Connect with us

Daerah

Aktivis Bengkulu Teriak Di Kejagung

Published

on

Garuda Citizen – Kantor Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) didatangi beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dari Bengkulu.

Beberapa orang LSM tersebut bersatu di Front Pembela Rakyat (FPR) dan mengelar aksi unjuk rasa. Kedatangan Mereka guna menuntut pihak Kejagung memeriksa dan mengevaluasi kinerja Kejati dan Kejari di seluruh Provinsi Bengkulu.

Dalam aksi yang dihadiri kurang dari 10 orang aktivis tersebut diramaikan dengan poster poster kecil saja, namun menurut juru bicara, Rustam Ependi aksi ini tidak membutuhkan banyak orang karena ini bukan demo.


“Kami datang ke sini untuk menyampaikan 10 point yang telah disampaikan terlebih dahulu di Kejati Bengkulu, karena tidak ada kejelasan dari pihak Kejati maka kami sampai disini untuk mempertegas apa yang menjadi pertanyaan masyarakat Bengkulu pada umumnya, aksi ini mewakili beberapa kabupaten yang ada di Bengkulu,” papar Rustam.

Aktivis Bengkulu Saat Di Kejagung (Dok.BedahBerita.Co.Id)

Mereka menuntut pihak Kejagung RI mengambil alih beberapa kasus korupsi di Provinsi Bengkulu yang mangkrak alias di peti es kan oleh pihak kejaksaan Bengkulu.


“Seperti yang ada di poster yang kami bawa, Kasus-kasus Korupsi di Bengkulu Jadi Permainan Korup Jaksa nakal di Kejati Bengkulu”
“Di Kejaksaan Tinggi Bengkulu Ada Mak lampir Menghisap Darah Koruptor”
“Meminta Bapak ST Burhanuddin Kejagung RI Pecat Kejati Bengkulu, Aspidsus Kejati Bengkulu, Aswas Kejati dan Jaksa nakal” dan “Bubarkan TP4D di negeri ini”.
Semua itu merupakan teriakan dari hati masyarakat yang masih memperdulikan Bengkulu,” tegas Rustam.

Usai bertemu pihak Kejagung dan menyampaikan aspirasi mereka. Ishak Burmasyah yang juga merupakan salah satu aktivis yang ikut dalam aksi mengatakan bahwa pihak Kejagung berjanji akan menyampaikan aspirasi mereka kepada Jampidsus dan mengkoordinasikan sejumlah kasus yang telah mereka laporkan.


“Pihak Kejagung akan segera menindak lanjuti dan pihak Kejagung akan melakukan supervisi ke daerah, Selain itu juga kami diberikan nomor kontak khusus yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi dan menanyakan perkembangan pengaduan dan laporan kami,” ujar Ishak (31/10).

Ishak Burmansyah Dan Rustam Ependi Saat Diwawancarai Media (Dok.BedahBerita.Co.Id)

Bayangkan, kasus Alkes di Kabupaten Rejang Lebong tahun 2017 senilai 16 milyar yang gagal perencanaan diusut Kejati, tapi tidak menjadi kasus. Karena itu kami datang ke Jakarta dalam rangka menyampaikan aspirasi masyarakat Bengkulu terkait kasus-kasus yang ditangani oleh pihak Kejaksaan yang ada di Provinsi Bengkulu, terutama di Kejati Bengkulu. Banyaknya tunggakan-tunggakan kasus yang dilakukan oleh pihak Kejati Bengkulu hingga sekarang tidak sampai ke meja hijau.

Adanya Laporan pengadaan lahan Kantor Camat Tebat Karai Di Kabupaten Kepahiang, yang awalnya di laporkan ke Kejati Bengkulu dan sempat dilakukan penyidikan namun akhirnya di limpahkan ke Kejari Kepahiang, dan di Kejari Kepahiang pun sudah dilakukan penyidikan dan sudah memanggil beberapa orang namun hingga sekarang tidak ada kejelasan. Setiap ditanya batas perkembangan kasus tersebut pihak Kejari Kepahiang selalu beralasan masih sibuk dengan kasus kasus yang lain, dan meminta untuk bersabar, ini aneh karena kasus lebih besar dan melibatkan orang besar selesai dengan cepat, tetapi yang ini seperti mentok dan adem.

