8 Bulan Puskesmas Karang Dapo Mengalami Kekosongan, Dinkes Lebong Terkesan Tutup Mata

0
485
Puskesmas Di Desa Karang Dapo Kecamatan Bingin Kuning Kabupaten Lebong
Puskesmas Di Desa Karang Dapo Kecamatan Bingin Kuning Kabupaten Lebong

Lebong,GC-Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) perawatan Desa Karang Dapo kecamatan Bingin Kuning, selama 8 bulan terakhir terhitung sejak bulan Januari 2016 mengalami kekosongan,akibatnya pelayanan kesehatan masyarakat di kecamatan tersebut terancam mandek,hal ini di jelaskan salah seorang warga desa karang dapo,yang tinggal di sekitar puskesmas, Darmadi alias Madek kepada garuda citizen, kamis (1/9/2016) di kediamannya.

Lebih parahnya lagi,pada puskesmas tersebut tidak ada satupun baik itu dokter umum maupun bidan yang bertugas memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, sehingga masyarakat khususnya ibu-ibu yang ingin membawa anaknya ke posyandu yang di laksanakan di puskesmas tersebut terpaksa berhenti.

Ironisnya lagi, hal ini pernah di sampaikan dengan pihak Dinas Kesehatan kabupaten Lebong  namun sampai saat ini belum ada responnya, seolah-olah pihak dinas yang terkait terkesan Tutup mata.

“DiTahun 2015 lalu ada satu orang bidan yang menunggu puskesmas ini,dan bidan itu sudah pidah ketempat lain,namun untuk tahun ini terhitung mulai dari awal tahun 2016 tidak ada satupun yang bertugas disini,bahkan setiap hari puskesmas ini kosong,” Ujar Darmadi.

Selain itu Darmadi juga mengatakan,masyarakat kecamatan Bingin Kuning terutama Desa Karang Dapo banyak yang mengeluh,betapa sulitnya warga desa yang ingin berobat terutama ibu-ibu hamil yang ingin mengkroscek kesehatan nya.

“Kami warga desa karang dapo tahun ini mengalami kesulitan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, bahkan ibu-ibu hamil dan ibu-ibu yang ingin membawa anaknya keposyandu terpaksa banyak yang berhenti dulu,” Jelasnya.

Akibat dari kekosongan di puskesmas itu,sebagai masyarakat kabupaten lebong, Darmadi, berharap agar pihak pemerintah daerah kabupaten lebong Terutama Bupati dan Kepala Dinas Kesehatan untuk memberikan perhatian secara serius terhadap pelayanan kesehatan masyarakat terutama masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan.

“Saya berharap agar Bupati dan kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong, memperhatikan secara serus, bahkan bila perlu melakukan kroscek lansung ke setiap puskesmas, agar petugas kesehatan yang di tugas kan di puskesmas terutama yang alokasi puskesmasnya di daerah pedesaan benar-benar menjalani tugasnya dengan baik untuk menjalani pelayanan kesehatan terhadap masyarakat sehingga tidak ada lagi di temukan puskesmas yang kosong,” Demikian harap Darmadi.(Ben)