Connect with us

Tehnologi

Apa itu Revolusi Industri 4.0

Published

on

Apa itu Revolusi Industri 4.0

Saat ini, tentang apa itu Revolusi Industri 4.0, menjadi salah satu topik penting. Ini berkaitan dengan pergeseran peradaban manusia. Yang mana memang, sepanjang sejarah selalu melalui perubahan.

Berbicara tentang revolusi industri, dan sebagian besar dari Anda pasti sudah belajar tentang revolusi industri di Inggris, bukan?

Di sekolah kita belajar tentang revolusi industri dari revolusi pertama ke revolusi keempat. Biasanya dalam subjek Sejarah sering membahas hal ini.

Mungkin sebagian dari Anda bingung, jadi mengapa judulnya adalah revolusi industri 4.0. Bagaimana dengan revolusi pertama, kedua, dan ketiga?

Istilah ini sebenarnya sedang tren saat ini. Akhir-akhir ini banyak orang berbicara tentang revolusi industri 4.0. Tidak hanya tokoh nasional, tokoh internasional berulang kali membahas tentang “Bersiap untuk menyambut industri 4.0” atau “Kita tidak boleh dihancurkan oleh industri 4.0” atau “Kita harus dapat memanfaatkan fenomena Industri 4.0.”

Jadi, sebenarnya, apa itu revolusi industri 4.0? Dalam artikel ini, kita akan menggambarkan revolusi industri, mulai dari yang pertama hingga yang keempat. Karena itu, mari kita lihat artikelnya!

Revolusi industri

Pertama, pertama-tama kita melihat definisi revolusi industri itu sendiri. Revolusi industri berarti perubahan besar dan radikal dalam cara manusia menghasilkan barang. Perubahan besar ini telah dicatat tiga kali, dan sekarang kita sedang mengalami revolusi industri keempat.

Setiap perubahan besar selalu diikuti oleh perubahan besar dalam bidang ekonomi, politik, bahkan militer dan budaya. Tentu saja jutaan pekerjaan lama telah hilang, dan jutaan pekerjaan baru telah muncul.

Kita harus melihat secara lebih rinci dalam setiap revolusi industri, tetapi yang kasar adalah, beberapa hal yang sangat sulit, begitu lama, begitu mahal dalam proses produksi yang tiba-tiba mudah, cepat, dan murah.

Jadi ingat, ekonomi berbicara tentang berbagai jenis upaya manusia untuk mengatasi kelangkaan. Karena revolusi industri berkurang, kadang-kadang bahkan menghilangkan beberapa kelangkaan ini, sehingga waktu, energi, dan uang yang semula digunakan untuk mengatasi kekurangan ini tiba-tiba menjadi bebas, mereka dapat digunakan untuk hal-hal lain, untuk mengatasi kelangkaan orang lain. .

Hilang atau berkurangnya kelangkaan secara otomatis mengubah banyak aspek kehidupan sosial. Apalagi jika ternyata beberapa kelangkaan menghilang! tetapi, kita melihat melalui diskusi tentang revolusi yang paling mendekati revolusi industri 4, yaitu revolusi industri 3.

Revolusi Industri 3.0

Setelah mengganti tenaga otot dengan uap, lalu produksi paralel dengan serial, perubahan apa lagi yang bisa terjadi di dunia industri? Faktor selanjutnya yang diganti adalah manusia. Setelah revolusi industri kedua, manusia masih memainkan peran yang sangat penting dalam produksi barang, sebagaimana telah disebutkan, ini adalah era industri!

Era Komputer

Revolusi industri ketiga mengubahnya. Setelah revolusi ini, era industri perlahan-lahan berakhir, era informasi dimulai. Jika revolusi pertama dipicu oleh mesin uap, revolusi kedua dipicu oleh ban berjalan dan listrik, revolusi ketiga dipicu oleh mesin yang bergerak, yang berpikir secara otomatis: komputer dan robot.

Komputer itu awalnya barang mewah. Salah satu komputer pertama yang dikembangkan dalam Perang Dunia 2 sebagai mesin untuk memecahkan kode buatan Nazi Jerman, komputer yang dapat diprogram pertama yang disebut Colossus adalah mesin raksasa sebesar kamar tidur.

Tidak memiliki RAM, dan tidak dapat menerima pesanan dari manusia melalui keyboard, terutama layar sentuh, tetapi melalui pita kertas. Komputer kuno ini juga membutuhkan listrik yang sangat besar: 8500 watt! Tetapi kemampuannya tidak sesederhana smartphone di kantong sebagian besar orang Indonesia saat ini.

Teknologi Melakukan Peningkatan Sangat Kecil

Namun, kemajuan teknologi untuk bidikan komputer yang luar biasa setelah perang dunia kedua selesai. Penemuan semikonduktor, diikuti oleh transistor, kemudian chip terintegrasi (IC) membuat ukuran komputer lebih kecil, listrik membutuhkan lebih sedikit, sementara kemampuan menghitung terbang ke langit.

Mengurangi ukuran komputer menjadi penting, karena sekarang komputer dapat diinstal pada mesin yang mengoperasikan lini produksi. Sekarang, komputer menggantikan banyak orang sebagai operator dan pengontrol jalur produksi, sama seperti operator telepon di perusahaan telepon diganti oleh relay sehingga kita hanya perlu memanggil nomor telepon untuk menghubungi teman-teman kita.