Aktivis Bengkulu Pada Saat Di Kejagung

Terus, terhadap pengusutan kasus-kasus korupsi seperti pembangunan kompern jetty di Pulau Baai Bengkulu senilai 90 Milyar, proyek ini tak pernah selesai sampai sekarang, pembayarannya sudah seratus persen pengusutannya ada di Kejati kenapa kasus ini mengendap.

Juga sebelumnya pengamanan Pantai senilai 87 milyar di Pulau Komuko 2018, sampai sekarang tak selesai. Proyek amburadul pengusutan juga di Kejati, Ketua Timnya justru sudah pindah menjadi Kejati Bali.

“Terindikasi bahwa kasus-kasus ini dijadikan sebuah harga tawar oleh pihak Kejati Bengkulu untuk bermain dengan hal-hal yang negatif artinya lewat pemeriksaan-pemeriksaan terhadap kasus, tidak menutup kemungkinan ikut main di dalam uang haram ini,” kata Rustam dan Ishak.

Lanjut Rustam dalam Aksi ini mereka telah menyampaikan semuanya ke pihak Kejagung, dan berharap pihak Kejagung cepat melakukan reaksi dan respon.
“Untuk itu kami membawa kado hanya dua lembar kertas, tapi dua lembar kertas ini isinya kinerja bawahannya yang ada di Provinsi Bengkulu dengan kata lain kami meminta Kejagung coba periksa Bapak Kejati Bengkulu, periksa, Aspidsus, periksa Aswasnya itu. Kami sangat berharap Kejagung baru harus mengawasi jaksa-jaksa yang ada di Provinsi Bengkulu, bayangkan saja keputusan Pengadilan meminta JPU untuk menetapkan tersangka sampai sekarang tidak ada penetapannya. ini jaksa beneran apa jaksa main-main,” ujarnya.

Berikut 10 Point yang menjadi pokok pembahasan dan pelaporan yang nantinya sebagai bahan Referensi kepada KPK dan Kejagung RI diantaranya :

  1. Meminta Kejaksaan Tinggi Bengkulu Mengusut Tuntas Kerugian Negara Berdasarkan Audit BPK Tahun 2018 di Pemkab kepahiang, Pemkab Lebong, Pemkab Kaur, Kabupaten Seluma, Kabupaten Mukomuko, Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah TA. 2016, TA. 2017 dan 2018.
  2. Meminta Kejati Bengkulu mengusut Dugaan Tindak Pidana Korupsi dan Pemufakatan jahat dalam Kegiatan Rehabilitasi/ Peningkatan 6 (enam) paket jalan Kota Bengkulu TA. 2017 yang dilaksanakan PT. Roda Teknindo Purajaya, PT. Fito Bersaudara Perkasa, PT. Kamajaya Adiguna dan PT. Belibis Raya Group dengan kerugian Negara Rp. 3.084.519.994,15 pada Dinas PUPR Kota Bengkulu.
  3. Meminta Kejati Bengkulu menuntaskan perkara dugaan korupsi pembangunan Smart City simpang 5 Ratu Samban Kota Bengkulu tahun 2016–2017.
  4. Menuntaskan Pengusutan Dugaan Korupsi Kabupaten Bengkulu Tengah tahun 2016 dengan nilai 9 milyar yang pernah dilakukan penggeledahan oleh Kejati di Kantor Bupati Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) pada Rabu 4 Juli 2018.
  5. Meminta Kejati mengusut dugaan Korupsi di kabupaten Rejang Lebong : Dugaan masalah pengadaan Alkes Rejang Lebong tahun 2017 dengan anggaran 16 Milyar yang gagal perencanaan, Dugaan Korupsi IPAL di RSU Rejang Lebong, Dugaan Korupsi Pembangunan Rumah Terapung di Danau Mas Lestari
  1. Meminta Kejati Bengkulu Segera menetapkan Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Peningkatan Jaringan Irigasi Air Cedam Bawah Kecamatan lebong.
  2. Meminta Kejati menetapkan tersangka Dugaan Tindak Pidana korupsi pembelian lahan kantor Camat Tebat Karai Kabupaten kepahiang APBD TA. 2015.
  3. Meminta Kejati Bengkulu mengusut Tuntas Dugaan Pungli berkedok Sumbangan Sukarela yang terjadi di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran kabupaten Kepahiang.
  4. Meminta Kejati Bengkulu Mengusut Dugaan permintaan fee oleh beberapa anggota DPRD Kabupaten Kepahiang untuk menyetujui dan membuat Perda peminjaman dana ke PT. SMI, serta dana ketok palu pada setiap anggaran baru APBD dan APBDP.
  5. Meminta Kejati mengusut dugaan Korupsi Pembangunan Pasar Kecamatan Padang Guci Hulu dan Kecamatan Kinal Kabupaten Kaur Tahun 2018 (bcp)

