Alat Musik Calung Khas Kuningan, Jawa Barat

Alunan nada-nada harmoni khas berbalut cerita masa lalu, tergulung dengan beat-ebat bernuansa eletro.

0
1356
Alat Musik Calung Khas Kuningan, Jawa Barat
Calung Alat Musik Khas Kuningan, Jawa Barat | Photo : pemandangan.fotoindonesia.com
Benner-Himbauan-BPKAD
Benner-Himbauan-BPKAD

Memang, dizaman digital seperti sekarang ini alat musik tradisional sedikit mulai tergeser dengan budaya dan selera baru. Alunan nada-nada harmoni khas berbalut cerita masa lalu, tergulung dengan beat-ebat bernuansa eletro. Bagaimana dengan Alat Musik Calung??

Nun disebuah wilayah Indonesia, tepatnya berada  di Kabupaten Kuningan – Jawa Barat, lantunan merdu suara yang pernah berjaya pada masanya itu masih tetap terdengar. Eksis mengisi ruang seni untuk menawarkan suatu yang berbeda. Membangkitkan selera untuk kembali bermemori pada masa silam dengan alat musik tradisional.

Alat Musik Calung Khas Kuningan, Jawa Barat - 2
Totalitas saat pertunjukan sangat diperlukan | Photo : pemandangan.fotoindonesia.com

Oleh masyarakat setempat, alat musik tradisional ini disebut Calung. Seni Calung adalah bentuk kesenian yang tumbuh dan berkembang di masyarakat pedesaan Tatar Pasundan. Dalam kurun waktu 10 tahun yang lalu, seni calung keberadaanya sangat digemari oleh masyarakat di sini, semua dapat dilihat dalam penampilan pentas acara syukuran atau hajatan.

Alat Musik Calung Khas Kuningan, Jawa Barat - 3
Salah satu ekspresi seorang pemain calung | Photo : pemandangan.fotoindonesia.com

Pada acara-acara hari besar dan event apa pun yang digelar di Kabupaten Kuningan, biasanya selalu diselipkan seni musik tradisional, seperti Alat Musik Calung. Hal tersebut merupakan gagasan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan untuk tetap memberikan ruang agar seni musik tradisional tetap eksis.

Suara merdu dan khas alat musik Calung dari bambu ini memang menawarkan sesuatu yang berbeda dan menjadi dari hal indah yang dimiliki kota kuda ‘Kuningan’.

Alat Musik Calung yang hidup dan dikenal masyarakat sekarang merupakan prototipe dari angklung. Namun cara menabuhnya berbeda dengan angklung. Cara menabuh calung yaitu dengan memukul-mukul batang (wilahan) dari ruas-ruas atau tabung bambu yang tersusun menurut titi laras (tangga nada) pentatonik (da mi na ti la da). Ada dua bentuk calung Sunda, yaitu calung Rantay dan calung Jinjing Waditra.

Alat Musik Calung Khas Kuningan, Jawa Barat - 5
Calung Alat Musik Khas Kuningan, Jawa Barat | Photo : pemandangan.fotoindonesia.com

Alat Musik Calung jinjing terbuat dari bahan bambu hitam (awi hideung). Seperangkat calung jinjing yang digunakan dalam pertunjukan biasanya bertangga nada Salendro ( bertangga nada Pelog ) serta Madenda (nyorog). Sementara, Wadrita calung jinjing merupakan perkembangan dari bentuk calung Rantai/ calung Gambang. Calung dalam bentuk ini sudah merupakan seni pertunjukan yang bersifat hiburan. Dalam perkembangannya, saat ini calung lebih mengarah modifikasi. Yakni calung dangdut (caldut) lagu maupun musiknya ditambah drum, gitar, keybord dan memakai tata lampu untuk pertunjukannya agar lebih menarik.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here