Proses ini disebut “Automation”, semuanya otomatis, tidak perlu lagi bagi manusia. Artinya, sekali lagi ada penurunan kelangkaan sumber daya manusia, membebaskan ribuan pekerja untuk pekerjaan lain.

Seiring dengan kemajuan komputer, kemajuan mesin yang dapat dikendalikan oleh komputer juga meningkat. Semua jenis mesin dibuat dengan bentuk dan fungsi yang menyerupai bentuk dan fungsi manusia. Komputer menjadi otaknya, robot menjadi tangannya, perlahan-lahan fungsi kerja manual dan kerja manual menghilang.

Namun, ini tidak berarti bahwa tugas manusia dalam produksi dapat sepenuhnya digantikan oleh robot. Pabrikan mobil pada awalnya berpikir revolusi industri 3.0 akan seperti 2.0, di mana produksi paralel sepenuhnya digantikan oleh jalur produksi, robot akan sepenuhnya digantikan oleh manusia.

Penggantian yang Disebabkan Oleh Teknologi

Pabrik mobil pada 1990-an berusaha mengganti semua karyawannya dengan robot, akibatnya produktivitas menurun. E Musk mencoba melakukannya lagi pada tahun 2010 di pabrik mobil Tesla. Sekali lagi, semua orang menemukan fakta bahwa untuk produksi mobil, kombinasi manusia dan robot-komputer adalah yang terbaik. Munculnya robot dan komputer adalah penolong manusia, bukan pengganti.

Sekali lagi, revolusi ini mengubah masyarakat. Negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan negara-negara Eropa Barat cenderung berubah dari mengandalkan sektor manufaktur, bergantung pada sektor jasa seperti bank, studio film, IT, dll. Sebagai motor ekonomi mereka. Mereka berubah dari ekonomi industri menjadi ekonomi informasi.

Karena kemajuan ini juga, ada perubahan dari data analog ke data digital. Misalnya, dari merekam musik menggunakan kaset hingga menggunakan CD, dari menonton film di pemutar video hingga menggunakan pemutar DVD; dll. Ini terjadi karena komputer hanya dapat bekerja dengan data digital.

Karena ini adalah revolusi industri ketiga, nama lain adalah “Revolusi digital”. Karena revolusi ini juga, video game telah menjadi sesuatu yang normal dalam hidup kita, menjadi bisnis dengan miliaran nilai, bahkan triliunan dolar. Dengan kata lain di sisi negatif, digitalisasi, komputerisasi membuat kejahatan baru muncul: penipuan komputer.

OKE, setelah menginstal komputer dan robot dalam proses produksi, apa kemajuannya? Kemajuan apa lagi yang dapat ditemukan dalam industri ini?

Revolusi Industri 4.0

Konsep “Industri 4.0” pertama kali digunakan di depan umum di pameran industri Hannover Messe di kota Hannover, Jerman pada 2011. Dari acara ini juga muncul gagasan “Industri 2.0” dan “Industri 3.0”, sebelumnya hanya dikenal sebagai “Revolusi Teknologi” “Dan” Revolusi Digital “. Nah, Anda mungkin bisa menebak, setelah dua revolusi itu, revolusi seperti apa yang bisa terjadi lagi?

Perhatikan bahwa semua revolusi terjadi menggunakan revolusi sebelumnya sebagai dasar. Industry 2.0 tidak akan muncul selama kita masih mengandalkan otot, angin, dan air untuk produksi. Industry 3.0 pada dasarnya meningkatkan jalur produksi dengan komputer dan robot. Jadi, industri 4.0 juga pasti menggunakan komputer dan robot sebagai dasarnya. Jadi, kemajuan apa yang telah muncul di dunia komputer kita belakangan ini?

Hal Hebat Dari Jaringan

Pertama, kemajuan yang paling mencolok adalah internet. Semua komputer terhubung ke jaringan bersama. Komputer juga semakin kecil sehingga bisa sebesar kepalan tangan kita, jadi kita punya smartphone. Tidak hanya kita terhubung ke jaringan raksasa, kita SELALU terhubung ke jaringan raksasa.

Ini adalah bagian pertama dari revolusi industri keempat: “Internet of Things” ketika komputer di pabrik terhubung ke internet, ketika setiap masalah dalam jalur produksi dapat segera diketahui KETIKA ITU JUGA juga dimiliki oleh pemilik pabrik, di mana pun pemilik adalah!

Kedua, kemajuan teknologi juga menciptakan 1001 sensor baru, dan 1001 cara untuk memanfaatkan informasi yang diperoleh dari sensor-sensor ini yang merekam semuanya 24 jam sehari. Informasi ini bahkan menyangkut kinerja karyawan manusianya. Misalnya, sekarang perusahaan dapat melacak pergerakan semua dan semua karyawan saat berada di pabrik. Dari pergerakan ini, dapat dilihat, misalnya, bahwa karyawan ini menghabiskan terlalu banyak waktu dalam satu bagian, sehingga bagian tersebut perlu ditingkatkan.