Daerah

Unik! Inilah Rumah Adat Suku Ambon yang Harus Anda Tahu

Published

on

Unik! Inilah Rumah Adat Suku Ambon yang Harus Anda Tahu

Sebagai sebuah suku adat, Ambon yang merupakan salah satu kota terkenal di Indonesia adalah sebuah suku yang tentu memiliki rumah adat atau rumah tradisional. Kali ini, kita akan membalas dengan detail bagaimana seluk beluk rumah adat suku Ambon ini.

Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak suku dan budaya, tentu sangatlah bangga memiliki suku Ambon. Karena suku ini berhasil mewarnai keanekaragaman Indonesia. Maka dari itu, tidaklah saja jika Anda membaca artikel ini untuk meluaskan wawasan tentang rumah adat suku Ambon yang unik dan menarik.

Bagaimana, apakah Anda sudah penasaran dengan rumah adat suku yang satu ini? jika iya, yuk simak penjelasan berikut iku.

Rumah Adat Suku Ambon Baileo

Rumah adat suku Ambon memiliki nama unik yaitu Baileo. Sebuah nama yang mirip arti seperti Balai. Kenapa namanya demikian? Karena rumah ini besar dan seperti balai. Selain itu, banyak upacara adat yang dilakukan di rumah adat ini.

Rumah adat Baileo ini pada dasarnya memiliki fungsi seperti balai. Yakni juga digunakan sebagai tempat berdiskusi ketika masyarakat suku Ambon memiliki hajat ataupun perkumpulan.

Rumah adat Baileo ini adalah rumah adat yang merupakan satu-satu peninggalan kebudayaan Siwalima. Maka dari itu, bisa dikatakan rumah adat ini adalah sebuah warisan kebudayaan yang sangat penting dan harus tetap dijaga oleh masyarakat Indonesia.

Ada beberapa jenis rumah adat Baileo yang harus Anda ketahui. Ia adalah Baileo Nolloth, Baileo Ihamanhu, Baileo Haria, dan Baileo Ullath. Beberapa jenis rumah adat itu tentunya memiliki bentuk dan ciri khas masing-masing. Maka dari itu, bisa dikatakan rumah adat suku Ambon ini sangatlah unik dan memiliki ragam jenis.

Rumah Adat Baileo Nolloth

Jenis rumah Adat yang pertama adalah Baileo Nolloth. Rumah adat ini adalah rumah Adat Baileo yang memiliki bentuk fungsi sebagai tempat upacara ataupun melakukan kegiatan adat suku Ambon. Beberapa kegiatan itu bisa seperti pelantikan kepala desa, upacara panas pela, dan upacara kain berkat.

Dari semua konstruksi bangunan ini, tidak ada paku yang menancap. Dari keseluruhan, rumah Adat ini menggunakan pasak kayu dan ikat gemutu (ijuk). Sehingga dari sini Anda pasti melihat bagaimana otentiknya bangunan rumah yang satu ini.

Bangunan bisa memiliki bentuk persegi, selain itu juga memiliki tiang-tiang penyangga yang memiliki fungsi sebagai benda yang menopang rumah tradisional ini. Rumah tradisional ini memiliki 20 tiang dan posisinya menyebelah masing-masing, 10 bagian Barat 10 bagian Timur, dan 20 tiang ini melambangkan marga-marga yang ada di Nolloth.

10 buah tiang sisi Barat memiliki lambang marga matekohy, Lawalatta, Sopacua, Pasalbessy, Hehamahua, Selanno, dan Pemahu.

Sedangkan 10 tiang pada sisi Timur memiliki lambang marga Pasalbessy, Metakohy, Manuputty, Patty, Sopacua, Mattahula, Ningkelwa, Huliselan (tiang raja), Tousalwa, dan Silahooy.

Tiang-tiang yang berjumlah 20 itu di dengan dinding menggunakan teknik ikat tali ijuk. Selain itu, bangunan ini memiliki pintu masuk berjumlah 4 dan terdapat tangga kayu di bawahnya dan masing-masing pintu adalah lambang dari 4 marga sebagai penjaga pintu, yakni:

  • Pintu Utara lambang marga Mattatula.
  • Pintu Selatan lambang marga Metakohy.
  • Pintu Barat marga lambang Pasalbessy.
  • Dan Pintu Timur lambang marga Sopacua.

