3 Jam Diguyur Hujan, 12 Rumah Warga Suka Marga Banjir

0
92
Sejumlah Rumah Warga Desa Suka Marga, Kecamatan Amen, Kabupaten Lebong, Dilanda Banjir.
Sejumlah Rumah Warga Desa Suka Marga, Kecamatan Amen, Kabupaten Lebong, Dilanda Banjir.

LEBONG, GC Sekitar 3 jam diguyur hujan deras, 12 rumah warga di Desa Suka Marga, Kecamatan Amen, Kabupaten Lebong, dilanda banjir. Ketinggian air yang masuk menggenangi rumah-rumah warga, mencapai 5 cm.

“Ini baru 4 jam hujan sudah banjir. Bagaimana kalau berhari-hari. Tentu seluruh rumah warga terendam oleh air. Ini akibat pemerintah kurang mengantisipasi banjir. Seperti banjir yang sedang melanda 12 ruimah warga saat ini,”beber Sanul, salah seorang warga desa Suka Marga di kediamannya, Selasa (5/2/2019).

Menurut Sanul, sering terjadinya banjir pada rumah warga ketika hujan deras, akibat dari saluran drainase jalan banyak yang tersumbat. Dengan kecilnya ruang saluran Drainase, sehingga tak mampu menampung debit air Sungai Amen dan Air Kotok meluap pada saat  hujan turun dengan intensitas yang tinggi.

“Baru tahun ini air masuk di rumah saya pak, setelah jalan diaspal. Jalan aspal dibuat, tapi pemerintah tidak perbaiki selokannya atau drainasenya. Jadinya, air hujan tidak tahu mengalir kemana sampai masuk di rumah-rumah warga,” tuturnya.

Warga sangat berharap, dalam bulan-bulan ini. Pihak pemerintah daerah setempat dapat melakukan perbaikan saluran drainase jalan. Agar setiap datangnya hujan,  air hujan  yang mengalir dari jalan tidak lagi masuk dan membanjiri rumah warga. (IIN / Mitra)