Big Data

Masih ada 1001 informasi lain yang dapat diperoleh dari 1001 data yang berbeda, sehingga masih ada 1001-1001 cara untuk meningkatkan produktivitas pabrik yang sebelumnya tidak terpikirkan. Karena ada begitu banyak variasi dan jumlah data baru, aspek ini sering disebut Big Data.

Ketiga, terkait dengan yang pertama dan kedua, adalah Cloud Computing. Perhitungan yang rumit masih membutuhkan komputer besar yang canggih, tetapi karena mereka terhubung ke internet, karena ada banyak data yang dapat dikirim melalui internet, semua perhitungan ini dapat dilakukan di tempat lain, bukan di pabrik. Jadi, sebuah perusahaan yang memiliki 5 pabrik di 5 negara yang berbeda hanya perlu membeli komputer super untuk memproses data yang dibutuhkan secara bersamaan untuk lima pabrik tersebut. Tidak perlu membeli 5 superkomputer untuk melakukan ini secara terpisah.

Learning Machine

Keempat, ini sebenarnya yang terbesar: Learning Machine, yang merupakan mesin yang memiliki kemampuan untuk belajar, yang dapat menyadari bahwa ia telah membuat kesalahan sehingga membuat koreksi yang benar untuk meningkatkan hasil selanjutnya. Ini dapat diilustrasikan oleh cerita “AlphaZero AI”. Sebelum Machine Learning, komputer melakukan tugasnya dengan menjadi “Instructed” atau “Instructed” oleh manusia.

Menggabungkan keempat hal ini berarti bahwa perhitungan yang rumit, luar biasa, dan tidak terpikirkan tentang apa pun dapat dilakukan oleh komputer super dengan kemampuan di luar batas kemampuan manusia. Sebenarnya, tentu saja, sekarang tidak terlalu keren. Poin keempat, yaitu AI dan Machine Learning, masih sangat terbatas untuk tugas-tugas tertentu.

Tidak hanya Indonesia, negara-negara maju seperti Jepang, Jerman, dan Amerika Serikat masih memperdebatkan konsekuensi dari revolusi industri keempat ini, karena revolusi ini MASIH sedang berlangsung, atau bahkan hanya MULAI. Dengan kata lain masih banyak tantangan. Koneksi internet, misalnya, tidak universal.

Masih ada beberapa daerah yang tidak memiliki koneksi internet, bahkan di Amerika Serikat. Selain itu, koneksi internet berarti munculnya lubang keamanan baru. Perusahaan saingan pasti berusaha mengintip kinerja dan desain produksi melalui keamanan komputer dari kontrol produksi yang sekarang dapat diakses dari internet.

Lanjut

Kemajuan yang sangat cepat memaksa kita untuk secara sadar atau tidak mengikuti jalan di mana teknologi ini berjalan, jika tidak mengikuti ritme yang sedang berjalan maka kita bisa yakin kita akan kehilangan kendali. Revolusi 4.0 ini hampir secara universal dilakukan di mana semua wilayah telah menggunakan peradaban terkini. Memang hanya ada beberapa bagian wilayah yang masih belum terjangkau oleh teknologi, tetapi mereka dapat dihitung dengan jari dan sedang berkembang untuk memasukkan teknologi di dalamnya.

Bangkitnya AI

Jadi apa yang terjadi jika wilayah dengan perkembangan teknologi lambat tidak segera mengikuti? Tentunya akan menjadi daerah yang semakin terbelakang. Ada begitu banyak kemudahan yang bisa kita dapatkan dengan adanya teknologi. Kecepatan, kenyamanan, akses yang sangat mudah, dan sebagainya. Apa yang kita dapatkan, kita dapat meningkatkan lagi ke yang lebih baik.

Baru-baru ini pengembangan AI mulai dikerjakan dengan serius sehingga banyak negara maju telah mulai membuat berbagai prototipe AI. Tahukah Anda bahwa penggunaan sumber daya non-manusia yang telah dilatih dan diatur dengan benar akan lebih efisien dalam penggunaannya. Dengan kata lain, Kami akan sangat menekan jumlah insiden yang mungkin terjadi, bahkan mungkin kami bisa membidiknya! Lebih jauh lagi, kita tidak perlu meragukan disiplin mesin, mereka tidak pernah berlisensi, atau bahkan lalai. Mereka hanya berhenti ketika ada sesuatu yang tidak berfungsi dengan baik pada sistem mereka. Itu berarti tidak ada yang seperti disiplin mesin, kan?

Skill vs Sistem

Dengan pengalaman yang sangat panjang dan panjang, mungkin seorang teller bank dapat menghitung tagihan besar dengan sangat cepat. Hanya satu orang dan sangat sulit untuk membuat seseorang seperti itu, kecuali harus menempa selama bertahun-tahun. Namun dengan sistem dan juga robotika, jika Anda telah menemukan logika kami bahkan dapat menduplikasi keterampilan dan dapat menerapkannya ke banyak mesin dalam waktu yang sangat singkat. Tidak perlu menunggu pengalaman bertahun-tahun. Jadi, tahun depan kita bisa membiarkannya mengembangkan teknologi yang lebih maju ke arah itu.