Nah, dari penjelasan rumah adat itu, Anda tentu semakin yakin jika rumah Adat ini adalah sebuah rumah adat yang memiliki makna yang sangat filosofis dan tentunya erat hubungannya dengan keberadaan marga di Suku Ambon.

Semua bangunan yang ada, tidak berdiri secara cuma-cuma. Semua memiliki fungsi masing dan penggambaran masing-masing. Meski tidak ada paku yang menancap, rumah yang satu ini adalah rumah yang memiliki konstruksi kuat. Sehingga jangan diremehkan.

Baca juga: Inilah Makanan Khas Maluku yang Harus Anda Coba

Rumah Adat Baileo Ihamahu

Jenis rumah adat yang selanjutnya adalah rumah Adat Ihamahu. Rumah Adat ini memiliki bentuk yang tidak kalah keren dari Rumah adat Suku Ambon jenis Nolloth. Baileo Ihamahu memiliki nama lain, yaitu Simaloa Peimahu. 

Bangunan baileo ini pada dasarnya juga memiliki mempunyai bentuk arsitektur rumah panggung terbuat dari bahan kayu gufasa dan kayu besi. Selain itu, terdapat tiga pintu masuk pada bagian samping dan depan yang mana dari masing-masing pintu dilengkapi tangga yang terbuat dari kayu yang sangat menunjukkan tradisionalnya rumah ini.

Atap bangunan rumah tradisional ini terbuat dari daun sagu, yang mencitrakan jika makanan khas Ambon adalah sagu. Untuk warna, Rumah yang satu ini didominasi dengan warna merah. Yang mana memiliki hiasan pada tiang yang diukir dengan warna emas.

Jika Anda melihat pada pada bagian dalam bangunan baileo terdapat sembilan buah tiang yang terbuat dari kayu gufasa. Dengan jumlah sembilan tiang ini melambangkan sembilan soa yang ada di Ihamamu yaitu:

  • Soa Iha.
  • Soa Mahu.
  • Soa Matalete.
  • Soa Soulima.
  • Sos Hatulesi.
  • Soa Atala.
  • Soa Kulur.
  • Soa Siri-Sori.
  • Sos Pia.

Sebagai informasi yang harus Anda tahu, Soa adalah kelompok yang terbangun dalam sebuah desa budaya khas orang maluku Tengah. Hal ini menunjukkan keberagaman dan ciri khas suku Ambon itu sendiri. Menaik bukan?

Baileo Haria

Nah, untuk yang selanjutnya adalah rumah adat suku ambon yang bernama baileo haria. Rumah khas Ambon ini adalah sebuah bangunan yang berbentuk rumah panggung terbuat dari kayu, atap nya dari daun sagu, lantainya dibuat dari papan.

Jika ditelisik lebih dalam, rumah ini memiliki tiang dengan jumlah keseluruhan 84 dan terbagi 4 baris, setiap baris terdapat 21 tiang. Sekilas, bangunan ini mirip perahu karena banyak tiang, keseluruhan rumah ini tidak dicat, tanpa ornamen, dan tidak menggunakan dinding, hal itu memang disengaja dibentuk demikian.

Sebagai informasi, rumah ini memiliki 2 pintu yaitu sisi timur dan barat, masing-masing pintu mempunyai tangga. Jika Anda masuk ke dalam rumah, maka Anda akan menemukan pintu masuk sisi timur dan pintu keluar dari sisi barat.

Baileo Ullath

Kita berlanjut pada jenis Baile yang terakhir, namanya Baileo Ullath. Berbeda dengan jenis Baileo lainnya, baileo ullath ini dibangun di atas tanah, bukan rumah panggung. Maka hanya ada pondasi yang dibuat 1 meter di atas tanah. Sehingga terlihat seperti rumah panggung.

Jika dilihat dari luar, Anda akan menemukan jika bangunan ini tidak berdinding, bagian atas dibuat seperti pagar dari balok kayu ukuran 1 meter dari lantai sisanya dibiarkan terbuka. Selain itu, atap bangunan dibuat dari daun sagu, dan lantai menggunakan pasir pantai.

Rumah khas ini memiliki 3 pintu di sisi utara, barat dan selatan. Pondasi bangunan menggunakan semen. Dari segi filosofis, terdapat 32 tiang yang merupakan perwalian marga-marga di desa Ullath.

