?

Hosting

Tidak kalah pentingnya dengan domain, hosting memiliki peran untuk menyimpan semua database (skrip, gambar, video, teks, dll.) Yang diperlukan untuk membentuk website.

Banyak sekali penyedia layanan hosting dengan berbagai fasilitas yang bisa Anda pilih. Hosting adalah yang paling penting dari fasilitas sumber website.

Layanan web hosting tentu saja mendukung kapasitas drive yang dapat menyimpan banyak data untuk website Anda.

Jika website Anda adalah jenis hiburan dan membutuhkan banyak gambar dan video, Anda harus memastikan website membutuhkan penyimpanan yang sangat besar, bukan?

Tidak hanya jumlah penyimpanan, tetapi juga kecepatan akses data, juga tergantung pada hosting apa yang digunakan.

Karena hosting di sini, juga didukung oleh perangkat keras dari penyedia hosting. Tentunya, akan sangat berbeda kemampuan antar perangkat yang bermerek dan memiliki kredibilitas tinggi dengan perangkat biasa yang harganya juga tidak terlalu mahal.

Konten

Website tanpa konten, website dapat dikatakan tidak memiliki tujuan yang jelas.

Konten adalah bagian dari sumber daya web. Bisa dalam bentuk teks, gambar atau video.

Jika dilihat dari konten yang disajikan, ada beberapa jenis website. Misalnya, media sosial, website berita, website jual beli, atau website yang berisi konten berdasarkan minat, bakat, dan hobi.

Konten ini mencerminkan siapa pengunjung website, dan apa fokus dari konten web yang akan disajikan.

Konten bertindak seperti menggelegar untuk menangkap ikan.

Dengan konten, pengunjung akan mencari dan melihat apakah website sesuai dengan apa yang mereka cari.

Konten yang tidak diolah, membuat pengunjung bingung dan tidak menyukai konten website.

Oleh karena itu, membangun konten adalah salah satu poin utama yang harus dipertimbangkan dalam membuat website. Sehingga menjadi website yang baik. Salah satu hal yang membuat sumber daya web hidup adalah konten!

Baca juga artikel internet lainnya;

Jenis Website

Situs web adalah tempat yang tepat untuk menampilkan informasi. Awalnya, informasi yang ditampilkan di situs web hanya ditulis.

Saat ini Anda dapat menemukan berbagai jenis situs web dengan mudah, tidak hanya menampilkan informasi dalam bentuk tulisan.

Personal Website

Saat ini tersedia berbagai layanan yang dapat Anda gunakan untuk membuat situs web pribadi. Mulai dari layanan gratis hingga berbayar.

Gratis, Anda harus bersedia memiliki alamat situs web seperti www.nameofservice.com/ nama pengguna Anda atau www.websitename.blogspot.com.

Alamat situs web seperti contoh di atas tidak disarankan bagi Anda yang ingin memiliki konten lengkap, seperti keberadaan video dan banyak gambar.

Biasanya, penyedia layanan situs web gratis akan menyediakan sumber daya terbatas.

About web

Selain itu, alamat situs web Anda akan sulit untuk bersaing di mesin pencari. Karena itu kami menyarankan Anda untuk membuat website pada layanan Web Developer dan penyedia domain hosting profesional.

Jadi, Anda dapat membuat situs web yang lebih profesional di www.yourname.com.

Situs web berbayar memberi Anda banyak fasilitas yang memungkinkan situs web Anda terlihat bagus dan mudah diakses oleh pengguna yang ada. Berbagai fasilitas pendukung Anda juga bisa dengan mudah meningkatkan situs web Anda.

Dengan situs web berbayar, kami dapat memodifikasi tampilan situs web kami dengan mudah dan baik hanya dalam waktu singkat. Berbeda dengan situs web biasa yang membutuhkan jam untuk melakukan pengeditan pada konten yang ada.

Profesional VS Situs Web non Profesional

Tidak hanya itu, situs web profesional juga memudahkan Anda mengembangkan situs web Anda lagi dengan berbagai fasilitas integrasi dengan aplikasi atau perangkat lain.

Web Toko Online

Tahukah Anda toko online Indonesia paling populer saat ini?

Tentu Anda sudah punya jawabannya.

Apakah Anda ingin membuat toko online dengan fungsi yang tidak jauh berbeda dengan toko online yang ada saat ini?

Jika demikian, dengan menggunakan alat yang sesuai Anda dapat membuatnya dalam hitungan jam atau bahkan menit, dan situs web toko online Anda dapat diakses melalui internet.

Ada banyak jenis toko online yang bisa Anda buat sesuai keinginan Anda. Mulai dari toko online dengan fasilitas pelacakan yang sangat mudah bagi pengguna untuk mengetahui sampai sejauh mana barang yang mereka pesan.

Fasilitas lain adalah sistem perbandingan harga otomatis dengan barang serupa lainnya. Toko online ini memiliki logika yang lebih rumit tetapi ini bisa sangat membantu bagi penggunanya. Mereka dapat mengetahui harga apa yang ada di pasaran tanpa harus membuka tab lain untuk membuat perbandingan.

Blog

Blog biasanya berisi artikel yang bertujuan untuk membagikan pengetahuan, ide atau pengalaman penulis. Blog dapat berisi catatan dari aktivitas sehari-hari, catatan pribadi, tutorial, dan sebagainya.

Tujuan dari blog ini adalah untuk berbagi pengetahuan terkait web hosting, pemasaran internet dan hal-hal lainnya.

Untuk artikel yang diterbitkan masing-masing blog berbeda, mulai dari satu hari satu artikel atau bahkan satu artikel dalam satu minggu. Ini tergantung pada kualitas artikel yang dibuat dan jumlah penulis.