Ketika berbicara dengan AI, kita akan lebih kagum, di mana kita dapat meningkatkan keterampilan mesin kita tanpa perlu mengajari kita. Namun mereka akan mengadopsi pengetahuan ini dari dunia luar dan dari pelajaran yang bisa mereka pelajari. Mereka sangat mudah untuk menyesuaikan dan mengadopsi apa yang telah mereka pelajari sejauh ini. Oleh karena itu tambahkan informasi itu ke jalur prosesor mereka dan juga melakukan analisis pribadi yang kemudian menambahkan informasi baru ke sistem mereka adalah pekerjaan mereka secara otomatis. Seperti siswa di sekolah dasar kelas 1, tanpa harus mengajar kami hanya dalam waktu satu bulan, ia dapat melompat ke siswa kelas 6. Secepat itu! Bayangkan seberapa efisien AI itu.

Mendesak

Kesimpulannya, di balik kecanggihan teknologi masih ada masalah lain yang sulit dipecahkan untuk pengembangan universal ini sendiri. Namun itu terkait dengan norma dan hati masih belum bisa digunakan sepenuhnya untuk mesin. Mesin hanya akan memproses sesuatu yang telah diberikan dan diajarkan kepadanya. Namun ada kalanya kita menghadapi kasus yang membutuhkan pertimbangan dan juga penggunaan insting manusia. Mesin itu masih tidak bisa menggunakannya, jadi mesin itu masih disebut sangat kaku untuk menghadapi apa pun alasannya menggunakan perasaan seperti manusia. Meskipun oleh karena itu telah dicoba dengan berbagai sistem canggih, tetapi sistem pertimbangan manusia masih sangat sulit untuk sampel dan diterapkan pada mesin.

Sumber: IDE Trend

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Hobby

5 Cara Mengedit Video di Laptop Dengan Cepat

Published

on

cara mengedit video di laptop

Media selalu berevolusi dan datang dalam berbagai bentuk. Jika dulunya yang trending adalah foto, maka sekarang ada yang baru yaitu video. Pasti teman teman sudah tidak asing lagi dengan media berbentuk video. Akan tetapi hanya sedikit orang yang pandai mengetahui cara mengedit video di laptop.

Kemampuan untuk mengedit video di laptop sangat dibutuhkan. Terutama dalam dunia bisnis dan konten marketing, ada banyak sekali konten seputar video. Ternyata mengedit video ini tidak susah kok. Mungkin akan sulit bagi anda yang masih belum terlalu pernah terjun ke dunia edit atau videografi. Ayo kita pelajari lebih lanjut.

Mengunduh Aplikasi Untuk Mengedit Video di Laptop

Aplikasi untuk edit video diperlukan sebelum bisa mengedit video. Salah satu rekomendasi terbaik kami adalah mengedit video melalui aplikasi Premiere Pro. Kami akan membahas tuntas semuanya mengenai cara mengedit di laptop dengan menggunakan premiere pro.

Mengunduh aplikasi ini bisa dilakukan secara resmi dan non resmi. Cara resminya saja mudah, karena anda bisa langsung mengunjungi situs resmi dari adobe premiere pro. Tetapi ini akan mengharuskan anda untuk membayar aplikasi supaya bisa digunakan.

Cara alternatifnya adalah dengan membajak aplikasi premiere pro. Anda bisa mendownload uTorrent kemudian download juga torrent dari website online. Dapatkan aplikasi premiere pro anda secara gratis menggunakan cara ini. Sehingga mengedit video di laptop pun tidak perlu berbayar. Download dan install aplikasi secara cepat.

Mengenal Fitur dan Tombol Premiere Pro

Fitur di premiere pro dimulai dengan memahami beberapa tombol. Anda bisa melihat setiap tombol dengan mengarahkan kursor diatas tombol. Tetapi jangan ditekan ya, soalnya informasi akan segera muncul. Pahami setiap tombol yang ada di premiere pro. Berikut adalah semua tombol yang penting untuk diketahui untuk mengenal cara mengedit video di laptop:

  • Cut
  • Loop
  • Multicam Button
  • Default Cursor
  • Insert
  • Toggle Proxies

Cara Mengedit Video di Laptop:

Sekarang adalah saatnya kita membahas tata cara mengedit video di laptop. Anda sudah selesai merekam dan mendapatkan file mentahnya. Pindahkan file mp4 atau file video serupa ke dalam perangkat anda. Ini akan mempermudah proses pengeditan dan juga untuk menghindari file untuk korup.

1. Import File ke Dalam Aplikasi Editing

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi untuk mengedit video yang lainnya. Jika anda menggunakan aplikasi seperti Movie Editor, Filmora, Final Cut Pro, dan lain lain pun akan tetap sama. Import file ke dalam aplikasi supaya anda bisa memindahkan.

2. Menyusun File dan Mengatur File MP4

File yang di import harus disusun dengan rapi. Penyusunan file mengambil beberapa menit saja kok. Sedikit penyusunan di awal akan menghemat waktu yang banyak nantinya. Kumpulkan konten sesuai dengan bagian atau adegan. Anda bisa memasukkan beberapa jumlah file ke dalam satu folder. Sehingga file bisa dengan mudah dicari apabile dibutuhkan nantinya.