Nah, mungkin itu saja pembahasan mengenai rumah adat suku Ambon. Berita daerah Maluku kali ini semoga bisa mencerahkan dan menambah cakrawala pengetahuan pembaca. Selamat mengenal dan memperjuangkan persatuan Indonesia.

Continue Reading

Daerah

Inilah Makanan Khas Maluku yang Harus Anda Coba

Published

on

Inilah Makanan Khas Maluku yang Harus Anda Coba

Selain memiliki tempat wisata yang banyak dan kece, Maluku adalah provinsi yang memiliki banyak makanan khas yang lezat rasanya. Kali ini kita akan membahas makanan khas Maluku yang patut Anda coba jika mampir ke daerah ini.

Beberapa makanan yang akan kami sebutkan adalah makanan-makanan yang memang sudah terkenal dan marak ditemukan di Maluku. Sudah penasaran makanan apa saja yang harus Anda coba? Simak ulasan berikut ini:

Rekomendasi Makanan Khas Maluku yang Harus Anda Coba

Papeda

Rekomendasi Makanan Khas Maluku yang Harus Anda Coba

Makanan yang pertama adalah makanan yang bernama papeda. Sebenarnya, makanan ini tidak hanya dijumpai di Maluku saja. Karena makanan ini sudah sangat terkenal. Namun, jika Anda ingin merasakan sensasi maksimal dari kelezatannya, maka pergi dan makan di Maluku adalah solusi yang mantap. Mengingat di Maluku juga banyak tempat wisata yang keren.

Papeda pada dasarnya adalah makanan Papua yang tersohor di Maluku dan Papua. Ikan ini nikmat disajikan dengan ikan tongkol dengan beberapa bumbu pilihan. Sehingga meningkatkan citra rasa khas dari makanan yang satu ini.

Selain enak dan lezat, papeda adalah makanan yang memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Maka dari itu, ketika pergi ke Maluku, Anda dilarang banget untuk melupakan makanan lezat yang satu ini. Dijamin deh, sekali coba Anda pasti bakalan ketagihan.

Kalau hanya dari penjelasan saja, tentu hal itu tidak akan mengundang selera makan Anda secara maksimal. Maka dari itu, Anda harus mencobanya sendiri pergi ke Maluku untuk berwisata kuliner hingga puas.

Kasbi Komplet

Rekomendasi Makanan Khas Maluku yang Harus Anda Coba

Makanan yang selanjutnya adalah makanan khas yang memiliki bahan dasar pembuatan dari sagu. Kasbi Komplet adalah makanan khas yang memiliki rasa yang khas pula. Makanan ini dihidangkan dengan makanan lain agar menciptakan cita rasa yang lezat.

Kasbi yang dihidangkan dengan lauk-pauk disebut dengan Kasbi Komplet. Jika Anda mampir ke Maluku, maka Anda harus benar-benar merasakan makanan khas Maluku yang satu ini. Mungkin rasanya akan lebih istimewa bagi Anda yang tidak pernah merasakan makanan dengan bahan baku sagu.

Maka dari itu, pastikan Anda mencoba makanan ini jika mampir ke Maluku. Jika Anda belum pernah makan kuliner ini, maka Anda belum dianggap pernah berkunjung ke Maluku. Maka dari itu, Anda harus mencobanya.

Ikan Asar

Makanan khas yang selanjutnya adalah ikan Asar. Makanan ini adalah sebuah makanan hasil laut yang berupa ikan. Dimasak dengan cara dibakar atau diasapi. Karena itulah, Ikan Asar ini memiliki cita rasa yang khas Maluku.

Kita tahu, Maluku adalah sebuah wilayah yang memang memiliki kekayaan laut yang melimpah. Maka dari itu, tidak salah jika wilayah ini memiliki makanan khas yang berasal dari kekayaan laut.

Ikan asar ini juga sangatlah awet. Karena ikan ini bisa bertahan hingga 7 hari. Keren bukan? Sedangkan untuk harganya adalah sekitar Rp 20.000,- hingga Rp 50.000,- tergantung tempat Anda membeli dan bagaimana proses transaksinya.

Ikan Asar ini akan jauh nikmat jika digabungkan dengan nasi dan sambal colo. Makanan ini akan sangat menghibur lidah Anda yang haus akan cita rasa kuliner yang mantap. Gimana, sudah penasaran bagaimana rasa ikan asar ini?