Ada blog yang bertujuan untuk dibagikan dan ada pula yang sengaja dibuat dengan tujuan bisnis. Blog yang dibuat untuk tujuan bisnis biasanya adalah jenis blog yang mengekspos informasi kepada pengguna, dan blog ini biasanya memiliki iklan di halaman mereka sebagai sarana untuk menghasilkan uang.

Blog profesional dan tidak profesional dapat dilihat dari iklan yang ditampilkan. Ada blog yang menampilkan iklan dengan begitu banyak komposisi sehingga orang merasa sulit untuk melihat apa sebenarnya isi blog karena hampir 50% hanya berisi iklan yang kurang bermanfaat. Blog yang baik akan menyesuaikan komposisi iklan dengan komposisi bahan web itu sendiri.

Manfaat Website

Situs web memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita. Anda dapat mengakses media sosial menggunakan situs web. Belanja online juga dilakukan di situs web. Ketika Anda membutuhkan informasi penting, Anda juga dapat mengaksesnya melalui situs web.

Manfaat dari situs web tidak hanya itu, masih banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari situs web tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat situs web yang penting untuk Anda ketahui:

Membangun Personal Branding

Mulai dari manfaat situs web untuk pribadi, yaitu situs web untuk personal branding. Dengan situs web, Anda dapat membangun branding pribadi yang kuat dan tepercaya.

Anda dapat berbagi pekerjaan dan portofolio Anda di situs web. Baik itu tulisan, foto, lukisan, gambar, desain grafis, hingga musik. Anda dapat membangun personal branding profesional menggunakan situs web.

Personal branding memang tidak mudah dibuat. Anda harus sejak awal memperkenalkan diri melalui web yang Anda miliki. Menyusun konten yang bagus dan menarik menjadi poin penting di sini. Jika konten yang kami buat menarik orang lain untuk mengunjungi situs web kami, maka kami dapat yakin bahwa branding kami berhasil dan hanya memikirkan cara selanjutnya untuk membuat merek kami lebih dikenal.

Berbagi Cerita dan Informasi

Pernahkah Anda membaca cerita dari Oprah? Atau Mungkin Anda sudah membaca kisah perjalanannya. Mereka berdua adalah contoh blogger sukses dengan cerita melalui situs web.

Anda juga dapat mengikuti langkah mereka dengan mulai membuat blog. Dengan membuat blog Anda dapat membagikan cerita atau informasi apa pun. Dari traveling, parenting, teknologi, keuangan, hingga kuliner.

Terkadang banyak orang mengunjungi situs web atau blog hanya karena mereka ingin membaca pengalaman orang lain yang ditulis di web. Dengan pengalaman ini pembaca akan dapat membangun langkah selanjutnya untuk apa yang akan mereka rencanakan selanjutnya.

Hasilkan uang

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang menggunakan situs web. Anda bisa menjadi blogger dan mendapatkan banyak dukungan atau tawaran kerja sama. Selain itu, Anda juga dapat mendaftarkan situs web ke Google AdSense untuk mendapatkan uang dari iklan Google.

Anda juga dapat bergabung dengan program pemasaran afiliasi untuk menghasilkan uang dari situs web. Pekerjaan Anda sebagai pemasar afiliasi adalah mempromosikan produk atau layanan dari perusahaan lain di situs web Anda. Maka Anda bisa mendapatkan komisi jika Anda membeli melalui situs web Anda.

Cara lain untuk menghasilkan uang melalui situs web adalah membuat toko online. Anda dapat menjual berbagai produk atau layanan di situs web toko online Anda.

Bagaimana Menghasilkan Uang?

Saat ini banyak situs web yang dibuat sebagai mesin penghasil uang. Ini karena ada dua tujuan bagi pembuat situs web, yaitu mengembangkan situs web mereka sambil mendapatkan suntikan dana dari pembaca mereka. Ini seperti menyelam sambil minum air. Saat membuat konten, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari sana, menarik bukan?

Penghasilan yang Anda dapat dari blogger profesional bisa sama dengan Anda bekerja secara profesional di pekerjaan hukum lainnya. Memang tidak ada yang lebih baik dari hobi berbayar. Saat ini sangat populer untuk bekerja sesuai dengan hobi atau hasrat, karena dapat memperdalamnya dengan lebih menyenangkan.

Sekarang Membuat Situs Web Lebih Mudah!

Membuat situs web tidak sesulit yang Anda pikirkan. Anda tidak perlu menjadi pengembang atau pemrogram untuk dapat membuat situs web. Sekarang Anda dapat membuat situs web tanpa memerlukan pengetahuan pengkodean?

Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan menggunakan WordPress. WordPress adalah platform pembuatan situs web yang memungkinkan Anda membuat website hanya dalam hitungan menit.

Dengan WordPress Anda dapat membuat situs web berkualitas tinggi tanpa harus berurusan dengan pengkodean. Cukup instal WordPress, beli hosting web, pilih tema favorit Anda, pasang plugin penting, dan situs web sudah siap.

Selain wordpres, blog pribadi bisa menjadi situs web yang bagus jika kontennya dikelola dengan baik. Terdaftar di domain yang oke dan juga memperhatikan SEO. SEO yang baik di situs web memungkinkan web dapat ditemukan dengan mudah oleh orang lain. Dengan SEO yang bagus, posisi situs web Anda dapat dengan mudah ditemukan ketika orang mencari di mesin pencari seperti google.

Saat ini SEO juga merupakan salah satu target master web. Mereka mencari penulis SEO yang memahami SEO. Sehingga situs web mereka dapat dengan mudah ditemukan di mesin pencari.

Baca: Tips memilih Jasa SEO Profesional terbaik dan berkualitas