3. Menaruh File Video Pada Sequence

Bagian terpenting pada pengeditan video adalah memasukkan video ke dalam sequence. Sequence adalah istilah yang digunakan sebagai stasiun kerja utama. Di dalam sequence, anda bisa mengubah urutan, memasukkan audio baru, dan lain lainnya.

Sequence terletak dibawah tampilan utama video. Dibagian ini, anda dapat mengedit dan menyusun video sesuai dengan urutan yang diinginkan. Pasti anda sudah sering melihat adegan adegan di dalam film bukan? Semuanya juga diedit menggunakan sequence tertentu.

Susun video mentah anda sesuai dengan urutan yang anda inginkan. Sambil mengedit, gunakan efek untuk menarik perhatian para penonton. Jika suka menonton film, maka anda sudah tidak asing lagi dengan efek atau transisi. Transisi ini hanya membutuhkan satu tekanan tombol saja kok. Pilih transisi yang sesuai dengan apa yang anda cari. Contohnya adalah seperti transisi, fade, cross slide, dan lain lain. Transisi dijamin akan membuat video anda jauh lebih keren lagi.

Ada banyak lagi hal lain yang bisa anda lakukan di sequence. Kami akan menyebutkan beberapa hal tersebut berikut ini:

Menambah Musik di Sequence

Setiap video akan jauh lebih menarik apabila ada sedikit musik. Kalau soal musik sih anda tinggal perlu menarik audio yang diinginkan dan tempelkan ke dalam sequence. Potong bagian bagian yang tidak diinginkan kemudian atur juga volume.

Menambah Efek di Sequence

Penambahan efek bisa dilakukan melalui sebuah panel effects. Beberapa efek yang mungkin anda inginkan adalah seperti filter zaman dahulu. Cari saja apa pun efek yang anda butuhkan. Bila perlu, cari efek di internet dan download template tambahan.

Tarik efek tersebut ke video yang anda inginkan. Tekan tombol preview supaya bisa melihat hasil efek kembali. Jika tidak sesuai, maka anda bisa mengatur kembali konsentrasi dari efek yang ingin digunakan.

Memasukkan Teks ke Dalam Video

Teks adalah bagian terakhir yang dimasukkan ke sebuah video. Ada dua jenis teks yang biasanya digunakan oleh para editor. Jenis teks yang pertama adalah subtitle. Teks ini diletakkan dibagian bawah oleh setiap adegan. Tujuannya adalah untuk memperjelas setiap adegan supaya bisa dimengerti ketika tidak terdengar dengan jelas.

Kesimpulan

Berikut adalah panduan lengkap dan singkat mengenai cara mengedit video di laptop. Aplikasi utama yang kami gunakan di tutorial hari ini memanglah Adobe Premiere Pro. Namun ada banyak jenis aplikasi lain yang dapat anda gunakan. Beberapa diantaranya adalah seperti filmora, final cut pro, dan movie editor.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan hasil editan video terbaik. Semoga anda dapat terbantu dan mulai mengedit video anda sendiri.

Baca Juga: Pentingnya Mengenal Konten Marketing di Era Digital

Continue Reading

Internet

Jenis-jenis Website di Dunia, Sangat Beragam!

Published

on

Apa itu Web Resource - sejarah dan perkembangannya

Situs website merupakan suatu kumpulan satu atau lebih halaman yang saling berhubungan. Isi website disajikan sesuai dengan temanya. Secara harfiah isi website biasanya konten multimedia dan berbagai informasi. Ternyata jenis-jenis website di dunia juga sangat beragam, dapat dibagi berdasarkan fungsi dan bentuknya.

Adapun cara mengidentifikasi website cukup praktis yakni melihat nama domain dan web server. Umumnya akses website dapat dilakukan siapa saja melalui jaringan IP publik. Misalnya  Internet, jaringan lokal (LAN), serta memanfaatkan Uniform Resource Locator (URL) sebagai alamatnya

Jenis-jenis Website Berdasarkan Fungsi

50 Best Websites 2014 | Time.com
Alamat halaman website (time.com)

Dilihat dari fungsinya, ada jenis-jenis website dengan tujuan penggunaan lebih spesifik, antara lain:

1. Company Profile

Company profileadalah jenis website sederhana yang tidak berubah-ubah. Bagi suatu perusahaan, company profile dibutuhkan untuk menyajikan informasi bisnisnya. Meliputi informasi jasa, produk, visi dan misi, sampai halaman kontak.

Pada company profile mengutamakan konten yang padat dan jelas. Disamping itu, lebih fokus terhadap desain website agar terlihat profesional dan terstruktur.

2. E-Commerce

E-Commerce merupakan website yang pada dasarnya digunakan untuk kegiatan jual beli produk dan jasa melalui internet. Fitur e-commerce lebih praktis bagi pemilik bisnis dan pembeli karena secara keseluruhan menggantikan fungsi toko konvensional. Contohnya fitur produk, cara pemesanan, transaksi pembayaran online, dan testimoni pelanggan.

3. Archive

Archive adalah website yang berfungsi untuk melestarikan dan menyimpan konten elektronik. Jadi, konten yang tersimpan dalam Archieve tidak akan hilang meskipun telah disimpan bertahun-tahun.