Baca juga: Kota Terkenal di Indonesia

Acar Kuning

Makanan khas yang selanjutnya adalah acar kuning. Makanan khas ini adalah sebuah makanan yang terbuat dari mentimun, wortel, dan bawang yang direndam dalam kuah yang memiliki cita rasa yang amat tinggi.

Acar adalah sebuah makanan yang sangat umum ada di berbagai rumah makan. Namun, acar Maluku ini adalah sebuah makanan yang beda dengan acar lainnya. Karena bahan baku utamanya adalah Rebung.

Beberapa bahan untuk membuat acar kuning ini adalah rebung, kecipir muda, bawang merah, cabai merah, mentimun, nanas, hingga daun salam. Semua bahan itu diolah dengan sedemikian rupa sehingga menciptakan sebuah kuliner yang nikmat dan sedap.

Acar kuning ini adalah sebuah makanan khas yang digunakan sebagai lauk. Sehingga, makanan yang akan Anda nikmati menjadi semakin nikmat dan lezat. Maka dari itu, jika Anda mampir ke Maluku, maka Anda harus mencoba kuliner yang satu ini.

Kue Bagea

Makanan khas yang selanjutnya adalah kue Bagea. Makanan ini adalah makanan ringan yang berbentuk kue dengan cita rasa yang lezat, gurih dan renyah. Bahan utama pembuatan kue Bagea ini adalah sagu. Ya karena memang sagu adalah sebuah makanan pokok di Maluku.

Kue ini memiliki tampilan yang menarik. Berbentuk bulat, selain itu di atas kue ini memiliki bentuk yang retak dengan warna krem yang menarik untuk dimakan. Intinya, penampilan kue ini memiliki bentuk yang khas dan Anda pasti tertarik untuk mencobanya.

Bahan utama pembuatan kue ini selain sagu adalah kayu mansi dan berbagai jenis kacang yang membuatnya memiliki cita rasa yang menarik dan enak. Kue Bagea ini adalah kue yang bisa dikatakan sangatlah terkenal di Maluku sebagai kue khas yang memiliki cita rasa yang lezat.

Baca juga: Keunikan Kota Ambon

Kohu-Kohu

Makanan khas yang selanjutnya bernama kohu-kohu. Makanan khas daerah maluku yang satu ini adalah makanan yang terbuat dari tauge, kacang panjang, dan kemangi. Karena itulah, makanan ini memiliki bau yang lezat yang pasti membuat Anda tertarik memakannya.

Sekilas, makanan kohu-kohu ini memiliki rupa seperti urap khas sunda. Namun memiliki isian yang berbeda dari urap sunda. Karena memang makanan ini bukan khas Sunda, akan tetapi khas Maluku.

Uniknya, makanan ini condong menggunakan bahan-bahan yang masih mentah. Sehingga vitamin dan kandungan yang ada dalam sayur masih terjaga. Maka tidak salah jika makanan ini adalah makanan yang bisa dikatakan menyehatkan.

Jika Anda ke Maluku, maka Anda tidak akan heran jika makanan ini dihidangkan hampir setiap hari karena memang merupakan makanan yang sudah sangat familiar di daerah Maluku. Jika Anda mencoba makanan yang satu ini, dijamin lidah Anda akan menari-nari riang karena kenikmatan Kohu-kohu ini.

Sambal Colo-Colo

Kita berlanjut pada makanan yang selanjutnya. Pada dasarnya, makanan ini bukanlah makanan pokok. Akan tetapi makanan yang sering banget menemani makanan besar yang ada di Maluku.

Sambal ini adalah sebuah sambal yang lezat nan sedap yang dimiliki oleh Maluku. Maka tidak heran jika sambali ini menjadi salah satu sambal primadona di Maluku. Sambal ini dibuat dengan beberapa bahan, yakni: tomat, bawang merah, cabai rawit, dan perasan jeruk.

Makanan ini nikmat banget ketika dinikmati dengan cocolan ikan bakar atau ikan goreng. Dijamin deh, ketika Anda mencobanya Anda pasti akan ketagihan dan kangen ingin mencobanya kembali.

