Satlantas Kabupaten Pemalang,Adakan Binluh Pada Sopir Angkot

0
911
Binluh sopir angkutan kota dan pedesaan kabupaten pemalang (foto dok )

Antisipasi seringnya terjadi kecelakaan lalu lintas di jalan raya, khususnya para sopir angkutan kota di berikan bimbingan dan penyuluhan (BINLUH)

Kabupaten Pemalang Pada hari Senin (14/12) lalu Satlantas Polres Kabupaten Pemalang,mengadakan pembinaan dan penyuluhan (Binluh) kepada para awak angkutan kota dan angkutan pedesaan di Terminal angkot Pasar Pagi Pemalang.

Kegiatan itu dimaksud sengaja diadakan di lokasi terminal angkot,  agar pesertanya bisa optimal juga untuk memudahkan para awak angkot dan angkudes berkumpul, dengan tidak meninggalkan aktivitas sehari hari.

Kasat Lantas  yang diwakili oleh Kanit Dikyasa Ipda. Sholichin JT, dalam binluhnya meminta kepada seluruh awak angkutan kota dan angkutan pedesaan, agar mengutamakan keselamatan para penumpang dan pengguna jalan lainya.

seperti pada saat mengangkut penumpang pintu harus ditutup dan saat berhenti menaikan atau menurunkan penumpang, wajib memperhatikan dan menghormati pengguna jalan lainya.

Para awak angkot atau sopir harus cermat dan berhati hati dengan tidak  asal main potong jalan dan berhenti mendadak, yang bisa mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

Dalam pantauan jalan masih banyak kendaraan angkutan umum yang ugal-ugalan dijalan karena berebut mencari penumpang, hal itu sangat membahayakan keselamatan angkutan itu sendiri,juga terhadap penumpang dan pengguna jalan lainya.

Dengan diadakanya pembinaan dan penyuluhan  diharapkan agar para awak angkutan umum perkotaan dan pedesaan, benar-benar mengutamakan faktor keselamatan dan ketertiban umum, dengan memperhatikan beberapa hal, peraturan lalu lintas.

Antara lain :
• Pengemudi wajib memiliki SIM Umum sesuai peruntukanya, karena Surat Ijin Mengemudi (SIM) merupakan bukti kompetensi berkendara,
• Persiapkan dokumen kendaraan (STNK & Buku Kir),
• Mengangkut penumpang agar tidak berjejal dan melebihi kapasitas yang diijinkan, dan
• Yang tidak kalah penting lakukan cek/kontrol kondisi kendaraan sebelum beroperasi (sekaligus jangan lupa cek/uji kelayakan kendaraan secara berkala ke Dinas Perhubungan).
Kasat Lantas melalui Kanit Dikyasa memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para awak angkutan umum/pedesaan yang sudah tertib dalam berlalu lintas.

Lebih lanjut Ipda.Sholichin.JT, berharap dengan diadakanya Binluh tersebut, para awak dan sopir angutan kota dan pedesaan dapat melaksanakan dan menjalankan aturan lalu lintas dengan baik dan benar. Tegasnya