Misalnya berdasarkan laporan dari Google Groups pada tahun 2005, Google telah mengarsip sekitar 845 juta pesan. Dimana pesan-pesan tersebut merupakan topik pembahasan dalam grup diskusi online.

4. Government

Kini setiap instansi pemerintahan memiliki website masing-masing. Website resmi pemerintah mulai dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah lokal, dan departemen-departemen. Website yang dirilis pemerintah bertujuan untuk memberikan informasi daerah tersebut dan peraturan-peraturan. Salah satu contoh website pemerintahan yakni milik Pemprov DKI Jakarta yaitu Jakarta.go.id.

5. Blog

Biasanya blog dibuat dari platform blogger yang berfungsi sebagai wadah untuk mengekspresian ide. Pembuatan blog dapat dilakukan semua orang karena mudah dan gratis. Dalam blog juga dapat mengupload konten tulisan, foto, dan video.

Blogger dapat dijadikan profesi yang disinyalir mendatangkan pundi-pundi uang. Adapun platform pembuatan blog paling populer, antara lain wordpress.com milik WordPress Foundation dan blogger.com milik Google.

6. Community

Banyak yang belum memahami website community. Tahukan Anda maksud dari situs komunitas atau community sites yakni adalah tempat berkumpul orang-orang yang bersosialisasi dan akan membentuk komunitas. Melalui community site, pengguna lebih leluasa bertukar informasi dan membentuk grup-grup yang dinamakan forum.

7. Dating

Dating website disebut-sebut sebagai situs paling dicari di dunia. Dating website adalah tempat khusus untuk mencari pasangan dan teman kencan. Bahkan, melalui dating website seseorang dapat mencari pasangan dari negara lain sesuai dengan kriterianya.

Tingginya minat masyarakat terhadap website dating membuat sebagian besar website tersebut berbayar. Biasanya website dating memuat informasi dan menampilkan foto pribadi.

8. Personal

Personal website biasanya dimiliki oleh individu maupun kelompok kecil yang ternama atau ingin memperkenalkan diri. Isi personal website dapat menjadi branding individu yang memiliki website. Contoh personal website dari Presiden AS Barack Obama yakni barackobama.com. Ada pula selebritis dan penulis yang membuat personal website sendiri yaitu michellebuteau.com milik Michelle Buteau.

9. News Portal

News Portal adalah website khusus untuk menyajikan berita terkini. Mulai dari peristiwa, berita politik, ekonomi, sosial, opini, dan lainnya. Di Indonesia news portal cukup menjamur, beberapa yang populer seperti liputan6.com, detik.com, viva.co.id dan lainnya.

10. Entertainment

Website entertaiment diciptakan dengan tujuan menghibur pengguna internet. Isi website entertaiment berupa tangga lagu, sinopsis film, video kreatif, dan lainnya. Website entertainment dapat berupa website game online, website perfilman, hingga website promosi. Salah satu contohnya adalah kapanlagi.com.

11. Educational

Website pendidikan merupakan sebuah sarana personalisasi yang menghubungkan komunitas pendidikan. Baik itu tenagan pengajar dan murid hingga mahasiswa. Melalui website pendidikan dapat berkomunikasi, membagikan materi, dan informasi dunia pendidikan.

12. Gallery

Website yang berbentuk gallery merupakan website yang dirancang khusus untuk dijadikan sebagai galeri. Unggahan dalam website gallery dapat berupa foto dan video. Beberapa website gallery diluncurkan untuk pameran seni, pameran fotografi, dan non komersial.

13. Search Engine

Search engine merupakan website yang diciptakan untuk membantu kehidupan manusia sehari-hari. Tanpa search engine mungkin mencari topik di internet akan lebih sulit. Contoh search engine antara lain Yahoo Search, Bing, Google, dan DuckDuck Go.

Search engine adalah website yang mengumpulkan daftar website lain dalam bentuk database. Untuk menemukan website yang Anda cari cukup dengan mengetikkan kata kunci.

14. Social Media

Website sosial media kini sedang booming diseluruh belahan dunia. Perkembangannya juga cepat karena banyak masyarakat ingin membagikan konten teks, gambar, video, dan audio. Deretan website sosial media yang terkenal sekarang yakni Facebook, Instagram, Twitter dan YouTube.

15. Social News

Website berita sosial berfungsi untuk menampilkan postingan dari para penggunanya. Apabila postingan dari pengguna tersebut banyak ditanggapi oleh pengguna lain atau booming maka akan memperoleh peringkat.

Selain itu, dalam setiap postingan semua orang dapat berkomentar langsung. Intinya social news hadir untuk menghubungkan banyak informasi dari pengguna internet. Contohnya Quora, Digg, Reddit, dan SlashDot.

16. Social Bookmarking

Social bookmarking merupakan website yang dibuat agar para penggunanya dapat berbagi konten. Hampir sama dengan social news, bedanya pengguna social bookmarking membagikan konten e-book dan dapat didownload. Misalnya website Digg, StumbleUpon, dan Total Knowledge.

Jenis Website Berdasarkan Bentuk

international seo Articles from Volacci Digital Marketing
Website jendela dunia (volacci.com)

Ketika hendak membuat website biasanya web designer akan bertanya tentang tujuan website. Apakah untuk company profile, blog pribadi, toko online, atau portal berita. Hal ini ditanyakan agar mendesain website berbentuk statis atau website dinamis. Simak penjelasan jenis-jenis website ditinjau dari bentuknya berikut ini.