Mungkin itu saja beberapa makanan khas Maluku yang perlu Anda ketahui. Semoga berita Maluku kali ini bermanfaat untuk pembaca. Selamat menikmati makanan khas Maluku…

Continue Reading

Daerah

Menarik! Inilah 7 Keunikan Kota Ambon yang Keren Abis

Published

on

Inilah 7 Keunikan Kota Ambon yang Keren Abis

Selain terkenal dengan sukunya, kota Ambon dari daerah Maluku ternyata memiliki ragam keunikan yang menarik untuk dibahas. Kali ini, kita akan mengulas keunikan kota Ambon yang harus Anda tahu. Jika tidak kenal, tentu Anda belum bisa sayang bukan? Maka dari itu, Anda juga harus mengenal salah satu kota terkenal di Indonesia yang satu ini.

Sebagai warga Indonesia yang baik, mengenal satu suku, kota, ataupun daerah lain adalah sebuah kewajiban. Karena indonesia memang ditinggali oleh masyarakat dengan ragam suku tersebut. Nah, apa saja keunikan kota Ambon yang perlu Anda tahu?

7 Keunikan Kota Ambon

Memiliki Destinasi Wisata yang Kece

7 Keunikan Kota Ambon

Satu hal yang sering terlupakan dari kota Ambon adalah destinasi wisatanya. Kota yang satu ini adalah sebuah kota yang memiliki banyak destinasi wisata yang tentunya sangat keren untuk Anda kunjungi. Banyak banget wisata yang recomended di kota ini.

Salah satu destinasi yang cukup terkenal adalah Pantai Ora. Pantai ini adalah sebuah pantai yang berhadapan langsung dengan samudra pasifik. Jadi tidak heran jika pantai ini memiliki pesona yang sangat indah. Tidak kalah dengan pantai lain di Indonesia.

Pantai ini bahkan sudah terkenal hingga mancanegara. Maka tidak salah jika Anda menjadikan Ambon sebagai salah satu tujuan wisata. Maka dari itu, perlu banget Anda ketahui, selain pantai Ora, banyak banget destinasi wisata yang patut untuk Anda kunjungi.

Semua waktu, tenaga, dan materi yang Anda keluarkan untuk melakukan proses traveling di kota Ambon pasti akan terbayar dengan indahnya pesona yang ada. Jika Anda masih kepo dengan ragam destinasi kota Ambon, Anda bisa cari di Internet.

Ukulele Masuk Lewat Ambon

7 Keunikan Kota Ambon

Pasti Anda tahu apa itu alat musik ukulele. Pada dasarnya, ukulele adalah alat musik bukan asli Indonesia. Alat musik ini berasal dari pulau di dekat Amerika, Hawaii. Dibawah ke Indonesia oleh pimpinan portugis ketika menjajah.

Pengenalan alat musik ini di Indonesia pertama kali dilakukan di Ambon. Wow, bukankah hal itu sangat keren? Jadi tidak heran jika di Ambon banyak orang yang bisa memainkan Ukulele. Karena memang alat music ini tidak bisa dipisahkan dengan masyarakat Ambon.

Jika Anda ingin belajar ukulele agar lebih berkesan, maka cobalah belajar di Ambon. Dijamin Anda pasti merasakan bagaimana kerennya belajar Ukulele di daerah awal masuknya alat musik ini di Nusantara.

Hal ini merupakan salah satu sejarah yang perlu banget dikenalkan pada masyarakat dan generasi. Agar semua paham jika Indonesia adalah sebuah bangsa yang membuka diri pada perkembangan music dunia dan tentunya terus mengembangkannya.

Kelahiran Senam Poco-Poco

source: fin.co.id

Siapa sih yang tidak mengenal dengan senam yang satu ini? Dengan dibawakan lagu khas Ambon, senam ini sangat asyik untuk diikuti. Selain itu, senam ini memiliki gerakan yang sederhana dan semua orang pasti bisa menirunya.

Dijamin deh, jika Anda meniru dengan benar, Anda pasti berkeringat dan sehat. Senam ini adalah sebuah senam khas Ambon yang dikenal di Indonesia. Membuktikan jika Ambon memanglah sebuah daerah yang memiliki banyak keistimewaan.

Kolaborasi budaya tradisional dan modern begitu terasa dari senam yang satu ini. Dari namanya saja kita pasti sudah bisa menebak. Maka dari itu, kita semua tentu harus paham jika senam ini adalah sebuah senam yang patut dibanggakan.

Baca juga: Sejarah Kota Ambon yang Harus Diketahui

Kota Sejuta Penyanyi

7 Keunikan Kota Ambon

Tahu nggak sih jika Ambon adalah kota yang dijuluki sebagai ‘kota sejuta penyanyi’. Sebutan ini tentu bukan tanpa alasan. Kota ini adalah sebuah kota yang melahirkan banyak musisi terkenal di Indonesia.

Maka tidak heran jika kota ini mendapat julukan sebagai kota sejuta penyanyi. Keunikan kota Ambon yang satu ini adalah kebanggaan bagi Indonesia. Mengingat musik adalah salah satu seni yang sangat dibutuhkan di era modern ini.

Maka dari itu, keberadaan kota Ambon semakin terlihat karena memang kota ini bisa menghasilkan banyak musisi keren di tanah air. Sebut saja, Glenn Fredly, Melly Goeslaw, Monita Tahalea, dan lain-lain.

Hal ini bukan tanpa sebab. Karena di banyak kegiatan khas Ambon, hampir selalu ada sesi bernyanyi. Pada saat itulah, bakat terpendam dari rakyat Ambon semakin terasah dan tentunya semakin berkembang menjadi keunikan yang patut diapresiasi.

Tidak Mengenal Arah Mata Angin Biasa

Keunikan yang selanjutnya adalah fakta yang mengatakan bahwa ‘orang Ambon tidak memiliki konsep mata angin seperti orang biasa’. Memang sih, Ambon adalah sebuah kota yang besar dan bahkan bisa dikatakan metropolitan.

Namun masyarakat di kota ini dikatakan jarang memakai utara, selatan, barat, timur. Namun mereka menggunakan dua istilah yang mengarah pada gunung dan pantai. Dua istilah itu adalah Kadara dan Kalao. Dari nama itu, tentu Anda sudah bisa menebak sendiri mana arah ke laut dan mana arah ke gunung.

Selain itu, mereka juga memakai matahari terbit dan terbenam sebagai patokan untuk melihat mata angin. Memang sebuah ciri khas yang unik dan menarik. Tidak salah jika Ambon adalah sebuah kota yang khas dan beda dari kota lainnya.

Perjuangan Rakyat yang Hebat

Salah satu keunikan yang patriotik dari Ambon adalah perjuangan melawan penjajah. Ambon adalah sebuah wilayah yang sangat diperhitungkan dalam pergulatan nusantara dan penjajahan. Maka dari itu, banyak terjadi perlawanan di daerah ini.

Salah satu pahlawan yang terkenal adalah Thomas Matulessy. Seorang pahlawan Ambon yang sangat terkenal hingga saat ini. Hal ini membuktikan jika memang perjuangan rakyat Ambon dalam melawan penjajah bukanlah sebuah hal yang main-main.

Kesengsaraan yang diakibatkan oleh penjajah tentu membuat banyak orang merasa tidak tahan. Termasuk rakyat Ambon yang akhirnya bisa keluar dari penjajahan itu karena perjuangan mereka sendiri mengalahkan penjajah yang kejam.

Hal itu memberikan pelajaran bagi kita semua jika perjuangan pahlawan haruslah terus kita hargai. Kenikmatan yang kita nikmati saat ini salah satu ada dikarenakan perjuangan pahlawan melawan penjajah di zaman itu. Maka dari itu, saat ini tugas kita adalah mempertahankan kemerdekaan yang susah payah kita dapatkan ini.

Kebudayaan yang Keren

source:  ADI (TERASMALUKU.COM)

Anda pasti pernah mendengar nama ‘suku Ambon’. Suku ini tentu memiliki banyak ciri khas, adat-istiadat dan tentunya kebudayaan. Banyak rumah tradisional dan kuliner tradisional yang memang khas Ambon.

Maka dari itu, Ambon bisa dikatakan sangatlah membanggakan bagi Indonesia. Karena menjadi salah satu daerah yang meragamkan kebudayaan yang Indonesia miliki, yang mana kebudayaan ini tentu tetap harus kita jaga selama-lamanya.

Nah, dari pembahasan mengenai keunikan kota Ambon di atas, tentu Anda sudah bisa menyimpulkan sendiri bagaimana kerennya kota yang satu ini. Sebagai saudara se-Indonesia, Anda tentu juga harus bangga memiliki saudara seperti rakyat Ambon.

Semoga penjelasan berita maluku tentang keunikan kota Ambon di atas bermanfaat untuk Anda baca. Selain itu semoga menjadi informasi yang bisa meluaskan cakrawala Anda. Salam perdamaian..

Continue Reading

Trending