1. Website Dinamis

Website dinamis merupakan sebuah situs yang selalu mengupdate konten. Topik konten biasanya ditentukan dari interaksi pengunjung dan hal-hal terhangat. Website dinamis dapat berbentuk portal berita online.

Setiap waktu website dinamis akan melakukan perubahan-perubahan. Salah satunya perubahannya dengan teknik client-side scripting yakni bahasa pemrograman web (DHTML, Javascript, dan ActionScript).

Website dinamis dinilai menawarkan fleksibilitas lebih banyak. Sementara, konten-konten yang diunggah dalam website dinamis harus dioptimasi agar mudah dicari melalui search engine.

2. Website Statis

Website statis biasanya tidak pernah mengalami perubahan konten website. Halaman website tersebut baru berubah apabila pengelola mengubah konten secara manual. Cara mengubahnya menggunakan program desain website Adobe Dreamweaver dan bantuan program text editor. Setiap informasi atau konten dalam website statis diatur menggunakan bahasa markup, misalnya HTML. Oleh karena itu, ketika hendak merubah unsur-unsur kecil dari website ini hanya dilakukan oleh web programmer dan web designer. Namun, website statis memiliki halaman lebih sederhana, aman dari hacker, dan ramah search engine.

Continue Reading

Tehnologi

Cara Membuka HP Samsung yang Terkunci

Published

on

Cara Membuka HP Samsung yang Terkunci

Keberadaan smartphone menjadi salah satu hal yang penting. Salah satu brand yang cukup terkenal adalah Samsung. Smartphone keluaran Samsung ini menjadi produk unggulan di kelasnya. Dengan teknologi yang mumpuni, perusahaan ini mampu menghadirkan berbagai teknologi yang apik. 

Salah satunya adalah memberikan keamanan yang baik dalam melindungi ponsel. Lalu, bagaimana cara membuka Samsung yang terkunci karena lupa dengan password? Ada beberapa trik di dalamnya.

Smartphone yang di pakai sehari-hari tentu saja memuat banyak informasi atau hal-hal penting bagi kehidupan kita sehari-hari. Rata-rata handphone juga menjadi wadah untuk menaruh rahasia pribadi yang mana tidak boleh orang lain tahu.

Pembahasan berita teknologi telekomunikasi saat ini, berupa Namun hal ini akan menjadi masalah jika lupa pola atau pin untuk membuka layar. Berbagai cara tentu di lakukan untuk membuka HP Samsung yang terkunci ini. Dan tentu saja banyak orang yang akan merasa panic. 

Dalam menghadapi situasi seperti ini, tidak perlu merasa panik karena ad acara untuk membuka Samsung yang terkunci dari password. Dengan ini, maka masalah bisa teratasi dengan baik bukan? Yuk simak ulasan berikut ini!

Cara Membuka HP Samsung yang Terkunci

Menggunakan Fitur “Forgot Password”

Cara pertama yang paling mudah digunakan untuk membuka pin HP Samsung yang terkunci adalah dengan menggunakan fitur bawaan. Fitur ini adalah “Forgot Password”. Bagaimana caranya dan apakah ampuh dalam membuka kunci dari smartphone Samsung yang terkunci?

Mula-mula, cobalah untuk memasukan kode pengaman pada ponsel. Kode pengaman sandi ini baik berupa “Pola” atau “PIN” secara acak. Pada layar akan muncul tulisan ‘Password Salah’, lakukanlah hingga beberapa kali hingga muncul opsi “Forgot Password/Pattern“.

Setelah itu, pengguna bisa memilih opsi tersebut, pilih “Lupa Password / Forgot Password”. Kemudian, akan muncul kolom “Sign In” dan lakukan sign in dengan menggunakan account gmail yang ada di handphone tersebut.

Cara selanjutnya adalah masukan “Username” dan “Password” gmail yang ada di dalam ponsel Samsung tersebut, hal ini menjadi penting untuk membuka Samsung yang terkunci sehingga ingatlah dengan baik akun yang ada di dalamnya.

Terakhir, pilihlah opsi “Sign In” atau “Login” dan tunggu prosesnya hingga selesai. Mudah sekali bukan? Meski caranya mudah dan sederhana, tetapi tidak semua ponsel memiliki fitur ini. Sehingga, bagi ponsel yang tidak memiliki fitur ini bisa menambahkan beberapa tools yang tersedia.

Menggunakan Fitur Samsung Find My Mobile

Selain menggunakan cara bawaan dari ponsel, cara selanjutnya untuk membuka kunci Samsung yang lupa password adalah dengan find my mobile. Cara yang satu ini akan membantu untuk membuka pin hp Samsung yang terkunci. 

Sayangnya cara ini tidak tersedia di semua device Samsung. Biasanya fitur ini ditemukan di serie Samsung paling terbaru. Bagaimana caranya?

Samsung Find My Device sendiri merupakan situs dan aplikasi resmi yang dikeluarkan Samsung untuk membantu penggunanya. Cara ini juga sangat mudah dan yang terpenting adalah keamanannya lho. Bagaimana cara menggunakannya?

Pertama, bukalah situs Find My Mobile di Browser, kemudian nantinya di sana akan muncul kolom untuk login atau Sign In dengan akun Samsung yang dimiliki. Sebelum menggunakan fitur ini, pastikan bahwa sudah memiliki akun di find my mobile.

Sehingga, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti lupa kunci atau ponsel hilang, maka buatlah akun ini jauh-jauh hari sebelumnya.

Kembali pada cara membuka kunci dengan fitur ini, kemudian setelah berhasil login ke akun Samsung, klik tombol “Lock my screen” di panel sebelah kiri. Nah dari sini, masukkan PIN baru dan klik tombol “Lock”.

Dalam beberapa menit, akan muncul form untuk mengubah sandi pin lockscreen sobat menjadi sandi pin yang baru. Tunggulah beberapa saat dan jika sudah segera coba gunakan pin yang sudah Anda perbarui di handphone sobat yang terkunci.

Itu adalah salah satu cara untuk membuka kunci layar handphone Samsung yang terkunci. Mudah bukan?

Menggunakan Android Find My Device

Selain menggunakan Find My Device, cara membuka Samsung yang terkunci bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini bisa kalian unduh melalui play store secara gratis. Pada dasarnya, aplikasi Android Find My Device sendiri adalah aplikasi dan web resmi besutan Google. 

Sehingga berbagai merk HP Android bisa menggunakan cara ini, bukan hanya ponsel Samsung saja, di sini pengguna bisa menggunakan browser di Laptop atau PC atau juga bisa meminjam handphone lain untuk membuka aplikasi atau web Google Find My Device.

Langkah pertama adalah pengguna harus masuk ke laman Android Find My Device atau jika melalui handphone bisa unduh secara gratis di google play store.

Jika sudah selesai di unduh, maka buka aplikasi ini. Jika sudah masuk, nantinya pengguna akan di minta login terlebih dahulu dengan akun google yang terdapat pada handphone yang terkunci.

Setelah itu, akan ada tiga pilihan yaitu Deringkan, Kunci, atau Hapus. Lalu pilihlah opsi Kunci atau Lock. Kemudian, lakukan refresh dengan pada browser atau aplikasi beberapa kali jika perangkat ini masih belum di temukan.

Setelah itu, klik tombol Kunci atau Lock, nantinya akan diminta untuk memasukkan sandi baru, yang akan menggantikan pola, PIN, atau password lama yang dilupakan. Ketik password baru, lalu klik tombol Lock. Dari sini, tunggu setidaknya 5 menit, dan sekarang sudah bisa membuka handphone yang terkunci dengan password baru.

Baca juga: 6 Toko Online di Indonesia yang Menerima Pembayaran Melalui Paypal

Cara Lain Membuka Kunci

Selain ketiga cara di atas, ada cara lain yang bisa di pakai jika ketiga cara di atas tidak berhasil juga. Di sini ada  cara paling jitu namun memiliki risiko yang tinggi yaitu hilangnya data utama di handphone. 

Cara ini adalah dengan menggunakan fitur factory reset. Perlu diperhatikan bahwa opsi ini menjadi menjadi opsi terakhir karena nantinya cara ini akan menghapus seluruh data di dalam ponsel. Selain itu, lebih baik SD Card dilepas dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidaki diinginkan.

Saran lain adalah sebelum melakukan factory reset adalah untuk membackup semua data yang ada di hp yang kalian miliki. Cara ini menjadi cara terakhir untuk membuka Samsung yang terkunci.

Berikut caranya untuk melakukan factory reset:

Pertama, pastikan untuk mematikan dahulu handphone yang terkunci. Kemudian tekan “Tombol Power + Volume Up + Home” secara bersamaan, tahan sampai beberapa detik hingga muncul menu “Menu Recovery Mode“.

Beberapa handphone memiliki cara menekan tombol yang berbeda untuk masuk ke recovery mode, tapi cara menekan di atas adalah cara mayoritas atau kebanyakan handphone. Namun jika cara menekan tombol di atas tidak bekerja pada handphone, bisa browsing di google untuk mengetahuinya.

Jika sudah masuk ke Recovery Mode, kemudian gunakan tombol “Volume UP dan Down” untuk memilih opsi “Wipe Data / Factory Reset“. Setelah itu tekan “Tombol Home” atau “power” untuk melanjutkan atau memulai prosesnya.

Biasanya, ketika ponsel sedang dalam mode recovery mode, layar sentuh tidak bisa berfungsi. Oleh karena itu, gunakan tombol volume untuk memilih dan tombol power untuk “okay”.

Langkah selanjutnya silahkan pilih opsi “Reboot” dan tekan “Tombol Home” atau “power“. Setelah itu, pengguna harus menunggu handphone proses booting, setelah itu ponsel akan masuk ke home dan handphone sobat kosong seperti saat pertama membelinya

Berbagai cara di atas adalah sebuah cara untuk membuka Samsung yang terkunci karena lupa password. Maka, ingatlah baik-baik password yang ada agar tidak perlu bersusah payah membukanya karena lupa. Semoga bermanfaat!

Continue Reading

Trending